--> Skip to main content

Cara membuat tahu sumedang dan tahu walik yang enak

Cara membuat tahu sumedang dan tahu walik yang enak


cara membuat  tahu sumedang dan tahu walik
foto tahu

     Artikel berikut adalah mengenai usaha produksi tahu walik yang sudah biasa dikonsumsi oleh warga masyarakat. Cara membuat tahu walik ini berdasarkan pengalaman saya pernah bekerja di sebuah pabrik tahu di daerah Sukabumi. Jadi kali ini saya akan menuliskan langkah langkah membuat tahu walik dari bahan dasar sampai jadi lalu siap dikonsumsi atau dijual.  Saya harap anda membaca artikel ini menyeluruh agar tidak ada proses yang terlewat supaya hasil tahu yang dibuat mempunyai kualitas yang bagus.
baca juga bakso pedas raja tega

Proses pembuatan tahu sumedang

      Bagi kebanyakan orang mungkin makanan yang bernama ' tahu' adalah makanan kesukaan yang cocok sebagai lauk saat makan juga enak bila dibuat cemilan. Selain itu,  makanan berbahan dasar kacang kedelai ini juga mempunyai kandungan gizi yang cukup baik untuk kesehatan seperti vitamin,  mineral dan protein. Dengan mengkonsumsi makanan yang berbahan kacang kedelai secara rutin anda akan mendapatkan manfaatnya untuk kesehatan seperti menjaga kesehatan jantung,  mencegah penyakit kanker,  meningkatkan sistem metabolisme tubuh,  menjaga berat badan ideal dan lain-lain.  Adapun cara membuat tahu walik adalah sebagai berikut :

1. Merendam kedelai

     Tahap pertama adalah anda harus merendam kedelai dengan cara memasukkannya kedalam wadah berisi air selama kurang lebih 2 jam.  Langkah ini dilakukan agar kedelai menjadi empuk dan memudahkan saat proses penggilingan.

cara membuat tahu sumedang dan tahu walik
gambar kacang kedelai

2. Membersihkan kulit kedelai

     Setelah direndam selama 2 jam dan kedelai menjadi empuk,  maka anda harus membersihkan nya dengan cara mengupas kulit kedelai dan membuangnya.  Buang juga kotoran kotoran lain yang menempel pada kacang kedelai seperti tanah,  batu kecil,  plastik,  dan sebagainya sampai bersih.  Pisahkan kedelai yang sudah bersih dan tiriskan agar air sisa rendaman terbuang.

3. Menggiling

     Langkah selanjutnya adalah memasukkan kacang kedelai tadi kedalam mesin penggiling.  Pada proses ini biasanya diberi air terus menerus supaya memudahkan penggilingan juga agar hasil gilingan nya berbentuk cairan atau disebut ' santan'.  Biasanya di setiap pabrik tahu disediakan wadah berisi air bersih yang diletakkan diatas mesin giling,  dan pada wadah ini terdapat keran yang mengucurkan air terus menerus ke bagian mesin yang menggiling kedelai tersebut. Jangan lupa letakkan wadah misalnya ember untuk menampung santan hasil gilingan.

4. Proses perebusan

     Setelah didapatkan santan kedelai,  maka anda harus menyiapkan tungku pembakaran atau kompor.  Lalu letakkan wajan atau panci besar diatas tungku tersebut untuk memasak santan kedelai.  Rebus santan sampai mendidih,  dan jangan lupa untuk menambahkan garam dan bumbu lain agar hasil tahu yang dibuat mempunyai cita rasa yang nikmat.

5. Penyaringan

     Selanjutnya siapkan wadah besar untuk menampung adonan tahu,  dan disarankan agar wadah tersebut tidak terbuat dari bahan plastik dan lebih baik bila terbuat dari logam.  Biasanya untuk produksi tahu dalam jumlah yang banyak seperti di pabrik tahu,  membuat bakal khusus untuk menampung cairan kedelai. Jangan lupa letakkan saringan yang terbuat dari kain yang tidak berwarna dan berserat halus untuk menyaring cairan tadi. Jangan gunakan kain saringan berwarna karena bisa luntur dan warnanya masuk ke dalam adonan tahu sebab air yang akan disaring masih mempunyai suhu yang panas. Selanjutnya pisahkan ampas kedelai kedalam wadah yang lain supaya nanti bisa dimanfaatkan untuk membuat oncom.

6. Menambahkan biang tahu

     Biang tahu adalah air yang didapat setelah proses penyaringan sebelumnya yang disimpan dalam wadah tertutup.  Air ini mempunyai rasa yang asam.  Cairan asam inilah yang mempunyai fungsi penting untuk membuat tahu. Jadi cairan tahu yang sudah ditampung tadi kemudian diberi cairan asam ini sedikit sedikit sambil diaduk pelan pelan.  Nanti akan kelihatan gumpalan kecil tahu yang banyak ketika proses ini.

7. Pencetakan / pengepresan tahu

     Lanjut anda siapkan cetakan dari bahan kayu atau plastik berbentuk persegi ukuran 50 cm × 50 cm dengan tinggi sekitar 10 cm, dan berilah lubang lubang di bagian bawah cetakan juga di bagian pinggir nya. kemudian lapisi lagi dengan kain yang mempunyai serat halus dan tidak berwarna pada cetakan tahu tersebut.  Tuangkan cairan yang sudah dicampur dengan biang tahu kedalam cetakan perlahan lahan sampai mencapai tinggi kira kira 8 cm. Setelah itu letakkan tutup cetakan dan diberi batu yang berat supaya menekan tutup cetakan dan membuat air keluar dari lobang disekitar cetakan. Dan biarkan agak lama sampai kandungan airnya habis atau berkurang.  Pada proses ini tahu sudah terbentuk.

8. Pemotongan

     Tahu yang sudah terbentuk kemudian dilepaskan dari cetakan kemudian dipotong sesuai keinginan.  Setelah pemotongan akan didapatkan tahu walik berwarna putih.  Bila ingin membuat tahu walik yang berwarna kuning maka perlu tambahan proses perebusan lagi dengan air panas yang sudah ditambahkan bumbu dan kunyit sebagai bahan pewarna alami kuning.
Baca juga bisnis sayuran

Cara membuat tahu sumedang enak dan renyah krispi

     Selama ini nama tahu sumedang sangat terkenal di masyarakat Indonesia khususnya di pulau Jawa.  Tahu sumedang adalah tahu yang sudah digoreng dengan ciri khas warna luarnya yang kecoklatan dan bagian dalamnya kosong.  Rasa tahu ini sangat gurih dan cocok untuk cemilan dengan ditambah saos pedas atau cabe.  Proses pembuatan tahu ini sangat mudah yaitu hanya dengan menambahkan proses penggorengan dari tahu walik yang dibuat dan dijelaskan diatas.  Tapi syaratnya api yang digunakan untuk menggoreng harus mempunyai suhu yang sangat panas. Supaya hasilnya nanti tekstur tahu menjadi renyah ( crispy)  dan bagian dalamnya kosong.

cara membuat tahu sumedang enak renyah krispi
foto tahu sumedang

      Demikianlah tahapan tahapan proses pembuatan tahu sumedang berdasarkan pengalaman saya di pabrik tahu.  Semoga bermanfaat. Ide lain lihat di cookpad
baca juga bisnis kuliner tahun 2020
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar