--> Skip to main content

Bisnis kuliner yang viral di tahun 2020

Bisnis kuliner yang viral di tahun 2020

     Usaha kuliner adalah salah satu bidang usaha yang perlu ditangani secara serius dari awal sampai berkembang.  Juga diperlukan ide kreatif agar bisa terus membuat inovasi makanan yang berbeda dari orang lain. Karena kebutuhan manusia terhadap makanan tidak akan berhenti,  maka usaha di bidang kuliner tentu saja mempunyai prospek yang sangat menjanjikan di masa depan. Tapi mengingat persaingan bisnis pun tidak mudah maka diperlukan strategi yang hebat agar bisnis kita lancar dan menu masakan yang dijual bisa diterima oleh masyarakat dan mempunyai pelanggan setia. Berikut ini adalah panduan/ strategi memulai usaha khususnya di bidang kuliner :
Baca juga

 Tips memulai bisnis kuliner

1. Ide kreatif membuat resep masakan kuliner

    Yang namanya makanan tentu saja tidak akan terhitung jumlahnya. Tapi secara umum dapat dibagi kedalam dua kelompok yaitu
  •  Makanan berat,  seperti nasi,  sayuran,  lauk pauk,  sambal dan lalapan.  
  •  Makanan ringan,  seperti snack,  keripik,  kue kering,  biskuit dan sebagainya. 
      Nah,  bagi anda yang ingin memulai usahanya di bidang kuliner coba pertimbangkan makanan jenis apa yang ingin anda buat dan jual.  Apakah jenis makanan berat,  atau berupa makanan ringan?  Lalu cari tahu tentang makanan apa yang sedang tren saat ini di masyarakat. Bila sudah punya referensi makanan makanan yang sedang digemari maka anda tinggal berkreasi membuat makanan tersebut,  jangan lupa beri sentuhan berbeda pada masakan tersebut agar mempunyai kesana berbeda dan memiliki ciri khas anda sendiri.  Untuk resep masakan sekarang sudah banyak video di youtube,  yang perlu anda lakukan adalah menambah atau membuat desain baru yang berbeda dari makanan yang sudah ada.

bisnis kuliner
foto menu es

2. Sasaran pembeli / target penjualan

      Pikirkan juga target pembeli.  Misalnya anda ingin makanan buatan anda diprioritaskan untuk kalangan remaja,  anak kecil atau orang tua, Atau diprioritaskan untuk pria saja,  atau untuk wanita saja.  Bisa juga anda ingin masakan yang anda buat cocok untuk dinikmati oleh semua kalangan.

3. Lokasi yang strategis

     Bila ide usaha anda modelnya seperti restoran,  warung atau cafe,  maka sebaiknya buatlah tempat yang lokasinya di pinggir jalan agar memudahkan akses bagi orang yang ingin berkunjung ke tempat jualan anda.  Kelebihan lain dari tempat yang berada di pinggir jalan terutama di jalan raya yang banyak dilewati oleh kendaraan adalah anda bisa memasang banner besar dengan nama restoran atau nama cafe anda sehingga dapat dibaca oleh orang yang melintas. Jangan lupa daftarkan lokasi dan nama warung anda tersebut kedalam Google maps agar orang yang belum tahu ke tempat anda bisa menemukan lokasi anda dengan mudah karena bantuan Google maps.

4. Permodalan bisnis kuliner

     Modal adalah bagian penting dari sebuah usaha,  tanpa adanya modal mustahil suatu usaha dapat berjalan.  Modal bisa berupa uang,  peralatan,  tempat dan bangunan.  Jika anda sudah memiliki keempat elemen tersebut maka akan lebih mudah untuk mengembangkan bisnis anda.  Bila mempekerjakan pegawai maka carilah orang yang sungguh sungguh dalam bekerja,  mempunyai loyalitas pada pekerjaan,  rapih dan senang menjaga kebersihan,  dan mempunyai sikap yang ramah kepada setiap orang dan pelanggan.

5. Dekorasi ruangan yang instagrammable

     Bila sudah punya tempat di lokasi yang strategis,  maka selanjutnya buatlah dekorasi ruangan yang semenarik mungkin.  Tentukan konsep yang bagus untuk restoran,  warung atau cafe anda agar bisa membuat pembeli yang datang nyaman dan memiliki tampilan bagus untuk obyek foto ( instagrammable). Anda bisa memakai konsep tradisional misalnya adat sunda,  Jawa,  Eropa,  Indian dan lain sebagainya.  Atau anda bisa menerapkan konsep rumah kartun misalnya Hello Kitty,  barbie,  spiderman dan lain-lain.  Dengan dekorasi ruangan yang keren dan instagrammable maka pengunjung yang datang ke tempat anda akan berfoto kemudian memposting ke akun sosial media mereka.  Dan secara tidak langsung membantu dalam mempromosikan tempat usaha anda.

bisnis kuliner
foto ruangan warung makan

6. Konsistensi rasa masakan

    Rasa adalah hal yang sangat sangat penting dari setiap masakan. Buatlah resep kuliner dengan rasa yang enak dan nikmat saat disantap.  Cobalah memberikan menu baru kepada keluarga atau teman anda untuk dicoba dan meminta pendapat atau testimoni dari mereka.  Lalu anda terima semua masukan dan pendapat orang yang sudah mencoba makanan anda.  Bila mereka komplain soal rasa maka harus segera anda perbaiki.  Dan bila mereka mengatakan kalau rasa makanan yang anda buat sudah enak,  maka selanjutnya anda patenkan resepnya dan terus pertahankan rasanya agar tidak berubah.  Karena bila rasa masakan berubah atau berkurang nilai kualitasnya dikhawatirkan akan membuat pelanggan anda tidak mau lagi membeli makanan di tempat anda.

bisnis kuliner
foto menu ayam bakar madu

7. Promosi / iklan

     Langkah penting selanjutnya yang harus dikelola secara optimal ketika membuat usaha baru adalah promosi.  Promosi adalah " memberitakan sesuatu kepada orang lain dengan tujuan agar orang tersebut mengetahui produk yang dibuat dan tertarik serta mau membelinya ". Untungnya di zaman kemajuan teknologi seperti saat ini kita bisa memanfaatkan sosial media seperti Facebook,  twitter,  instagram,  WhatsApp atau youtube sebagai media promosi.  Promosi dengan media sosial  keuntungannya adalah pertama,  bisa menjangkau ke banyak wilayah dan ke banyak orang,  dan keduanya adalah biaya promosinya sangat murah.  Saya sarankan agar anda memberi nama yang unik untuk setiap makanan yang anda buat agar mudah diingat dan memicu ketertarikan dan penasaran orang.  Contoh nama kuliner unik seperti ' MIE PEDAS JEBREDD',  sebu5 menu makanan dari warnong SI JENONG,  sebuah restoran yang ada di Sukabumi.

bisnis kuliner
mie pedes jebredd

8. Bisa delivery order

     Sedang tren di masyarakat Indonesia dan dunia yaitu memesan suatu barang atau makanan via online kemudian barang/ makanan tersebut diantarkan kepada pembeli dengan pembayaran cash ditempat atau dengan transfer. Kegiatan tersebut disebut ' pesan antar atau delivery order'.  Untuk memaksimalkan layanan atau service kepada konsumen,  maka sebaiknya tempat usaha kuliner anda juga menyediakan jasa delivery order.  Anda bisa join dengan GO-FOOD juga GrabFood.

9. Pantang menyerah dan senantiasa berdo'a

     Setelah semua persiapan diatas dilakukan maka mulailah  usaha anda dan berdo'alah selalu agar setiap usaha anda diberikan kelancaran dan kemudahan dari Allah SWT.  Dan perlu diingat bahwa yang namanya wirausaha terkadang tidak selancar yang diinginkan.  Karena itu harus ditanamkan jiwa pantang menyerah dalam diri anda dan yakinlah bahwa " Kegagalan adalah Kesuksesan yang tertunda ".
     Demikianlah tips dan panduan ( strategi)  memulai usaha/ bisnis baru di bidang kuliner,  semoga bermanfaat dan salam sukses buat anda ! Semoga SUKSES !!! ide bisnis lain lihat di maxmanroe.com

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar