Skip to main content

bisnis jualan makanan ringan serba 5000 dan cara memulai menjalankan

Bisnis jualan makanan ringan serba 5000 dan cara memulai  menjalankan

     Usaha atau bisnis makanan ringan atau snack merupakan salah satu bisnis yang cukup menjanjikan karena kebutuhan dan permintaannya setiap hari sangat besar.  Bila anda perhatikan banyak orang orang yang kesehariannya tidak bisa lepas dari nyemil makanan ringan. Contohnya anak sekolah dasar sampai sekolah menengah ketika jam istirahat pasti akan membeli jajanan berupa makanan ringan.  Atau orang yang sedang berwisata misalnya ke pantai pasti akan membawa snack untuk perbekalan mereka.

usaha makanan ringan serba 5000
Toko makanan ringan
 Baca juga

Jenis jenis makanan ringan ( snack) 

       Makanan ringan yang terdapat di lingkungan dan biasa kita temukan banyak sekali jenis dan macamnya.  Namun bisa dikelompokkan menjadi dua golongan

1. Makanan ringan kering atau kriuk, 

     Cemilan kering sangat disukai oleh banyak orang karena teksturnya yang kriuk dan biasanya mempunyai rasa asin, atau pedas contohnya :  keripik singkong,  kerupuk seblak,  snack kuping gajah,  ciki,  kacang atom,  lumpia dan sebagainya.

2. Makanan ringan basah,

    Cemilan basah kebanyakan mempunyai rasa yang manis  contohnya :  martabak,  cilok, kue lapis,  dadar gulung,  asinan salak,  manisan pala dan banyak lagi.
Dari kedua golongan tersebut manakah yang menurut anda cocok dengan minat wirausaha anda dan anda sanggup untuk menjalankannya.

Untung rugi berbisnis makanan ringan

      Berdasarkan hasil survey dan pengamatan di lingkungan masyarakat mengenai jualan makanan ringan, maka   diperoleh kesimpulan terkait kelebihan serta kekurangan usaha jualan snack ini,  yaitu :

Kelebihan 

1. Awet / tidak cepat basi,  bila dikemas dengan baik dan kedap udara,  maka snack bisa bertahan sampai lebih dari satu bulan.
2. Peluang penjualannya mudah
     Karena cemilan disukai banyak orang dari berbagai usia, yaitu anak kecil, remaja, dewasa sampai orang tua. Dan setiap hari banyak orang yang menjadikan makanan ringan untuk jajanan,  misalnya anak sekolah dasar sampai sekolah menengah.  Juga banyak aktivitas yang dikerjakan sambil menyertakan cemilan,  contohnya nonton TV,  nongkrong,  main game PC,  chatting di sosmed dan lain-lain.  Melihat kebiasaan orang orang seperti tersebut,  maka itu menjadi peluang usaha yang bagus dan menjualnya pun akan mudah.

 Kekurangan 

1. Laba/ keuntungan per satuannya kecil
      Untuk makanan ringan yang dijual dengan harga Rp 5000 per bungkus,  mungkin labanya hanya sekitar Rp 1000 atau Rp 500. Jadi bila ingin mendapat omzet besar setiap bulannya maka solusinya adalah harus bisa menjual snack sebanyak mungkin.  Misalnya anda ingin punya laba bersih Rp 10.000.000 maka setidaknya harus terjual kurang lebih 10 ribu bungkus snack pernah bulan.
2. Perlu promosi yang ekstra
      Berdasarkan keterangan diatas,  karena labanya sedikit,  maka harus disiasati dengan promosi ekstra.  Tidak hanya berjualan di toko/ warung,  anda juga sebaiknya mempekerjakan orang lain untuk berjualan keliling,  atau anda bisa menggunakan mobil untuk dagang keliling menawarkan snack  Atau bisa juga anda menitipkan dagangan di warung warung,  hanya saja anda harus mengurangi harga setiap bungkusnya sebagai komisi untuk pemilik warung yang anda titipi jualan.

Cara perhitungan bisnis makanan ringan 

     Selanjutnya mari kita belajar membuat perhitungan antara modal,  harga jual dan keuntungan yang akan diperoleh dari menjual cemilan makanan ringan.  Misalnya harga snack inaco jelly satu bal/ 10 kg dengan harga Rp 220.000 berisi 640 pcs jelly inaco.  Bila anda memasukkan 10 pcs / bungkus dengan harga Rp 5000, maka akan diperoleh kurang lebih 64 packs.  Untuk memudahkan kita buat perhitungan sebagai berikut

1 bal isi 640 pcs : 10 pcs ( per bungkus) = 64 bungkus
64 bungkus  ×  Rp 5000 ( harga jual)  = Rp 320.000.
Laba bersih adalah pendapatan kotor dikurangi modal
Rp 320.000  -  Rp 220.000  =  Rp 100.000
Laba per bungkus adalah keuntungan bersih dibagi jumlah barang yang dijual,  yaitu Rp 100.000 :  64 ( pcs)   =  Rp 1.562

Dari nilai tersebut belum dikurangi dengan modal transportasi seperti membeli bensin, membeli plastik untuk kemasan dan gaji pegawai bila anda mempunyai pegawai.

usaha makanan ringan serba 5000
inaco jelly
 Baca juga

Contoh daftar makanan ringan serba 5000

      Untuk usaha berjualan snack serba 5000 ini sebaiknya jangan menjual hanya satu produk saja.  Alangkah baiknya bila anda menyediakan aneka rupa cemilan seperti
  • kuping gajah 
  • pang pang 
  • keripik pisang 
  • keripik singkong 
  • kacang hijau 
  • kacang kedelai goreng 
  • jelly inaco 
  • kerupuk 
  • sosis goreng dan lain-lain.
Dengan snack yang bermacam-macam,  maka akan menarik minat konsumen untuk membeli dagangan anda.

usaha makanan ringan serba 5000
snack bungkusan harga Rp 5000

      Selain hal-hal tersebut diatas,  ada beberapa hal penting yang perlu untuk anda kerjakan agar usaha makanan ringan berjalan lancar,  yaitu :
  1. Kebersihan,  sebaiknya bungkus makanan ringan harus selalu terlihat bersih dari debu atau kotoran lain,  caranya dengan rutin membersihkan menggunakan lap.  
  2. Simpan di tempat teduh,  karena bungkus snack biasanya dari  plastik,  maka harus dihindarkan dari terpapar sinar matahari langsung agar kondisi makanan didalam bungkus tetap terjaga kualitasnya.  
  3. Pelayanan,  untuk menggaet banyak pembeli,  maka anda harus selalu bersikap ramah,  dan senyum kepada pembeli dan buat interaksi yang baik supaya mereka nyaman dan nantinya akan terus berkunjung ke toko anda dan membeli dagangan anda.  
  4. Tanggal kadaluwarsa,  jangan lupa cantumkan tanggal kadaluwarsa pada kemasan makanan ringan agar bisa diketahui kapan kadaluwarsa nya,  kemudian pisahkan snack yang sudah kadaluwarsa jangan dicampurkan dengan dagangan yang masih bagus.       
       Itulah ulasan tentang usaha makanan ringan snack serba 5000 semoga bermanfaat.  Dan tetap semangat dalam berusaha agar bisnis anda sukses dan bisa mendapatkan omzet besar sesuai harapan.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar