--> Skip to main content

Pengertian kewirausahaan dan cara penerapannya dalam dunia kerja

foto seorang pengusaha restoran

Pengertian kewirausahaan dan cara penerapannya dalam dunia kerja

       Dalam dunia kerja dan bisnis terdapat tiga golongan yaitu :
  1.  Pekerja Negeri Sipil ( PNS) ,yaitu orang orang yang bekerja di lembaga lembaga pemerintahan seperti Dinas Pendidikan, Dinas Tenaga kerja dan transmigrasi, Departemen Keuangan dan lain-lain. Para PNS ini memperoleh gaji bulanan dari pemerintah yang jumlahnya berbeda tergantung golongan nya. 
  2.  Pekerja Swasta, yaitu orang orang yang bekerja di sebuah perusahaan besar atau lembaga non pemerintah seperti di Perusahaan otomotif, perusahaan tekstil, garmen, perusahaan makanan dan lain-lain. Mereka mendapat gaji berdasarkan aturan Upah Minimum Provinsi ( UMP) yang dibayarkan setiap sebulan sekali. 
  3.  Pekerja wiraswasta, yaitu orang orang yang bekerja mandiri tidak terikat pada aturan perusahaan atau lembaga apapun. Mereka mendapat gaji tidak tentu jumlahnya juga tidak tentu waktunya. Contohnya adalah orang yang berjualan di toko kelontong, pemilik bengkel, sopir angkot, pemain film dan sebagainya.
      Artikel ini akan khusus membahas tentang KEWIRAUSAHAAN.

Pengertian kewirausahaan

     WIRAUSAHA berasal dari dua kata yaitu ' Wira' yang artinya sendiri, dan 'Usaha' yang berarti pekerjaan. Jadi wirausaha adalah melakukan semua aktifitas yang berhubungan dengan bisnis atau pekerjaan secara sendiri. Sedangkan pengertian kewirausahaan ( enterpreneurship)  adalah suatu sistem dalam bidang pekerjaan yang bersifat mandiri dan mengatur semua hal yang berkaitan dengan pekerjaan tersebut oleh diri sendiri.  Atau pengertian sederhananya 'kewirausahaan' adalah membuat usaha sendiri dan mengatur semua program kerjanya sendiri juga,  seperti tempat,  peralatan,  promosi dan lain-lain.

Sifat-sifat kewirausahaan

       Sifat utama kewirausahaan adalah mandiri dalam segala hal seperti perencanaan usaha,  ide usaha,  permodalan,  pelaksanaan,  program jangka pendek dan jangka panjang,  pengembangan usaha,  juga promosi.

Ciri - ciri kewirausahaan

      Sebuah pekerjaan dapat disebut sebagai wirausaha bila mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :

1. Usaha mandiri

      Maksudnya adalah tidak mempunyai atasan atau bos yang mengatur dan mengarahkan pekerjaan.  Berbeda dengan pegawai negeri yang melakukan pekerjaannya harus sesuai program pemerintah dan bila melanggar bisa terkena skors atau diberhentikan.  Begitu juga pekerja swasta atau buruh pabrik yang sistem kerjanya harus mengikuti aturan pemilik perusahaan dan bila melakukan pelanggaran mungkin bisa dikenai sangsi pemutusan hubungan kerja ( PHK).

pengertian kewirausahaan
foto pengusaha toko

2. Modal

      Untuk urusan permodalan seorang wirausahawan atau enterpreneur harus mempunyai modal pribadi atau bisa juga kerja sama dengan membentuk kelompok atau juga meminjam modal ke Bank.  Semua modal seperti tempat,  peralatan kerja,  dan biaya akomodasi ditanggung sendiri.  Berbeda dengan pegawai negeri yang tugasnya hanya bekerja sesuai perintah atasan tanpa perlu memikirkan modal dan biaya akomodasi tugasnya,  karena sudah disediakan oleh lembaga.  Begitu juga dengan karyawan swasta yang tidak perlu pusing memikirkan modal untuk kemajuan perusahaan,  jadi fokusnya hanya pada tugas yang diberikan oleh atasan atau kepala pabrik.

3. Jumlah pekerja

     Ciri selanjutnya dari kewirausahaan adalah jumlah pegawai nya bisa hanya satu orang pegawai sekaligus pemilik usaha seperti pemilik toko kelontong atau juga bisa mempekerjakan orang lain,  contohnya usaha konveksi. Tidak sama dengan PNS yang jumlahnya banyak karena memang pekerjaannya di sektor pemerintahan yang bertugas melayani kebutuhan publik seperti guru guru sekolah,  bidan,  polisi dan lain-lain.  Atau pegawai pabrik yang jumlahnya sangat banyak bisa mencapai ribuan orang.

pengertian kewirausahaan
foto pengusaha konveksi

4. Pembayaran gaji

     Dalam hal pembayaran gaji,  wirausahawan berbeda dengan PNS atau buruh pabrik yang besaran gajinya sudah diatur oleh pemerintah provinsi yang disebut UMP ( upah minimum provinsi),  dan pembayarannya dilakukan sebulan sekali.  Beda dengan orang yang bekerja secara mandiri ( wira usaha)  seperti pemilik restoran yang memperoleh penghasilannya setiap hari,  atau orang yang bekerja di konpeksi pakaian yang mendapat gaji seminggu sekali.  Sedangkan untuk jumlah gaji wirausahawan nilainya tidak tentu,  kadang lebih besar dari UMP atau kadang lebih kecil dari nilai UMP.

Tujuan kewirausahaan

       Tujuan atau visi dan misi entrepreneurship yang utama adalah membuka lapangan kerja baru,  minimal untuk diri sendiri atau lebih baik lagi bila mampu membuka lowongan pekerjaan untuk orang lain.  Karena itu pemerintah Indonesia terus menerus memberikan dukungan dan bantuan bagi masyarakat yang ingin membuat usaha baru dengan program UKM ( Usaha Kecil dan Menengah).  Dan kabar baiknya adalah sudah banyak wirausaha yang berkembang dan maju di negara Indonesia bahkan bisa ekspor ke luar negeri.
Baca juga

Contoh kewirausahaan

      Untuk contoh kewirausahaan,  maka akan dibagi pada tiga golongan,  yaitu :
1. Wirausaha kecil, yaitu usahanya hanya dikerjakan oleh satu orang,  contohnya penjual bakso,  penjahit pakaian, toko alat tulis kantor dan fotokopi,  toko sembako dan lain-lain.
2. Wirausaha menengah,  jumlah pekerjanya lebih dari tiga orang seperti konpeksi pakaian,  restoran,  pekerja borongan proyek,  supermarket dan sebagainya.
3. Wirausaha besar,  memiliki jumlah pekerja yang banyak seperti home industri bola,  produsen sendal jepit dan lain-lain.

pengertian kewirausahaan
toko ATK

Manfaat kewirausahaan 

  1.  Membuka lapangan pekerjaan 
  2.  Mengurangi pengangguran 
  3.  Menaikkan tingkat ekonomi masyarakat 
  4.  Memudahkan proses jual beli 
  5.  Bisa menambah pendapatan negara dari ekspor. 
      Itulah pengertian kewirausahaan dan penerapan nya dalam dunia kerja dan kehidupan masyarakat sehari hari,  semoga bermanfaat dan membantu anda untuk memahami dunia wirausaha dan hal-hal yang harus dipersiapkan ketika ingin memulai berwirausaha.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar