--> Skip to main content

10 gambar bonsai terbaik unik di Indonesia

10 gambar bonsai terbaik unik di Indonesia

       Tanaman bonsai adalah tumbuhan atau pohon yang berbentuk kecil ( mini) dan biasanya ditanam dalam pot. Bentuk yang kecil dan pendek tersebut terjadi karena dibatasinya asupan nutrisi untuk tanaman. Para perajin bonsai sengaja membatasi nutrisi agar tanaman tidak tumbuh besar seperti pada umumnya,  sehingga tanaman bisa disimpan didalam pot dan menjadi hiasan di rumah.  Seni membonsai sudah ada di China pada abad ke 2 SM dan baru menyebar ke Indonesia dan seluruh dunia pada awal abad ke 20 M.

Jenis jenis pohon bonsai

     Dalam perkembangannya,  para perajin dan orang yang mempunyai hobi memelihara pohon mini ini telah berkreasi pada berbagai macam pohon untuk dicoba apakah cocok dan bagus bila dijadikan bonsai. Dari percobaan yang dilakukan tersebut akhirnya diperoleh kesimpulan mengenai jenis pohon apa saja yang cocok untuk dibuat kreasi bonsai.  Tanaman / pohon pohon tersebut adalah :

1. Bonsai bambu kuning

      Bagi anda penggemar tanaman bonsai,  maka cobalah ide kreatif anda dengan membuat bonsai dengan bahan pohon bambu kuning.  Pohon ini memang sudah biasa dijadikan sebagai tanaman hias untuk pekarangan rumah.  Mungkin karena warna batangnya yang kuning mengkilap,  kontras dengan warna daun yang hijau membuat  pohon bambu kuning terlihat indah. Dan ternyata pohon ini juga bagus bila dibentuk menjadi bonsai. Untuk perawatan bonsai bambu cukup gampang,  anda hanya perlu menyirami dengan air secara rutin,  dan membuang daun daun kering yang ada pada bonsai.

bonsai bambu kuning
foto bonsai bambu kuning

2. Bonsai beringin 

     Pohon beringin merupakan bahan yang bagus untuk dijadikan bonsai, karena memiliki bentuk batang yang besar dan berdaun kecil dan lebat. Kelebihan lain dari pohon beringin adalah adanya akar yang menjulur dari atas seperti rambut. Hal ini menjadi nilai tambah untuk bonsai. Untuk perawatan  bonsai beringin cukup mudah dan tidak perlu waktu lama, yaitu anda perlu rutin menyirami secukupnya , juga membersihkan calon dahan pohon yang tidak diinginkan atau tak sesuai dengan desain bonsai yang anda mau. Selain itu banyak jenis tanaman beringin di dunia, diantaranya  :

Bonsai beringin putih

gambar bonsai beringin putih
foto bonsai beringin putih
Bonsai beringin kimeng

gambar bonsai beringin kimeng
foto bonsai beringin kimeng
Bonsai beringin lokal
 
gambar bonsai beringin lokal
foto bonsai beringin lokal

Bonsai beringin dolar
gambar bonsai beringin dolar
foto bonsai beringin dolar

3. Bonsai kelapa

     Yang namanya kreasi tidak ada batasnya.  Mungkin dulu di China dan Jepang,  bonsai hanya berasal dari pohon yang memiliki dahan dan daun yang berukuran kecil.  Mereka tidak membuat bonsai dari pohon kelapa.  Tapi kini berkat ide kreatif para penyuka tanaman hias,  muncullah bonsai dari kelapa. Daya tarik bonsai kelapa adalah pada bagian batok kelapa yang dibersihkan dari sabut kelapa,  kemudian diampelas supaya halus lalu dipernis agar mengkilap. Perawatan bonsai kelapa tidaklah sulit,  anda hanya perlu mengeluarkan nya dari dalam rumah setiap hari agar tanaman bisa memperoleh sinar matahari langsung. Dan inilah hasil kreasinya.
Bonsai kelapa media air ( hidro coco)

gambar bonsai kelapa hidrococo
foto bonsai kelapa hidrococo
Bonsai kelapa berbuah

gambar bonsai kelapa berbuah
foto bonsai kelapa berbuah

Bonsai kelapa gading
gambar bonsai kelapa gading dan perawatannya
foto bonsai kelapa gading

4. Bonsai sentigi

      Tanaman sentigi atau santigi adalah tanaman yang habitat hidupnya di pesisir pantai.  Pohon ini tumbuh di sela bebatuan karang di tepi laut.  Karena itu tanaman jenis ini dikategorikan sebagai tanaman langka dan keberadaannya di lindungi Undang undang.  Orang yang mengambil tanaman sentigi yang ada di wilayah pantai tanpa mempunyai surat izin akan ditangkap oleh polisi hutan,  kemudian diproses secara hukum.   Tapi bila anda membeli dari orang yang membudidayakan pohon sentigi,  maka akan aman aman saja.  Karena habitatnya aslinya adalah di pantai,  maka perawatan bonsai sentigi sebaiknya menggunakan air laut ketika menyirami.
Bonsai sentigi gunung

gambar bonsai sentigi gunung
foto bonsai sentigi gunung
Bonsai sentigi karang

gambar bonsai sentigi karang
foto bonsai sentigi karang

     Demikianlah penjelasan mengenai bonsai si tanaman hias mini disertai cara merawatnya.  Semoga bermanfaat,  dan teruslah kembangkan ide baru yang lebih kreatif agar bisa membuat tanaman bonsai baru yang mempunyai desain keren dan menarik.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar