Skip to main content

√5 menara masjid terindah di dunia dan lokasinya


menara masjid terindah di dunia

√5 Menara masjid terindah di dunia dan lokasinya

       Menara ( منارة dalam bahasa Arab) adalah bangunan yang memiliki ukuran tingginya melebihi ukuran lebar bangunannya,  dan berfungsi sebagai tempat meletakkan pengeras suara di masjid. Pada zaman Rosulullah SAW bangunan masjid masjid tidak ada yang mempunyai menara.  Hal ini dapat dimengerti karena bentuk bangunan masjid pun masih sangat sederhana,  contohnya masjid Nabawi yang dibangun oleh Rosulullah bersama para sahabat Rodiyallohu Antum hanya berupa bangunan yang berlantai tanah dan beratap pelepah pohon kurma.
        Menara masjid pertama di dunia yaitu  menara yang terletak di Masjid Agung Kairouan di Tunisia  sekitar tahun 727 M atau sekitar 80 tahun setelah Rosulullah SAW wafat.
baca juga

Lokasi menara asmaul husna

       Menara ini berada di kota Kediri,  Jawa Timur tepatnya di area masjid Baitul A'la dalam komplek pesantren Wali Barokah.  Pembangunan menara ini dimulai sekitar tahun 2000 - 2003 dan diresmikan oleh Wapres jusuf kalla di tahun 2009. Menara ini diberi nama menara Asmaul husna karena mempunyai tinggi sekitar 99 meter.  Sebagaimana kita ketahui bahwa Allah SWT mempunyai 99 nama istimewa yang disebut Asmaul husna.
       Selain ketinggiannya yang memecahkan rekor sebagai menara tertinggi kedua di Indonesia,  hal menarik lainnya adalah kubahnya yang memiliki bobot seberat 60 kg serta dilapisi oleh emas murni. Wajar saja bila pembangunan nya menghabiskan dana sekitar  Rp 15,8 milyar. Adapun desain menara ini mencontoh desain menara di Masjidil harom di kota Makkah. Bila anda naik ke atas menara maka anda bisa melihat pemandangan kota Kediri,  stadion Brawijaya juga pabrik rokok PT Gudang Garam.

stadion brawijaya dilihat dari menara asmaul husna

Menara masjid terindah di dunia 

       Masjid sebagai tempat bagi umat Islam untuk berkumpul dan melaksanakan ibadah sholat dan ibadah lainnya tentu perlu desain dan arsitektur yang indah dan menarik karena kita diperintahkan untuk menjaga kebersihan dan keindahan masjid.  Seperti sabda Nabi Muhammad SAW
ان الله جميل يحب الجمال

Artinya  : " Sesungguhnya Allah itu indah dan menyenangi keindahan. "

Menara adalah salah satu bagian dari masjid yang tentu desain dan keindahan nya harus diperhatikan.  Berikut ini adalah menara masjid terindah di dunia :
1. Menara Koutoubia atau Kutubbiya di Maroko.

menara masjid terindah di dunia
foto menara koutoubia

2. Menara Masjid Agung Damaskus di Suriah.

menara masjid terindah di dunia
foto menara masjid agung Damaskus

3. Menara masjid Al Azhar di Mesir

menara masjid terindah di dunia
foto menara masjid Al Azhar

4. Menara masjid agunyg Kudus di Indonesia

menara masjid terindah di dunia
foto menara masjid Agung kudus

5. Menara masjid Hasan II di Maroko

menara masjid terindah di dunia
foto menara masjid Hasan 2 Maroko

Menara masjid tertinggi di dunia

     Berikut ini adalah nama nama menara dengan kategori tertinggi di dunia
1. Menara Masjid Djamaa El Djazaiir
    Menara masjid ini memiliki ketinggian 270 meter dan terletak dalam area masjid Djamaa di negara Aljazair.


2. Menara Masjid King Hasan II ,    Memiliki ketinggian 210 meter dan merupakan menara masjid tertinggi kedua di dunia. Menara ini terletak di Casablanca Maroko.


3. Menara Pemuda dan Perdamaian
    Sebagai orang Indonesia kita bangga karena menara tertinggi ketiga di dunia berada di negara kita Indonesia tepatnya di  kompleks Masjid Rahmatan Lil Alamin Indramayu Jawa Barat.  Tinggi menara ini sekitar 201 meter.

    Demikian ulasan mengenai menara masjid asmaul husna yang menginspirasi kita bahwa Allah mempunyai nama nama terbaik yang apabila kita berdoa menyertakan nama nama Nya makan do'a kita akan dikabulkan oleh ALLAH SWT.  Semoga bermanfaat.  W assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar