Skip to main content

Manfaat daun kelor untuk obat herbal diabetes,kolesterol dan cara mengolahnya

  Manfaat daun kelor untuk obat herbal diabetes, kolesterol dan cara mengolahnya

      Kelor mempunyai nama latin Moringa Oleifera,  adalah sejenis tanaman yang hidup di daerah tropis dan subtropis.  Pohon kelor. dapat tumbuh setinggi 7 - 11 meter.  Kelor disebut juga merunggal.  Penelitian mengenai manfaat kelor sudah dimulai sejak tahun 1980 dan meneliti dari mulai daun,  biji,  kulit dan buah kelor. Berikut ini akan dijelaskan beberapa manfaat kelor.

1. Khasiat daun kelor untuk kesehatan

    Daun kelor adalah bagian dari tanaman yang mempunyai ciri berwarna hijau dan ukurannya kecil.  Meskipun begitu ternyata daun kelor mempunyai antioksidan yang bermanfaat untuk pengobatan penyakit yang berhubungan dengan pencernaan seperti sakit lambang atau luka usus.  Dan cara mengobatinya adalah dengan merebus daun kelor kemudian setelah airnya hangat lalu diminum.

khasiat daun kelor untuk kesehatan
gambar daun kelor

Manfaat daun kelor untuk bayi dan balita 

    Daun kelor memiliki kandungan vitamin C tujuh kali lebih banyak dari jeruk,  vitamin A empat kali lebih banyak dibanding wortel dan kandungan potasium yang tiga kali lebih banyak daripada buah pisang.  Oleh karena itu bayi dan balita yang sedang dalam masa pertumbuhan disarankan untuk diberi asupan olahan daun kelor misalnya dengan dibuat sayur.

Kandungan nutrisi daun kelor 

      Daun moringa olifeira ini ternyata memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh manusia agar terjaga kesehatannya.  Adapun kandungan nutrisinya yaitu vitamin A, vitamin C, vitamin B1,  B2 dan B3, choline,  zat besi,  protein, kalsium dan lain-lain.  Penyakit yang bisa diobati dengan daun kelor      Adapun khasiat dari daun kelor yaitu bisa mengobati berbagai penyakit ringan dan berat seperti gangguin penglihatan karena kekurangan vitamin A, penumpukan lemak pada liver karena kekurangan choline, pendarahan pada gusi dan sariawan karena kekurangan vitamin C,  kulit kering dan pecah pecah karena kekurangan vitamin B2,  obat penyakit jantung,  mencegah kanker,  mengobati diabetes dan kolesterol, meredakan peradangan ( arthritis),  memperlancar pencernaan,  untuk nutrisi pada wajah dan masih banyak lagi khasiat untuk kesehatan.KKarena itulah daun kelor disebut tanaman seribu manfaat.

Cara mengolah daun kelor untuk pengobatan

      Daun kelor memiliki rasa yang netral sehingga bisa diolah untuk obat dengan berbagai cara misalnya dengan dibuat menjadi sayur bening,  caranya menyediakan daun kelor,  jagung,  oyong dan bumbu penyedap kemudian ditambah air dan dimasak sampai matang. Atau bisa juga diolah menjadi teh,  caranya daun kelor yang masih segar dipetik kemudian dibersihkan dengan air lalu dijemur sampai kering.  Kemudian daun yang sudah kering dihaluskan bisa menggunakan blender atau ditumbuk.  Simpan bubuk kelor dalam wadah tertutup.  Bila ingin dipakai makan ambil 2 sendok bubuk daun kelor kemudian diseduh dengan air panas dan diminum bila sudah hangat,  boleh juga ditambahkan madu.  Atau jika ingin cara yang gampang adalah dengan merebus daun kelor segar yang sudah dibersihkan sampai mendidih,  dibiarkan hangat lalu diminum.  Daun kelor yang ingin diolah harus yang masih segar dan berwarna hijau, jangan yang kuning atau kering.

Efek samping daun kelor

      Mengingat bahwa kandungan nutrisi vitamin dan mineral yang baik dan dibutuhkan oleh tubuh,  maka daun kelor tidak mempunyai efek samping.  Jadi anda bisa mengonsumsinya secara rutin asal tidak berlebihan.

2. Manfaat atau khasiat biji kelor

     Selain daunnya,  ternyata biji kelor pun mempunyai manfaat atau khasiat seperti membantu mengobati anemia,  meningkatkan fungsi otak,  obat asma,  obat lambung, menjaga kesehatan hati,  membantu menurunkan kadar gula,  menurunkan kolesterol,  dan menjaga kesehatan jantung.  Cara mengolahnya mudah yaitu pertama membersihkan biji kelor yang masih segar kemudian dimasukkan ke dalam sayur bening.  Biji kelor bisa juga direbus kemudian diminum airnya,  dan juga bisa dijadikan cemilan dengan cara terlebih dulu disangrai atau dipanggang dalam oven.

manfaat dan khasiat biji kelor untuk kesehatan
gambar biji kelor

3. Manfaat pohon kelor

     Kelor atau disebut juga munggai atau marunggai,  selain daun dan bijinya ternyata pohonnya pun mempunyai manfaat yaitu sebagai pohon penghijauan dan pembersih udara dan penghasilan oksigen segar.  Selain itu pohon kelor juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga tekstur tanah dan kestabilan tanah agar tidak mudah longsor terutama di daerah perbukitan.

manfaat pohon kelor
gambar pohon kelor
      Itulah penjelasan mengenai berbagai khasiat dan manfaat daun kelor,  biji kelor dan pohon kelor yang perlu diketahui.  Semoga bermanfaat.
Lihat juga
manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh
√ khasiat minyak zaitun
√ khasiat daun sirsak
Dikutip dari Wikipedia dan berbagai sumber lainnya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar