Skip to main content

Cara memulai usaha konter handphone serta perhitungan keuntungannya

Cara memulai usaha konter handphone serta perhitungan keuntungannya

usaha konter hp
pembeli di konter hp

        Bagi anda yang ingin berwirausaha  karena sudah bosan bekerja di pabrik atau kantor,  maka carilah ide usaha sesuai perkembangan zaman sekarang ini, contohnya dengan mendirikan usaha konter handphone. Karena melihat hampir semua orang usia muda sampai orang tua memiliki minimal satu buah handphone bahkan ada yang lebih. Hal tersebut menjadi peluang yang harus anda pertimbangkan dalam memilih wirausaha baru yang ingin anda geluti. Menurut situs resmi kominfo mengatakan bahwa di negara Indonesia ini mempunyai penggunaan aktif handphone sebanyak 100 juta orang.  Dan ini merupakan pasar potensial bagi orang yang ingin berbisnis di bidang telekomunikasi dan peralatannya,  salah satunya ialah usaha konter. Kalau anda merasa tidak mempunyai pengalaman dan pengetahuan di bidang usaha ini, maka cobalah simak artikel berikut,  kemudian praktekkan langkah langkahnya.
Baca juga

Persiapan tempat konter handphone) yang strategis

      Tempat konter bisa dimana saja, di pinggir jalan raya, di pemukiman penduduk didalam gang dan tempat lainnya, tetapi saya sarankan lebih baik konter lokasinya di pinggir jalan yang setiap hari ramai oleh orang yang lewat. Hai ini dimaksudkan agar banyak orang yang melihat dan mau berkunjung ke konter.  Semakin banyak pembeli yang datang maka usaha anda menjadi sukses dan memperoleh pendapatan yang besar seperti yang diharapkan. Selanjutnya buatlah agar konter terlihat menarik misalnya dengan memberikan warna warni pada cat tembok,  dan jangan lupa pasangi ' banner' yang bertuliskan nama konter berikut layanan yang disediakan misalnya, " Jual pulsa elektrik, kuota all operator,token listrik, aksesoris handphone dan terima servis handphone ". Gunakan warna huruf yang terang dan jelas dan pastikan tulisan pada banner dapat dibaca.

Modal uang, peralatan dan aksesoris

     Berikutnya yaitu modal.  Modal bisa berupa uang atau peralatan. Agar konter anda banyak dikunjungi pembeli maka sediakanlah macam macam keperluan / aksesoris untuk semua merk handphone seperti samsung,  oppo, vivo, xiaomi, lenovo,  iPhone, Huawei dan lain-lain.
Aksesoris hp tersebut diantaranya :
  • Charger  
  • Baterai 
  • Headset atau earphone 
  • Casing  
  • Tempered glass 
  • Kartu perdana 
  • Voucher isi ulang kuota atau pulsa
Sertakan juga penjualan kuota elektrik, pembayaran listrik, gopay, eh pay dan semacamnya. Sebaiknya aksesoris yang dijual harganya sama dengan harga pasaran,  jangan jual aksesoris hp dengan harga melebihi harga pasar atau lebih mahal karena bisa mengakibatkan orang tidak mau membeli dari konter anda dan akan memilih untuk membeli dari konter lain.  Selanjutnya pastikan bahwa barang yang dijual di konter adalah barang yang berkualitas bukan bajakan atau ' KW' atau yang kualitasnya jelek. Sediakan pula peralatan pendukung lainnya seperti
  1. komputer,  untuk orang yang ingin mengisi lagu atau aplikasi kedalam handphone,  dan untuk memperbaiki masalah software handphone. ( servis).  
  2. Obeng,  pinset dan solder untuk reparasi hardware smartphone.  
  3. Gantungan,  untuk memajang aksesoris HP berbagai merk 
  4. Etalase,  untuk menyimpan aksesoris yang dijual 
  5. Nota pembelian,  untuk bukti transaksi dan jumlahnya yang diberikan kepada pembeli.  
  6. Kursi,  sebagai tempat duduk calon pembeli 
Sediakan peralatan tersebut dalam kondisi yang bersih,  karena bila tempat dan peralatan atau barang barang yang ada didalam konter semuanya bersih akan membuat pengunjung nyaman dan betah. Bila ada barang yang stoknya berkurang karena sudah terjual,  maka segeralah untuk membeli yang baru agar stok barang tetap ada dan memudahkan bagi pembeli.
usaha konter hp
macam macam casing hp

Pelayanan

     Selain tempat dan peralatan,  untuk membuat bisnis konter anda sukses dan punya banyak pelanggan,  maka harus memberikan pelayanan yang baik,  seperti berbicara yang sopan kepada calon pembeli,  mengucapkan selamat datang, selalu menampakkan senyuman dan lain-lain ( attitude). Buatlah koneksi yang baik dengan setiap orang agar mereka merasa senang dan mau menjadi pelanggan setia konter anda. Jangan menampilkan muka yang cemberut atau tidak enak dipandang dan berkata kasar atau tidak sopan kepada pembeli karena akan membuat pembeli tidak senang dan tidak mau berbelanja lagi ke tempat anda atau kapok.
Baca juga

Promosi

     Untuk menjaring lebih banyak konsumen,  maka sering seringlah promosikan konter anda lewat sosial media seperti Facebook,  instagram,  atau twitter.  Dan masukkan pula alamat usaha konter anda di Google maps supaya tempat anda mudah ditemukan oleh orang lain. Lalu lakukan juga promosi langsung kepada orang yang datang ke konter anda misalnya dengan mengatakan bahwa bila barang yang sudah dibeli ternyata kondisinya rusak,  maka bisa diganti dengan yang baru.  Atau mengatakan bila membeli barang lebih dari 10 pcs akan mendapatkan potongan harga.  Lakukan cara tersebut dengan  cara yang baik dan pelayanan yang ramah sehingga pembeli akan senang dan secara tidak langsung akan mempromosikan lagi kepada keluarga atau sahabatnya agar berbelanja ke konter anda.  Dan ini menjadi keuntungan untuk anda.

Konsisten berjualan

     Satu hal ini sangatlah penting bagi orang yang berjualan terutama yang baru merintis usaha. Salah satu hal yang menjadi penghambat kesuksesan seseorang dalam pekerjaan apapun adalah sifat malas. Karena itu cobalah nikmati semua momen baik atau buruk ketika bekerja dan senangilah pekerjaan anda agar timbul rasa semangat dan mengalahkan rasa malas. Dengan begitu anda bisa terus konsisten membuka konter dan berjualan. Usahakan membuka konter secara teratur dan tepat waktu misalnya buka pukul 08.00 dan tutup pukul 20.00 setiap hari.  Dengan begitu orang lain pun akan tahu dan mendatangi konter saat jam buka.

Perbanyak berdoa dan bersedekah

     Yang namanya manusia hanya diwajibkan untuk berusaha dan ikhtiar selanjutnya Tuhan lah yang memutuskan.  Karena itu selalu memohon kepada Nya agar dimudahkan untuk semua urusan agar memperoleh kesuksesan seperti yang diharapkan serta memohon petunjuk supaya bisnis berjalan dengan baik.  Kemudian sering seringlah memberi sedekah kepada orang lain yang membutuhkan semampu anda. Karena orang yang diberi akan mendoakan anda dan pekerjaan anda,  sehingga usaha menjadi lancar,  berkah dan berhasil.
      Itulah ulasan yang membahas kiat atau panduan memulai bisnis dengan membuka konter handphone,  semoga bermanfaat dan tetaplah tanamkan jiwa semangat dan jauhkan sikap putus asa ketika menjumpai masalah.  Karena setiap usaha baru akan membutuhkan proses sehingga sampai pada titik keberhasilan.

usaha konter hp

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar