--> Skip to main content

Cara memulai usaha penyewaan mainan anak-anak

Cara memulai usaha penyewaan mainan anak-anak

      Mainan adalah merupakan hal yang disenangi anak anak.  Seperti kita saat masih kecil pasti juga menyukai permainan dan aneka mainan.  Bagi anak laki-laki biasanya suka main robot robotik atau mobil mobilan.  Sedangkan anak perempuan lebih senang bermain boneka atau masak masakan. Lalu apakah kita bisa memanfaatkan peluang ini untuk bisnis menjual mainan atau membuka tempat penyewaan permainan ?  Tentu saja,  bila kita bisa memanfaatkan peluang tersebut dengan baik maka bisa menjadi peluang usaha yang potensial. Bagi anda yang ingin mengetahui bagaimana cara memulai usaha menjual berbagai mainan anak bisa dibaca artikel saya yang berjudul usaha grosir mainan anak .  Karena artikel sekarang hanya akan membahas cara memulai usaha penyewaan permainan.

cara usaha penyewaan permainan anak anak
foto anak kecil menaiki Kiddie ride

Penyewaan permainan Kiddie Ride atau odong-odong

      Kiddie ride adalah permainan anak anak berupa wahana yang bisa dinaiki dan mempunyai bentuk bermacam karakter kartun.  Kiddie ride sering disebut juga odong-odong.  Kiddie ride biasanya digerakkan oleh listrik.  Untuk.bisa mengoperasikan permainan ini caranya dengan memasukkan koin dan selanjutnya permainan ini akan  bergerak bergoyang maju mundur selama 2 - 3 menit.

Persiapan awal

      Untuk memulai menjalankan usaha penyewaan Kiddie ride maka ada hal hal yang harus disiapkan seperti

1. Tempat

     Tidak perlu menyediakan tempat yang luas,  anda bisa meletakkan odong-odong ini di depan rumah.  Tapi alangkah baiknya bila anda menyiapkan ruangan untuk menyimpan Kiddie ride sekaligus berjualan makanan kecil serta minuman karena biasanya anak anak yang datang selain bermain juga ingin jajan.  Dan anda pun bisa memperoleh penghasilan tambahan dari hasil penjualan makanan serta minuman.

cara usaha penyewaan permainan anak anak
Kiddie ride bentuk karakter kartun

2. Listrik untuk daya

      Permainan Kiddie ride ini bisa beroperasi dengan memanfaatkan listrik.  Penggunaan daya listrik yang dibutuhkan untuk satu odong-odong adalah sekitar 200 watt.  Bila anda mempunyai alat permainan Kiddie ride maka setidaknya listrik di tempat tersebut harus memiliki kapasitas 900 watt.

 3. Membeli alat Kiddie ride atau odong-odong

     Alat Kiddie ride terbuat dari bahan fiber yang dibentuk, dan dapat dibeli di dengan kisaran harga Rp 6 juta  -  Rp 9 juta.  Harga ini bervariasi tergantung ukuran dan modelnya.  Bentuk permainan ini bisa berupa karakter kartun misalnya Mickey mouse,  Donal Bebek,  dan ada yang berupa karakter mobil atau kereta.

4. Koin dan alat penyimpanan koin

     Selanjutnya anda harus membeli koin.  Fungsi koin ini adalah nantinya dimasukkan kedalam mesin penyimpan koin yang terhubung ke Kiddie ride dan bisa secara otomatis menjalankan permainan Kiddie ride.  Harga koin sekitar Rp 600/ koin dan bisa anda beli di toko online seperti  Bukalapak juga Tokopedia.

Penghasilan

      Selanjutnya untuk penghasilan adalah diperoleh dari penyewaan odong-odong tersebut berdasarkan koin.  Misalnya ada orang yang ingin menikmati permainan ini maka harus membeli koin yang anda sediakan. Untuk 1 koin biasanya dihargai Rp 1500  - Rp 2000. Dan 1 koin tersebut bisa menjalankan mesin Kiddie ride selama 3 menit. Koin koin tersebut nantinya akan terkumpul di alat penyimpanan dan bisa dipergunakan kembali.

cara memulai usaha penyewaan permainan anak anak
foto koin kiddie ride

Penutup

      Itulah cara dan perhitungan untuk memulai bisnis penyewaan permainan anak anak ( kiddie ride)  semoga bisa membantu anda.
Baca juga  bisnis modal kecil di desa
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar