--> Skip to main content

20 destinasi pantai wisata di Sukabumi yang menjadi daya tarik turis

20 destinasi pantai wisata di Sukabumi yang menjadi daya tarik turis

     Tahukah anda bahwa karena keindahannya tempat wisata pantai yang ada di Sukabumi telah mendapatkan pengakuan lembaga Internasional  ? Ya,  lembaga Internasional tersebut adalah UNESCO. (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization),  suatu lembaga di bawah PBB yang mengurusi segala hal yang berhubungan dengan bidang pendidikan , sains , dan kebudayaan. Organisasi ini memberikan gelar UGG ( Unesco Global Geopark)  untuk wilayah Ciletuh,  Sukabumi.  Gelar tersebut diberikan sebagai pengakuan atas keindahan alam di Ciletuh sebagai warisan budaya dunia yang masih alami dan harus dipelihara.  Berikut ini adalah nama dan lokasi pantai di Sukabumi yang indah.

Nama destinasi pantai disertai lokasinya

      Akhir pekan adalah saatnya untuk membebaskan diri anda dari segala kesibukan dan ketegangan pikiran akibat rutinitas setelah selama 5 hari bekerja.  Dan sudah saatnya bagi anda merelaksasi tubuh dan pikiran anda dengan cara berlibur ke tempat wisata alam yang masih asri dan mempunyai pemandangan indah.  Cobalah untuk mengunjungi pantai pantai berikut ini :

1. Pantai Ujung genteng

      Lokasi pantai ini di Desa Gunungbatu, kecamatan Ciracap, kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Pantai yang berpasir putih dan  air laut yang jernih kebiruan menjadi keindahan tersendiri sebagai ciri khas pantai ujunggenteng.  Dengan kondisi air laut yang bersih menandakan bahwa perairan di daerah pantai ini tidak terkena oleh polusi,  sehingga aman buat pengunjung yang ingin berenang di pantai.  Lalu dataran di pantai ini juga landai atau tidak curam sehingga tidak berbahaya bagi orang dewasa dan anak kecil yang ingin bermain air di pantai,  tentu saja bagi anak kecil harus tetap diawasi oleh orang tua. Tiket masuk ke pantai ini Rp 10.000.

destinasi wisata pantai di sukabumi
foto pantai ujung genteng sukabumi

2. Pantai Palangpang

      Berada di Desa Ciwaru, kecamatan Ciemas, Sukabumi.  Pantai ini merupakan gerbang masuk ke area geopark Ciletuh. Bagian menarik di tempat ini adalah
  •  Pesisir pantainya yang luas sehingga dimanfaatkan oleh pengelola untuk tempat pendaratan olahraga paralayang.  
  •  Tersedia permainan air seperti banana boat dan lain-lain 
  •  Terdapat banyak batu batuan purba yang eksotis dan bagus untuk background berfoto.  
  •  Harga tiketnya murah yaitu hanya Rp 5000.

destinasi wisata pantai di sukabumi
foto pantai palangpang sukabumi

3. Pantai Cikadal 

    Lokasinya di Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Daya tarik pantai ini yang sangat terkenal yaitu Batu Batik . Disebut batu batik karena batuan karang ini mempunyai wara coklat kemerahan dan bermotif seperti batik. Hal menarik lainnya adalah Batu Punggung Naga, untuk bisa ke lokasi batu punggung naga anda harus menyewa perahu dengan tarif Rp 750 ribu per dua jam. dan maksimal rombongan lima orang. Di daerah ini juga terdapat Hutan Marga satwa Cikepuh yaitu tempat perlindungan dan konservasi hewan macan tutul.

destinasi wisata pantai di sukabumi
foto pantai cikadal sukabumi

4. Pantai Muara Cipanarikan

     Alamat Desa Gunungbatu, kecamatan Ciracap, kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.  Ombak di pantai ini sangat cocok untuk anda yang punya hobi selancar ( surfing), karena ombaknya sangat tinggi dan deras. Pasir di pantai ini warnanya putih dan airnya kehijauan. Biaya masuk ke pantai Cipanarikan ini gratis, tapi bagi pengunjung yang membawa kendaraan harus membayar biaya parkir dari Rp 2.000 hingga Rp 5.000 per kendaraan.

destinasi wisata pantai di sukabumi
foto pantai muara cipanarikan

5. Pantai Kadaka

      Lokasi di JL. Raya Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat.  Daya tarik buat wisawatan yang datang ke pantai ini adalah pemandangan alamnya yang sangat memukau karena terdapat pulau pulau kecil yang bisa terlihat dari pesisir pantai.  Untuk masuk ke pantai Kadaka tidak dipungut biaya masuk alias gratis.

destinasi wisata pantai di sukabumi
foto pantai kadaka sukabumi

6. Pantai Batu Bintang Pelabuhan Ratu 

    Keberadaan Pantai Cipatuguran di Desa Jayanti, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, kini dikenal dengan Pantai Batu Bintang. Daya tarik pantai ini adalah terdapat susunan batu yang jumlahnya ribuan dan menjulur ke tengah pantai.  Juga terdapat bangunan PLTU yang bagus untuk background foto anda.  Batu batuan ini sengaja disusun dan berfungsi sebagai pemecah ombak.  Karena bentuk batunya seperti bintang maka tempat ini disebut pantai Batu Bintang.  Harga tiket masuk cukup murah hanya Rp 5000.

destinasi wisata pantai di sukabumi
foto pantai batu bintang sukabumi

7. Pantai Pajagan

      Lokasinya di Pelelangan ikan dermaga Cisolok, Sukabumi. Daya tarik pantai ini adalah pemandangan sore hari dan sunset yang indah diiringi deburan ombak yang tidak terlalu besar. Selanjutnya anda bisa langsung berbelanja ikan ikan segar hasil tangkapan nelayan di pasar pelelangan ikan yang berada tidak jauh dari lokasi pantai pajagan.  Biaya masuk ke pantai ini adalah gratis.

8. Pantai Cibangban 

     Lokasinya di Jl. Raya Cisolok, Pasir Baru, Pelabuhan Ratu.  Daya tarik pantai ini yaitu pesisir pantai yang masih bersih tidak ada sampah dan lanskap pantai yang landai tidak curam sehingga aman untuk berenang dan bermain air. Harga tiket masuknya gratis.

destinasi wisata pantai di sukabumi
foto pantai cibangban sukabumi

9. Pantai Citepus 

     Lokasinya di Desa Citepus, Pelabuhan Ratu, Sukabumi.  Pantai ini selalu ramai oleh wisawatan yang berkunjung pada hari sabtu dan minggu juga hari libur nasional.  Daya tarik pantai ini adalah ombaknya yang tidak besar sehingga tidak membahayakan bagi pengunjung yang ingin berenang.  Untuk masuk ke lokasi ini tidak dipungut biaya / gratis,  hanya saja bagi yang membawa kendaraan roda dua membayar parkir Rp 5000 dan untuk kendaraan roda empat membayar Rp 10.000.

destinasi wisata pantai di sukabumi
foto pantai citepus sukabumi

10. Pantai Cibongkok

        Lokasinya di Jl. Cibongkok, Desa Cimahpar, Kali Bunder, Sukabumi.  Nama pantai ini diambil dari nama daerahnya yaitu Cibongkok.  Hal yang menjadi daya tarik adalah pasir pantai yang berupa batu kerikil halus yang berwarna warni yang jarang ditemui di pantai lain. Untuk berkunjung ke pantai ini tidak ada biaya masuk alias gratis.

nama destinasi wisata pantai di sukabumi

11. Pantai Cikembang

       Lokasinya di Desa Pasir baru, kecamatan Cisolok, Sukabumi. Letak pantai ini tidak jauh dengan pantai Sawarna yang sudah masuk ke wilayah administratif kota Banten. Daya tarik dari pantai ini adalah anda dapat melihat kegiatan nelayan mencari ikan menggunakan perahu, melihat goa karang di sekitar pantai,juga melihat pemandangan indah puncak bukit randu. Disini juga anda dapat melakukan olahraga surfing, dengan syarat membawa perlengkapan sendiri. Terserah juga Resto seafood. Untuk masuk kesini anda hanya membayar tiket Rp 5000 per orang.

nama destinasi wisata pantai di sukabumi

12. Pantai Cibuaya

       Lokasinya di Desa Gunungbatu, Ujunggenteng, Ciracap, Sukabumi. Diberi nama 'Cibuaya' karena dulu di muara dekat pantai banyak hidup  hewan buaya,  tapi untungnya saat ini sudah tidak ada lagi.  Daya tarik pantai ini adalah arus air ombaknya tenang jadi tidak berbahaya bagi pengunjung yang beraktifitas di pantai seperti berenang atau bermain.  Bila sore hari tempat ini menjadi spot yang bagus untuk melihat sunset,  dan jangan khawatir bila anda masih ingin berlama-lama di tempat ini maka anda bisa menginap di penginapan yang tersedia di sekitar lokasi pantai dengan biaya sewa pernah malam Rp 100.000.  Harga tiket masuk pantai Cibuaya sangat murah,  hanya Rp 10.000

nama destinasi wisata pantai di sukabumi

13. Pantai Gurilap

        Lokasinya di Jl. Raya Cisolok, Cisolok, Sukabumi.  Daya tarik dari pantai ini adalah saat siang hari cahaya matahari yang mengenai air lautan akan membuat pantulan cahaya yang gemerlapnya,  karena itu pantai ini disebut pantai Gurita.  Biaya tiket masuk adalah Rp 5000 / orang.

14. Pantai Karang Hawu

       Lokasinya di Desa Caringin, kecamatan Cisolok, kabupaten Sukabumi. Daya tarik pantai ini adalah terdapat banyak batu karang di bibir pantai sehingga membuat tampilan yang eksotis dan bagus untuk dijadikan background foto.  Diantara karang tersebut ada yang bentuknya seperti tempat masak zaman dulu (hawu)  yang membuat pantai ini dikenal sebagai pantai Karanghawu. Harga tiket masuknya hanya Rp 2500 per orang.

nama destinasi wisata pantai di sukabumi

15. Pantai Ombak Tujuh

       Lokasinya di Ujunggenteng, Jampang, Sukabumi.  Daya tarik pantai ini adalah ombak yang datang datang berlapis dan tingginya mencapai 6 - 7 meter,  sehingga tempat ini disebut pantai ombak tujuh.  Tentu saja hal tersebut menjadi nilai lebih bagi pengunjung yang datang sengaja untuk mencoba berselancar di pantai ini.  Harga tiket masuknya adalah gratis.

nama destinasi wisata pantai di sukabumi

16. Pantai Panganten atau Pamunguan

       Lokasinya di Desa Purwasedar, Ciracap, Sukabumi.  Daya tarik pantai ini adalah terdapat
dua buah pulau yang nampak seperti sepasang pengantin.  Itulah sebabnya pantai ini disebut Pantai Panganten.  Warna air di pantai ini jernih kebiruan ditambah pasir yang terhampar di pesisir pantai berwarna putih bersih.  Tidak ada biaya masuk ke tempat ini atau gratis.

nama destinasi wisata pantai di sukabumi

17. Pantai Mina Jaya

        Lokasinya di Desa Pasiripis, Surade, Sukabumi. Menurut keterangan warga setempat, dahulu kala ada sebuah kapal besar yang mengangkut persenjataan dan tenggelam di pantai ini. Nama kapal tersebut adalah 'MINAJAYA' itulah akhirnya pantai ini disebut pantai Minajaya. Daya tarik pantai ini adalah warna air laut yang kehijauan dan pasir pantai yang berwarna kecoklatan serta kumpulan batu karang yang tersebar di pinggir nya. Tidak dipungut biaya masuk atau gratis bila anda berkunjung ke tempat ini.

nama destinasi wisata pantai di sukabumi

18. Pantai Keusik Urug 

      Lokasinya di Desa Buniasih, Tegal Buleud, Sukabumi.  Daya tarik pantai ini adalah tempat dan suasananya masih sangat alami,  cocok untuk berlibur,  menginap ( kemping)  dan bakar ikan.  Biaya masuknya gratis.

nama destinasi wisata pantai di sukabumi

19. Pantai Cimaja 

      Lokasinya di Desa Cimaja, Cikakak, Sukabumi.  Daya tarik pantai ini adalah ombaknya yang besar dan tinggi sehingga dijadikan sebagai tempat tujuan bagi para peselancar dari dalam negeri maupun luar negeri.  Biaya masuknya hanya Rp 5000.

nama destinasi wisata pantai di sukabumi

20. Pantai Pelabuhan Ratu

       Lokasi: Jl. Raya Cisolok, Citepus, Pelabuhan Ratu, Sukabumi.  Daya tarik pantai ini adalah topografi alamnya yang sangat indah dan eksotis sehingga mengundang banyak wisawatan asing untuk datang dan berlibur, karena merasa nyaman dan terpesona dengan pemandangan alamnya. Tersedia juga hotel bintang lima di sekitar pantai yaitu Inna Samudera beach Hotel. Harga tiket masuk hanya Rp 5000.

nama destinasi wisata pantai di sukabumi

      Itulah 20 destinasi wisata pantai di Sukabumi yang mempunyai berbagai  daya tarik dari keindahan alam dan lingkungan nya.  Semoga dari artikel ini bisa menambah pengetahuan tentang pantai di Sukabumi dan memunculkan keinginan untuk mengunjunginya. Untuk memudahkan dalam menempuh rute perjalanan, maka sebaiknya anda menggunakan aplikasi GPS atau Google Maps di smartphone anda.
 Lihat juga
 √ Daftar dan lokasi waterpark di sukabumi
 √ daftar Pemandian air panas di sukabumi
Daftar dan lokasi air terjun di Sukabumi
 √ wisata kuliner trend di sukabumi
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar