--> Skip to main content

Daftar lokasi 10 air terjun atau curug yang harus dikunjungi

Daftar lokasi 10 air terjun atau curug yang harus dikunjungi

     Kalau anda ingin  berekreasi atau wisata ke air terjun atau curug datanglah ke Sukabumi.  Sukabumi adalah sebuah kota di provinsi Jawa Barat yang dianugerahi Tuhan dengan sumber daya alam serta keindahan alam di sekelilingnya,  itulah yang membuat sukabumi mempunyai banyak tempat wisata alami yang cocok untuk liburan buat anda dan keluarga serta sahabat. Tempat tempat wisata alam di sukabumi cukup lengkap seperti pantai,  bukit,  danau,  dan air terjun.  Terutama di sukabumi bagian selatan banyak tempat wisata dengan pemandangan yang indah sampai akhirnya mendapat pengakuan dari lembaga internasional yaitu UNESCO Global Geopark  ( UGG)  untuk wilayah ciletuh sukabumi.      Sebagai informasi tempat wisata air terjun yang ada di Sukabumi dapat anda baca dibawah ini

1. Lokasi air terjun atau curug awang

     Yang pertama adalah curug awang yang berada di Cibenda, Ciemas, kabupaten sukabumi , Jawa Barat,  yaitu masih berada di area geopark ciletuh.  Disebut curug awang karena air terjun ini sangat tinggi seperti menggapai langit atau dalam bahasa Sunda disebut awang.

daftar lokasi air terjun atau curug
foto curug awang

2. Lokasi curug Cikaso 

    Wisata air terjun berikutnya yaitu curug Cikaso yang berlokasi Dusun Ciniti , Cibitung , Kec . Surade, Sukabumi.  Untuk mempermudah penelusuran ke tempat curug Cikaso ini anda bisa menggunakan aplikasi GPS atau Google maps. Air curahan dari curug Cikaso ini bermuara ke Tegalbuleud karena itu selain berenang dan berfoto dengan background pemandangan indah curug Cikaso disini juga pengelola tempat wisata menyediakan perahu untuk disewa dengan tarif Rp.  60.000 dengan daya muat 10 orang untuk menyusuri sekitaran curug Cikaso ini.

daftar lokasi air terjun atau curug
foto curug cikaso

3. Lokasi curug cigangsa

     Wisata air terjun selanjutnya adalah di daerah Pasiripis, Surade, Sukabumi,  namanya curug cinangka. Dengan membayar tiket yang sangat murah yaitu hanya Rp. 3000 anda bisa langsung menikmati keindahan panorama alam curug cinangka ini.  Keunikan curug cigangsa ini adalah pas posisi air terjun nya tidak terhalang oleh pepohonan jadi hanya batu batu saja.

daftar lokasi air terjun atau curug
curug cigangsa

4. Lokasi curug Puncak manik 

    Satu lagi destinasi wisata air terjun yang berada di area geopark ciletuh yaitu curug puncak manik.  Lokasi nya di Cibenda, Ciemas, Sukabumi  Jawa Barat.  Untuk bisa menikmati keindahan curug ini anda tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis,  mungkin hanya dikenalkan biaya parkir saja untuk kendaraan bermotor.  Keunikan dari curug puncak manik ini yaitu jarak dari atas curug cukup tinggi kemudian air yang jatuh dari curug turun lagi dalam bentuk air terjun yang kecil.

daftar lokasi air terjun atau curug
gambar curug puncak manik
 pemandian air panas

5. Lokasi curug aki 

    Masih di area wisata geopark ciletuh tepatnya di Kampung Ciniti, desa Cibitung, Kecamatan Surade, Kabupaten sukabumi,  Jawa Barat terdapat air terjun yang keren dan perlu untuk dikunjungi namanya curug Aki.  'Aki' dalam bahasa sunda artinya 'kakek' mungkin penamaan ini karena air terjun atau curug ini ditemukan oleh seorang kakek.  Untuk mengunjungi curug Aki ini tidak dipungut biaya alias gratis.  Keunikan curug ini adalah volume air yang turun sangat besar sehingga menimbulkan suara yang bergemuruh.  Dan disarankan agar ada berhati-hati.

daftar lokasi air terjun atau curug
curug aki

6. Lokasi curug cibeureum

     Selanjutnya adalah wisata air terjun di Sukabumi sebelah utara yaitu di wilayah gunung gede pangrango,  Selabintana,  sukabumi,  Jawa Barat,  namanya curug Cibeureum.  Disebut cibeureum yang artinya air merah adalah karena banyak nya tumbuhan alga di tempat itu sehingga menampakkan warna merah bila terkena cahaya matahari.  Selain menikmati keindahan curug Cibeureum ini anda juga bisa berkemah di Pondok Halimun yang masih satu lokasi yaitu di Selabintana dan dengan membayar tiket Rp. 20.000 anda bisa mengeksplor tempat wisata ini.

daftar lokasi air terjun atau curug
foto curug cibeureum

7. Lokasi curug sodong kembar

    Di lokasi Komplek Geopark Ciletuh, Ciemas, Sukabumi memang banyak terdapat destinasi wisata air terjun yang cantik dan perlu untuk dikunjungi.  Salah satunya ialah curug sodong kembar ini.  Dari penampakan nya saja anda bisa menilai betapa eksotik nya air terjun ini yang memiliki dua buah aliran yang berdekatan sehingga disebut curug sodong kembar.  Juga anda tidak perlu membayar biaya masuk alias gratis.

daftar lokasi air terjun atau curug
foto curug sodong kembar

8. Lokasi curug Cikanteh

     Lokasi wisata air terjun berikutnya ada di Dusun Cikanteh, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.  Ya,  sesuai nama tempat curug ini berada maka air terjun ini oleh warga disebut curug Cikanteh.  Keunikan dari curug ini adalah air terjun nya memiliki tiga tingkat,  tentu sangat langka dan jarang ditemui di tempat wisata air terjun dimanapun.  Selanjutnya tidak ada tiket masuk yang harus dibayar bila ingin mengunjungi curug Cikanteh ini alias gratis.

daftar lokasi air terjun atau curug
foto curug cikanteh

9. Lokasi curug Batu tapak

     Kali ini kita beralih ke sebelah utara kota sukabumi yaitu di  Cidahu, Sukabumi, Jawa Barat, terdapat sebuah air terjun yang disebut curug Batu tapak. Sumber air ke curug ini adalah berasal dari kaki gunung Salak. Karena airnya yang jernih banyak wisatawan yang berkunjung bermain air dan mandi di curug Batu tapak ini. Di tempat ini juga kita bisa mengadakan kegiatan berkemah dan menikmati pemandangan alam serta udara segar pegunungan yang masih asri dan sejuk. Harga tiket masuk ke curug Batu tapak hanya Rp 5000.

daftar lokasi air terjun atau curug
foto curug batu tapak

10. Lokasi curug cimarinjung  

      Lokasi wisata air terjun di sukabumi berikutnya berada di Kampung Cimarinjung , Desa Ciwaru . Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi . Sesuai dengan tempat nya maka air terjun ini disebut dengan nama curug Cimarinjung. Curug ini masih termasuk dalam lokasi UNESCO global geopark cciletu,  dan jaraknya dekat dengan pantai palangpang.  Harga tiket masuk adalah Rp 3000 berlaku hari libur juga hari kerja.  Hal menarik dari curug Cimarinjung ini adalah ketinggian nya yang mencapai 50 meter juga tebing tebing batu di curug tersebut yang berwarna merah kecoklatan menjadi nilai seni tersendiri untuk curug Cimarinjung ini.

daftar lokasi air terjun atau curug
curug cimarinjung

       Demikianlah informasi mengenai air terjun yang ada di sukabumi serta lokasi tempat curug curug indah dan mempesona itu berada. Dan untuk memudahkan anda dalam perjalanan wisata,  maka sebaiknya anda pergunakan aplikasi GPS atau Google maps di smartphone anda.  Selamat datang di sukabumi and keep enjoy with your travel.
Artikel terkait
wisata kuliner di sukabumi
daftar waterpark di sukabumi
daftar pemandian air panas di sukabumi
√ daftar wisata pantai di sukabumi
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar