Skip to main content

Bisnis jualan mainan anak grosir dan cara memulai usaha ini

Bisnis jualan mainan anak grosir dan cara memulai usaha ini

bisnis grosir mainan anak
mainan mobil mobilan

      Mungkin selama ini yang ada di benak kebanyakan orang ketika ingin mempunyai usaha  sendiri hanya berkisar antara usaha kuliner,  pakaian,  membuka toko kelontong atau  warung kopi.  Dan tidak ada yang berpikir untuk berjualan mainan anak grosir.  Padahal bisnis yang satu ini punya potensi besar yang cukup menjanjikan yaitu :
  1. Modal kecil dan keuntungan besar 
  2. Barang awet  
  3. Penjualannya mudah 
  4. Tidak membutuhkan skill/kemampuan khusus 
  5. Belum banyak pesaing 
Selanjutnya mari kita bahas satu persatu mengenai keuntungan berbisnis grosir mainan anak diatas
Baca juga

1. Bisnis jualan mainan modal kecil dan keuntungan besar

     Ya.  anda tidak salah baca.  Saya ambil contoh sebuah mainan mobil mobilan yang harga jual kepada konsumen adalah Rp 20.000 ternyata hanya dibeli dengan harga Rp 7000 saja.  Jadi keuntungan nya adalah Rp 13.000, hampir dua kali lipat dari harga beli. Perhitungan tersebut hanya untuk sebuah produk saja,  bisa anda bayangkan bila toko grosir mainan anda bisa menjual ratusan mainan dalam sehari,  berapa besar laba yang akan anda peroleh. Bukankah jenis mainan anak itu banyak sekali,  ratusan bahkan ribuan.  Contohnya untuk jenis boneka saja ada banyak modelnya seperti :  frozen,  barbie,  Mickey mouse,  hello Kitty,  doraemon,  winnie the pooh,  boneka pandai dan masih banyak lagi  Begitu pula dengan mobil mobilan seperti tamiya,  mobil balap,  sedangkan,  truk dan lain-lain. Dan permintaan terhadap mainan anak setiap bulannya sangatlah besar.  Karena itu dengan melihat potensi keuntungan yang besar tidak ada salahnya bagi anda untuk mempertimbangkan usaha membuat toko mainan anak ini.

2. Barang awet

     Bila berbisnis di bidang kuliner,  maka ada resiko masakan yang tidak terjual dalam waktu beberapa hari  bisa menjadi basi,  atau makanan ringan yang punya tanggal kadaluwarsa ( expired).  Hal tersebut tentu merupakan suatu kerugian bagi pemilik usaha kuliner tersebut.  Berbeda dengan bisnis mainan yang barangnya tidak akan basi / expired.  Contohnya mobilan atau mainan robot robotan yang terbuat dari bahan plastik yang tahan lama walau disimpan bertahun-tahun. Atau boneka yang dibuat dari bahan kain dan busa didalamnya yang tidak akan rusak bila dirawat dengan baik.

bisnis grosir mainan anak
boneka Barbie

3. Penjualannya mudah

     Bila anda ingin membuat toko mainan anak,  saya sarankan sebaiknya lokasinya di pinggir jalan yang ramai, misalnya di pasar,  dekat mall atau tempat lain yang banyak dilewati oleh orang orang.  Dengan begitu orang tua yang sedang mengasuh anaknya bisa melihat toko anda kemudian akan membelikan mainan untuk anaknya sebagai hadiah.  Bila kita perhatikan,  biasanya seorang anak memiliki mainan lebih dari satu buah,  dan itu berarti orang tuanya membelikan mainan tersebut beberapa kali.  Tentu saja hal tersebut menjadi peluang besar untuk menyediakan berbagai macam mainan di toko anda.  Hal lain yang membuat penjualan mainan lebih mudah adalah banyaknya orang yang berjualan mainan keliling dengan menggunakan motor atau sepeda.  Penjual keliling ini biasanya mendatangi kampung kampung yang banyak anak kecil,  kemudian menjual dagangan mereka.  Kini di daerah perkampungan banyak orang yang berprofesi sebagai penjual mainan keliling,  dan ini menjadi keuntungan bagi toko grosir mainan anda,  karena para pedagang mainan keliling tersebut akan berbelanja mainan ke toko anda.
Baca juga

4. Tidak membutuhkan skill/ kemampuan khusus

      Untuk memulai bisnis grosir mainan anak, anda tidak perlu kemampuan yang spesial,  cukup dengan semangat untuk terus berusaha serta rajin dan konsisten berjualan dibarengi sikap ramah kepada pembeli akan membuat anda berhasil.  Berbeda dengan bisnis kuliner yang memerlukan kemampuan memasak dan membuat masakan lezat yang harus dipelajari dari kursus atau pelatihan tata boga misalnya membuat bakso pedas. Atau usaha di bidang pakaian ( fashion)  yang memerlukan skill menjahit atau desain baju. Atau membuat usaha jual beli burung yang harus punya keahlian dalam merawat burung.Karena itu siapa pun bisa berwirausaha menjual mainan grosir.

5. Belum banyak pesaing

     Nah inilah salah satu poin menguntungkan bagi anda   Karena jarangnya orang yang berpikir untuk jualan mainan anak,  maka peluang penjualan lebih besar.  Dibandingkan dengan usaha warung makan yang jumlahnya sangat banyak dalam satu wilayah.  Grosir mainan anak masih terbilang langka atau jarang.  Manfaatkanlah peluang ini sebaik-baiknya agar keinginan anda untuk memiliki bisnis yang sukses dan omzetnya besar bisa terwujud.  Dan saya sarankan,  selain mainan anak,  anda juga bisa menjual aksesoris seperti gelang,  kacamata,  buku tulis dan lain-lain di etalase toko anda agar semakin banyak orang yang berkunjung ke toko.  Jagalah sikap anda kepada pembeli dan buatlah hubungan yang baik dengan mereka sehingga mereka merasa nyaman berbelanja ke tempat anda.
      Itulah ulasan mengenai keuntungan membuka usaha grosir mainan anak, sebuah bisnis yang menjanjikan dan mempunyai peluang besar.  Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar