Skip to main content

Puasa asyuro dan keutamaan bulan Muharram

puasa asyuro dan keutamaan bulan Muharram

Puasa asyuro dan keutamaan bulan Muharram

Tahukah anda bahwa tidak ada nama bulan Muharram dalam kalender Hijriyah  ?
     Muharram berasal dari kata ' harroma' dalam bahasa Arab artinya yang diharamkan.  Sedangkan kata ' muharram' artinya semua yang diharamkan seperti mencuri,  zinah dan sebagainya.  Sedangkan kata ' Almuharrom' artinya waktu meninggalkan semua yang diharamkan.  Berdasarkan penjelasan diatas makan dapat disimpulkan bahwa kata Almuharrom lebih tepat untuk disandingkan pada nama bulan pertama dalam kalender Hijriyah.

Amalan sunah utama di bulan Muharram

     Setiap Muslim pasti menginginkan untuk dapat hidup bahagia di dunia dan akherat.  Di dunia ingin agar dimudahkan segala sesuatu dan di akherat mendapat ampunan ALLAH SWT sehingga bisa masuk surga.
     Untuk mencapai keinginan keinginan tersebut ALLAH SWT yang Maha Pemurah dan Maha Penyayang memberikan tuntunan melalui Al Quran dan Hadits melalui perantaraan Rasulullah Muhammad SAW. Yang sampai kepada kita melalui dakwah dan ceramah Islam oleh para Ulama seperti Ustadz Adi Hidayat Lc. MA,  Ustadz Abdul Somad,  Ustadz Yusuf Mansyur,  Aa Gym at5 KH Abdullah Gymnastiar  dan lain-lain.
    Karena sekarang kita sedang berada di bulan Muharram mari manfaatkan momen ini untuk memperbanyak ibadah kepada ALLAH dengan menyempurnakan Amalan Wajib dan ditambah memperbanyak Amalan Sunah,  seperti:
Baca juga

1. Puasa Sunah Asyura dan niatnya

     Asyuro (عشور artinya " sepuluh ").  Pada tanggal 10 Muharram umat Islam disunnahkan untuk melaksanakan puasa sebagaimana disebutkan dalam hadits sbb :


Niat Puasa Asyura
   Niat puasa dibaca ketika waktu maghrib  dengan bacaan sbb :

2. Puasa Tasu'a 

    Tasu'a ( تسوع artinya sembilan) yaitu puasa sunah yang dikerjakan pa5 tanggal 9 Muharram

 Niat puasa Tasu" a
 Niat puasa dibaca ketika masuk waktu maghrib dengan membaca

3. Memperbanyak Sedekah

    Bersedekah adalah amalan yang sangat dianjurkan kepada Muslim karena dengan bersedekah bisa membersihkan harta kita,  sebab pada harta yang ALLAH titipkan kepada ki5 ada hak orang lain.  Juga dengan bersedekah dapat membantu orang lain yang membutuhkan juga bisa menjadi Amal Jariyah yang pahalanya terus mengalir meski kita sudah wafat

Peristiwa Bersejarah di Bulan Muharram

    Sepanjang sejarah Para Nabi semenjak Nabi Adam  AS sampai ke Nabi Muhammad SAW banyak peristiwa penting dan bersejarah yang terjadi di bulan muharram seperti  :
 -  Diterimanya tobat Nabi Adam yang telah melakukan kesalahan yaitu memakan buah yang dilarang oleh ALLAH.
 -  Berlabuhnya bahtera Nabi Nuh di bukit Zuhdi setelah banjir besar yang terjadi di sebagian besar belahan bumi sebagai azab karena banyak manusia yang musyrik kepada ALLAH.
 -   Nabi Ibrahim diselamatkan ALLAH dari siksaan Namrudz dengan cara membakarnya.
 -   Nabi Yusuf dibebaskan dari penjara setelah kasus yang menimpa beliau yaitu difitnah oleh istri seorang pejabat di Mesir.
 -   Nabi Yunus AS keluar dengan selamat setelah berada puluhan hari dalam perut ikan besar yang telah menelan beliau ketika beliau melakukan perjalanan di lautan dengan menaiki sebuah kapal.
 -   Nabi Musa AS selamat dari kejaran Fir'aun dan tentaranya. Beliau selamat karena mukjizat dari ALLAH yaitu dengan cara membelah lautan.
 -   Nabi Ayyub AS sembuh dari mengidap penyakit yang diderita setelah puluhan tahun.
 Penjelasan nama nama bulan dalam kalender Hijriyah bisa anda temukan dalam video ceramah ustadz Adi Hidayat Lc. MA berikut ini

                             

Demikian ulasan tentang keutamaan bulan Almuharrom semoga bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar