Skip to main content

manfaat memakan bawang putih secara rutin

  manfaat memakan bawang putih secara rutin


khasiat bawang putih dapur

Khasiat bawang putih

     Khasiat bawang putih bisa anda rasakan bila mau rutin mengonsumsinya. Anda pasti nya tidak asing lagi dengan bumbu yang satu ini. Selain sebagai bumbu penyedap untuk masakan ternyata bawang putih mempunyai khasiat untuk mengobati penyakit. Mungkin belum baimpotens tahu tentang khasiat dari bawang putih tersebut karena minimnya informasi dan kebiasaan orang orang zaman sekarang yang lebih sering mengonsumsi obat obatan kimia daripada obat alami.  Padahal obat alami seperti bawang putih tentu lebih aman bila dikonsumsi juga tidak akan menimbulkan efek samping yang berbahaya untuk kesehatan. Berikut ini adalah informasi tentang khasiat bawang putih sebagai obat alami untuk kesehatan yang perlu anda ketahuilah.

Khasiat bawang putih tunggal 


bawang putih atau garlic
1. Bisa menurunkan kolesterol
      Bagi anda yang memiliki masalah dengan kolesterol maka ada cara yang mudah untuk menurunkan kolesterol dengan cara mengkonsumsi 3 siung bawang putih setiap pagi sebelum sarapan.
2. Mencegah masuk angin dan batuk
    Bagi anda yang akan melakukan tugas malam atau bepergian jauh atau kegiatan lain yang bisa beresiko mengalami masuk angin, sebaiknya sebelum memulai kegiatan tersebut anda coba meminum ramuan dari dua siung bawang putih yang digerus dan ditambah air hangat segelas sebagai obat untuk mencegah masuk angin dan batuk.
3. Meningkatkan kekebalan tubuh
     Konsumsi bawang putih mentah secara rutin juga berkhasiat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari terkena penyakit yang disebabkan oleh virus seperti pilek,  batuk dan lain-lain.
4. Mengatasi diabetes
     Pola hidup di zaman sekarang ini dimana orang lebih suka menyantap masakan cepat saji atau instan dan junkfood ternyata bisa menimbulkan bermacam resiko pada kesehatan seperti penyakit diabetes. Tapi anda bisa menjaga diri anda dari penyakit diabetes dengan rutin mengkonsumsi bawang putih sebanyak 2 sampai 3 siung setiap hari.
5. Mencegah kanker
    Ternyata rutin mengkonsumsisi bumbu dapur ini juga dapat mencegah anda dari resiko terkena kanker.  Hal ini karena didalam bawang putih terdapat zat yang disebut Sulphide yang bekerja membantu liver mencegah pembelahan sel kanker.
6. Mengatasi asma
     Bila anda mempunyai penyakit asma anda bisa coba cara pengobatan alami menggunakan bawang putih yang dihaluskan dan dicampur madu setiap hari.
7. Menyembuhkan influenza
     Ternyata aroma bawang putih juga bisa membantu mengobati penyakit influenza dengan cara mencium aroma bawang putih,karena zat yang terdapat didalamnya bisa membantu melegakan pernapasan.
8.Mengobati wasir/ambeien
     Bagi anda yang sedang sakit wasir atau ambeien ada cara mudah untuk mengobatinya yaitu dengan memarut bawang putih kemudian dioleskan ke bagian wasir tersebut maka bengkaknya akan berkurang dan sembuh.
9. Menghilangkan bekas luka

Khasiat bawang putih bakar

     Jika anda tidak menyukai memakan bawang putih yang mentah,  maka anda bisa memanggang atau membakar bawang putih tersebut sebelum dimakan dan tak perlu khawatir karena khasiatnya tidak akan hilang.  Diantara khasiat bawang putih bakar atau panggang adalah:
  • Menjaga kadar kolesterol dalam darah tetap stabil.  
  • Mencegah penyakit jantung 
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh (imun)
  • Meningkatkan kinerja fisik (stamina) agar tidak mudah lelah ketika beraktifitas 
  • Mencegah penyakit kanker.  

Khasiat bawang putih untuk pria

    Gambaran khasiat bawang putih secara umum telah diuraikan pada bahasan diatas.  Kali ini kita akan membahas khasiat bawang putih khusus untuk pria  yaitu sebagai berikut
  1. Meningkatkan gairah seksual,  caranya dengan mengkonsumsi bawang putih secara rutin.  
  2. Menjaga kesehatan kelenjar prostat 
  3. Meningkatkan stamina 
  4. Membuat aroma keringat yang khas yang berkesan kepada wanita 
  5. Menjaga kesehatan jantung 
  6. Meningkatkan sistem imun tubuh karena mengandung antioksidan,  antivirus juga antibakteri.  
  7. Menetralisir logam berat dalam tubuh 
  8. Mengobati impotensi 

Khasiat bawang putih untuk wanita 

1. Untuk Ibu Hamil.
    Bagi wanita hamil dianjurkan untuk mengonsumsi bawang putih agar membantu kesehatan bayi dalam kandungan sehingga pertumbuhan dan berat badan bayi menjadi optimal.
2. Meredakan sakit rematik,  caranya memakan minimal satu siung bawang putih sebelum tidur.
3. Mengobati anemia     Bagi anda yang sering merasa pusing kepala tiba-tiba ketika beraktifitas maka cobalah untuk sering mengonsumsi bawang putih karena kandungan yang terdapat di dalamnya bisa mengobati anemia asal secara rutin dikonsumsi.
4. Menghilangkan bekas selulit
5. Menurunkan berat badan
    Bagi anda yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas,  cobalah untuk sering mengonsumsi bawang putih setiap hari.

Khasiat bawang putih rebus 

  1. Melancarkan sistem pencernaan 
  2. Sebagai anti aging atau memperlambat proses penuaan.  
  3. Obat batuk alami.
    Demikianlah ulasan mengenai bawang putih dan khasiat nya yang bisa menjadi obat untuk bermacam penyakit yang ringan sampai pencegahan untuk penyakit berat. Mari kita budayakan mengonsumsi obat obatan alami sebagai usaha menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari penyakit, sehingga kita bisa hidup bahagia setiap hari. Semoga bermanfaat.
Artikel terkait
√  manfaat daun kelor untuk obat
√  khasiat daun sirsak sebagai obat herbal
√ minyak zaitun untuk obat herbal
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar