Skip to main content

Bisnis jualan sayuran di desa yang menguntungkan serta panduan untuk memulainya

Bisnis jualan sayuran di desa yang menguntungkan serta panduan untuk memulainya


usaha toko sayuran
pembeli di warung sayuran

      Sayuran adalah salah satu komponen makanan yang banyak diminati oleh semua usia, baik anak kecil dewasa sampai orang tua. Orang yang ahli di bidang kesehatan seperti dokter selalu menyarankan kepada semua orang agar lebih sering mengkonsumsi sayuran setiap hari, karena  sayuran banyak mengandung vitamin serta nutrisi yang bagus dan dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin C,  A,  B,  zat besi dan lain-lain.  Berikut ini saya ulas hal hal yang berkaitan dengan usaha/ bisnis sayuran
  • Keuntungan usaha sayuran
  • Kerugian usaha sayuran
  • Panduan memulai bisnis sayuran
  • Tempat jualan
  • Modal dan perhitungan modal awal
  • Peralatan pendukung
  • Pelayanan/ service
  • Partner,  kolega atau rekan bisnis
  • Daftar sayuran
 Baca juga

Keuntungan usaha jualan sayuran

      Membuka usaha warung sayuran merupakan ide yang sangat bagus dan mempunyai potensi yang menjanjikan.  Adapun kelebihan dari berjualan sayuran adalah  :

1. Penjualannya mudah

      Menjual sayuran relatif tidak sulit karena kebutuhan permintaan setiap hari sangat tinggi.  Hal tersebut wajar saja karena setiap hari manusia butuh makan,  dan diantara makanan yang biasa dikonsumsi adalah nasi,  sayur,  lauk-pauk,  ditambah buah-buahan.  Ditambah lagi kini banyak makanan cepat saji dan cemilan yang menggunakan sayuran seperti burger,  kentang goreng,  pizza,  bakso,  mie ayam dan lain-lain.  Oleh sebab itu penjualan menjadi lebih mudah karena faktor pembeli dari kalangan ibu rumah tangga dan para penjual makanan.

2. Tidak perlu skill khusus

      Untuk menjadi pengusaha sayuran anda tidak perlu mengikuti berbagai pelatihan atau kursus.  Yang penting anda bisa memilih sayuran yang masih segar dan teksturnya baik yang masih layak untuk dimakan,  dan tidak ada ulatnya. Dan sebisa mungkin anda punya banyak rekanan ( kolega) misalnya petani atau pengepul  yang menyediakan  berbagai sayuran yang masih segar langsung dari kebun.

Kerugian usaha sayuran

     Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan ketika ingin memulai bisnis sayuran dan dipikirkan solusinya karena bisa menimbulkan kerugian seperti :

1. Sayuran menjadi busuk

    Tidak seperti pakaian yang relatif awet, sayuran bisa busuk. Solusinya adalah sebaiknya tidak terlalu banyak menyimpan stok sayuran.  Jangan meletakkan sayuran di tempat yang terkena cahaya matahari langsung.  Simpan ditempat yang sejuk.  Sortir sayuran,  bila ada yang sudah busuk segera pisahkan,  jangan disatukan dengan yang masih segar.

2. Harga sayuran anjlok 

    Seringkali pedagang dan petani sayuran mengeluh karena tiba-tiba harga sayuran di pasaran menjadi sangat murah ( anjlok).  Solusinya adalah anda harus setiap hari memantau harga sayuran di pasar pasar tradisional di kota tempat anda tinggal.  Dan sempatkanlah untuk membaca berita di internet agar terus mengetahui perkembangan harga komoditi sayuran di Indonesia.

Panduan memulai bisnis sayuran

     Biasanya sayuran diperjualbelikan di pasar tradisional,  bersama beras,  ikan,  buah-buahan dan lain-lain.  Tapi kini orang orang sudah malas untuk pergi ke pasar dengan alasan jarak yang cukup jauh.  Hal inilah yang menjadi peluang untuk membuka kedai sayuran di kampung atau desa. Dan kesempatan yang bagus untuk anda yang ingin mencoba berkarir di bidang wirausaha.  Oleh sebab itu anda perlu membuat beberapa persiapan sebelum memulai usaha diantaranya

Tempat jualan

     Tempat  ( warung atau kedai sayuran)  adalah hal pertama yang harus dipersiapkan.  Buatlah desain warung sayuran yang  terbuka dan tanpa sekat supaya bisa memudahkan pembeli untuk mencari apa yang diinginkan. Letakkan sayuran dalam rak rak atau wadah terpisah yang mudah dijangkau oleh pembeli.  Warung sayuran harus dibuat sejuk dan terhindar dari terkena cahaya matahari langsung supaya sayuran tetap terjaga kesegaranya.

Modal dan perhitungan modal awal

     Buatlah daftar nama dan jenis sayuran yang akan dijual,  kemudian cari tahu harganya berdasarkan harga dari petani langsung atau dari pengepul atau tengkulak.  Kemudian kalkulasi kan jumlahnya dan siapkan uang sebagai modal usaha anda.

Peralatan pendukung

     Selain tempat,  diperlukan beberapa peralatan yang harus disiapkan di warung sayuran anda seperti :
  1. Rak kayu,  fungsinya sebagai tempat menaruh sayuran yang berat seperti mentimun,  kol,  wortel,  sawi dan lain-lain 
  2. Cempeh bambu,  untuk menaruh bumbu bumbu seperti cabe,  bawang merah,  bawang putih dan sebagainya.  
  3. Kantong plastik untuk menyimpan belanjaan pembeli 
  4. Alat timbangan,  untuk menimbang sayuran 
  5. Wadah khusus untuk menyimpan sayuran yang sudah busuk untuk dibuang atau dijadikan pupuk alami.  

 
usaha jualan sayuran
rak dan keranjang sayuran

Pelayanan/ service

     Hal ini tidak kalah penting dari ketiga hal diatas.  Karena pelayanan merupakan ujung tombak dari sebuah transaksi jual beli dimana antara penjual dan pembeli menjalin hubungan yang baik.  Dengan begitu orang yang telah berkunjung ke warung sayuran anda besoknya akan datang dan mau berbelanja lagi setiap hari.  Karena itu jagalah sikap sopan dan menghormati pembeli,  usahakan wajah tetap senyum saat melayani pembeli kalau bisa sambil sesekali bercanda.  Ketika seorang pembeli merasa nyaman berbelanja ke warung sayuran anda maka besoknya dia akan datang lagi dan menjadi pelanggan setia di warung anda.

Partner,  kolega atau rekan bisnis 

    Selanjutnya anda sebagai penjual harus memikirkan darimana sayuran diperoleh.  Karena itu carilah rekanan seperti petani atau tengkulak di sekitar wilayah anda yang berbisnis menyediakan sayuran segar langsung dari kebun.  Jangan lupa buatlah perjanjian kerjasama dengan mereka misalnya dengan bertukar nomor telepon agar bisa saling menghubungi.  Jalinlah kerjasama yang baik dan saling menguntungkan kedua belah pihak.  Jagalah kepercayaan mereka misalnya dengan memesan secara rutin sayuran dengan pembayaran tunai.  Bila sudah terjalin hubungan yang baik maka anda akan mudah memperoleh sayuran untuk dijual di toko sayuran anda.

Daftar sayuran

      Selanjutnya coba buat daftar aneka sayuran apa saja yang akan anda sediakan di warung,  misalnya:  wortel,  koleksi,  kubis,  terong,  kentang,  buncis,  kacang panjang,  jagung, labu,  kacang merah, sawi,  tauge,  bayam,  kangkung, lobak, jengkol,  petai dan lain-lain.  Anda juga bisa tuliskan bumbu dapur seperti cabe,  tomat,  bawang merah,  bawang putih,  kemiri,  kecap,  saos,  gula pasir,  garam,  penyedap rasa,  jahe,  kunyit,  lengkuas,  dan lain-lain. Lebih bagus lagi anda sediakan pula bahan makanan pendukung lainnya seperti ikan asin,  tahu,  tempe,  oncom, dan sebagainya.  Untuk melengkapi sediakan pula bermacam buah buahan misalnya mangga,  pepaya,  jeruk dan sebagainya.  Bila sudah mempunyai daftar sayuran dan lainnya yang akan dijual di warung sayuran anda,  selanjutnya anda bisa menghubungi rekanan yang bisa menyediakannya.

persiapan usaha jualan sayuran

     Itulah beberapa kiat dan hal penting yang harus anda persiapkan untuk usaha  memulai bisnis berjualan sayuran.  Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar