Skip to main content

5 manfaat minyak zaitun untuk kesehatan keluarga yang perlu anda ketahui

5 manfaat minyak zaitun untuk kesehatan keluarga yang perlu anda ketahui

       Minyak zaitun atau olive oil adalah minyak yang berasal dari pengolahan buah zaitun. Sebenarnya buah zaitun bisa dimakan langsung mentah ataupun sudah tua.  Tapi kebanyakan orang lebih sering memanfaatkan minyak zaitun karena bisa digunakan untuk berbagai keperluan,  misalnya untuk obat alami atau untuk campuran pada makanan. Terdapat 2 jenis minyak zaitun yang beredar di pasaran,  yaitu
  1. Minyak zaitun biasa 
  2. Extra virgin olive oil 

manfaat minyak zaitun
foto istockphoto
Perbedaan dari keduanya adalah pada pengolahan buah zaitun sampai menjadi minyak.  Untuk kategori minyak zaitun biasa didapatkan dari pengolahan dengan menggunakan panas,  sedangkan untuk kategori extra virgin olive oil didapatkan dari proses pengeposan tanpa menggunakan panas.  Untuk yang biasa lebih cocok dimanfaatkan sebagai pengganti minyak goreng,  sedangkan extra virgin lebih cocok untuk pengobatan.
Baca juga

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan

      Minyak zaitun yang bisa ditemukan di Indonesia adalah diekspor dari negara Australia.  Masyarakat di Indonesia menggunakan minyak zaitun selain untuk tambahan pada makanan juga dimanfaatkan sebagai obat alami untuk mengobati berbagai keluhan penyakit karena kandungan yang ada didalamnya seperti vitamin E,  vitamin K, lemak omega 9, omega 6, omega 3 dan zat besi.  Adapun penyakit yang bisa diobati dengan minyak zaitun atau olive oil ini adalah

1. Khasiat minyak zaitun untuk rambut

       Masalah pada rambut adalah ketombe,  rambut kering,  rambut bercabang,  mudah rontok dan sebagainya.  Bagi anda yang mengalami masalah pada rambut tersebut,  maka bisa memanfaatkan minyak zaitun dengan cara dioleskan pada rambut anda setiap hari.  Karena kandungan vitamin E pada minyak zaitun sangat bagus untuk kesehatan rambut.

2. Khasiat minyak zaitun untuk pria

      Bagi anda pria yang ingin hidup sehat maka disarankan untuk mengonsumsi minyak zaitun sebanyak 9 SDM setiap minggu,  karena sangat bermanfaat untuk menurunkan impotensi,  meningkatkan kadar testosteron, menjaga pembuluh darah tetap sehat,  meningkatkan kinerja sirkulasi darah ke organ vital dan lain-lain.

3. Manfaat minyak zaitun untuk wajah dan cara penggunaannya

      Wajah adalah bagian penting dari tubuh manusia yang erat hubungannya dengan penampilan.  Bagian wajah yang terlihat bersih dan awet muda menjadi dambaan setiap orang terutama kaum wanita.  Minyak zaitun mengandung anti oksidan yang disebut polifenol yang dapat membantu melindungi sel dari kerusakan.  Selain itu terdapat juga zat linoleic yang membantu menghaluskan kulit,  serta vitamin A, C dan E yang bisa menutrisi kulit agar selalu sehat.  Karena itu minyak zaitun dipercaya bisa membantu mengencangkan kulit,  menghaluskan pori pori wajah,  memutihkan wajah,  menghapus make up,  membersihkan jerawat dan lain-lain.  Adapun caranya adalah sebagai berikut : Cuci muka sampai bersih,  Siapkan 1 SDM minyak zaitun,  1 sdt madu,  kemudian dicampur dan diaduk sampai rata,  kemudian oleskan pada seluruh permukaan wajah.  Lakukan pada malam hari atau sebelum tidur.

manfaat minyak zaitun
gambar wanita memakai minyak zaitun

4. Minyak zaitun untuk mencegah dan mengurangi resiko kanker

      Minyak zaitun ( olive oil)  memiliki sifat anti oksidan dan anti inflamasi yang kuat,  karena sistem kerja zat phenolic dan vitamin E,  maka minyak zaitun memiliki khasiat pencegahan penyakit kanker terutama kanker payudara dan kanker kulit.  Caranya dengan mengonsumsi minyak zaitun serta mengoleskan pada permukaan kulit. Disamping itu manfaat lain dari minyak ini adalah bisa memperlancar peredaran darah, mengontrol kolesterol, sehingga bisa mengurangi resiko terkena penyakit jantung atau stroke.

5. Bisa meredakan peradangan kulit

      Misalnya anda terkena luka dan terjadi peradangan,  maka bisa mengoleskan minyak zaitun di bagian kulit tersebut,  karena zat anti inflamasi akan bisa meredakan peradangan. Selain itu bila dikonsumsi secara rutin bisa menjaga kekuatan tulang sehingga terhindar dari penyakit osteoporosis / keropos tulang.

Efek samping minyak zaitun

     Selain beberapa manfaat yang tertulis diatas,  terdapat pula efek samping dari penggunaan minyak zaitun. Karena kandungan zat yang terdapat pada minyak ini bisa memperlancar pencernaan,  maka sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi nya,  karena bisa mengakibatkan anda sering buang air besar.  Karena itu sebaiknya ikuti saran dan petunjuk dari dokter sebelum anda memulai menggunakan minyak zaitun untuk pengobatan.

Cara membedakan minyak zaitun asli dan palsu

      Bagi anda yang ingin membeli minyak zaitun untuk konsumsi atau pengobatan dirumah sebaiknya memperhatikan hal-hal berikut agar olive oil yang anda beli terjamin kualitasnya dan merupakan produk asli bukan palsu
  • Rasa,  minyak zaitun asli mempunyai rasa dan aroma khas buah zaitun,  sedangkan minyak palsu rasanya tidak enak dan bau tengik 
  • Perhatikan tanggal produksi yang terdapat pada kemasan.  
  • Diproduksi oleh negara Australia dan Chile,  karena kedua negara tersebut memproduksi minyak zaitun kualitas terbaik di dunia. 
  • Segel sertifikasi
     Dan itulah beberapa manfaat dari minyak zaitun ( olive oil)  yang bisa disampaikan beserta efek sampingnya semoga bisa menambah referensi obat herbal alami untuk mengobati berbagai penyakit.( referensi dari berbagai sumber).
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar