--> Skip to main content

Manfaat daun sirsak sebagai obat herbal untuk kesehatan dan cara mengonsumsinya agar berkhasiat optimal

Manfaat daun sirsak sebagai obat herbal untuk kesehatan dan cara mengonsumsinya agar berkhasiat optimal

      Sirsak atau nama Latinnya Anona Muricata adalah sejenis tumbuhan yang mempunyai ciri khas batang bercabang dan mempunyai buah yang cukup besar.  Daging buah sirsak berwarna putih dan mengandung banyak air, dan berbiji kecil berwarna hitam.  Manfaat sirsak untuk kesehatan yaitu terdapat pada daun sirsak nya. Bentuk daun sirsak ukurannya sedang dan tekstur permukaannya agak kasar.  Tapi  berdasarkan penelitian ternyata daun sirsak ini mempunyai banyak kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh yaitu vitamin C,  folat,  Kalium,  Kalsium, Tembaga,  zat besi dan magnesium.

manfaat daun sirsak untuk kesehatan
gambar daun sirsak

Khasiat daun sirsak untuk pengobatan

      Sirsak atau orang menyebutnya nangka Belanda,  adalah salah satu tanaman yang banyak dimanfaatkan untuk obat alami ( herbal)  terutama bagian daunnya.  Karena memiliki kandungan nutrisi ideal dan zat zat baik yang dibutuhkan oleh tubuh manusia,  maka daun sirsak sering digunakan untuk mengobati penyakit penyakit berikut ini

1. Mencegah dan mengobati penyakit kanker

    Kanker adalah termasuk penyakit yang berbahaya dan tergolong penyakit yang mematikan selain penyakit jantung.  Penyakit kanker disebabkan oleh pertumbuhan sel yang tidak wajar. Seseorang yang menderita kanker biasanya karena pola makan tidak sehat,  kebiasaan memakan makanan atau minuman yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti pengawet , pewarna buatan, dan pemanis buatan. Penyakit kanker ada beberapa jenis yaitu kanker payudara,  serviks, otak paru-paru dsb. Orang yang terkena penyakit ini akan melemah sistem kekebalan tubuhnya. Dan ternyata daun sirsak dipercaya memiliki zat yang bisa mengurangi pertumbuhan sel kanker.
Baca juga  manfaat daun kelor untuk kesehatan

2. Mengobati penyakit wasir

     Wasir adalah penyakit yang disebabkan peradangan pada bagian anus.  Penyakit ini disebabkan karena pola hidup yang kurang baik,  jarang berolahraga,  kurang minum air putih serta kekurangan asupan vitamin dan mineral.  Orang yang menderita wasir akan merasakan nyeri pada anus karena pembengkakan.  Dan daun sirsak dipercaya berkhasiat mengobati penyakit wasir karena memiliki banyak vitamin dan nutrisi yang bisa mengatasi peradangan.

3. Membuang kolesterol jahat

     Kolesterol adalah zat yang berasal dari makanan berlemak dan berbahaya bagi kesehatan karena bisa mengganggu sistem peredaran darah.  Penyempitan pada pembuluh darah yang disebabkan oleh kolesterol bisa mempengaruhi sistem kerja organ tubuh seperti jantung,  otak,  paru-paru,  ginjal dll.  Penyakit jantung dan stroke adalah disebabkan oleh kolesterol.  Untuk mengatasi kolesterol dan memperlancar peredaran darah,  bisa dengan memanfaatkan daun sirsak sebagai obat herbal.
baca juga khasiat minyak zaitun

4. Mengobati jerawat

    Jerawat adalah benjolan kecil yang muncul pada kulit. Keberadaan jerawat sangat menggangu penampilan terutama jerawat yang tumbuh di bagian wajah.  Wanita biasanya sangat tidak suka bila muncul jerawat di muka.  Jerawat disebabkan pola hidup yang tidak baik,  misalnya jarang membersihkan wajah dengan air bersih,  begadang, mengonsumsi makanan berlemak,  atau akibat penggunaan make up yang tidak cocok dengan kulit wajah.  Daun sirsak ternyata mempunyai khasiat untuk mengobati jerawat.

manfaat daun sirsak untuk kesehatan
gambar wanita berjerawat

5. Mengobati kista ovarium

     Kita atau disebut juga tumor jinak merupakan penyakit yang tidak boleh diabaikan karena bila membesar bisa membahayakan kesehatan tubuh kita.  Kista ovarium hanya terjadi pada wanita.  Karena itu cobalah untuk mengonsumsi olahan daun sirsak untuk pengobatan agar bisa terhindar dari penyakit tadi.

6. Meningkatkan kesuburan

     Bagi wanita atau pria yang sudah menikah pastinya mendambakan kehadiran seorang anak dalam rumah tangga mereka.   Untuk itu mereka akan berupaya untuk meningkatkan kesuburan.  Salah satu caranya bisa dengan meminum olahan daun sirsak.  Daun sirsak juga mempunyai manfaat untuk menguatkan rahim.  Tapi penggunaannya tentu saja perlu dikonsultasikan dengan dokter dulu sebelumnya.
baca juga  khasiat bawang putih

7. Mengencangkan kulit tubuh 

    Seiring bertambahnya usia manusia,  biasanya kulit pun akan berkurang kekencangan nya.  Para wanita terutama Ibu ibu yang sudah melahirkan biasanya ingin  kulitnya kencang kembali supaya terlihat cantik dan awet muda.  Karena itu cobalah mengonsumsi olahan daun sirsak untuk mengatasi problem masalah kulit dan agar menjadi kencang serta tampak awet muda.

8. Melangsingkan tubuh

     Para wanita sangat ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal,  langsing dan tampak cantik.  Biasanya mereka memilih untuk diet.  Tapi kadang kala diet juga bisa berbahaya bagi kesehatan karena tubuh akan kekurangan asupan gizi.  Karena itu ada alternatif lain bagi anda yang ingin memiliki tubuh yang langsing yaitu dengan cara meminum ramuan yang berasal dari daun sirsak.

Cara mengolah daun sirsak untuk obat alami

     Untuk mendapatkan hasil maksimal seperti yang diharapkan,  maka mengolah daun sirsak tidak boleh sembarangan dan harus dilakukan dengan baik.  Contohnya sebagai berikut :
  • Siapkan 5 - 7 lembar daun sirsak yang sudah kering.  Daun sirsak ini diperoleh dengan cara memetik daun sirsak segar yang berkualitas bagus kemudian dikeringkan dengan cahaya matahari.  
  • Siapkan satu liter air bersih 
  • Masak air menggunakan panci sampai mendidih 
  • Masukkan daun sirsak lembar perkembangan,  sambil api pada kompor dikecilkan 
  • Biarkan proses perebusan ini sampai memakan waktu 10  - 20 menit lalu matikan kompor.  
  • Masukkan air rebusan tadi kedalam gelas.  Bila sudah dingin makan bisa langsung diminum.  
  • Sebaiknya meminum air tersebut 30 menit sebelum makan.  

Efek samping dari mengonsumsi  daun sirsak

       Selain beragam manfaat daun sirsak untuk kesehatan yang sudah dijelaskan diatas,  ternyata tidak lepas dari  efek samping apalagi bila dikonsumsi secara berlebihan dan tanpa konsultasi dengan pakar kesehatan seperti dokter atau perawat.  Efek samping dari daun sirsak adalah mengenai ginjal,  hati dan sistem saraf. Karena itu bagi anda yang sedang menjalani perawatan karena penyakit diabetes, gangguan ginjal,  gangguan hati dan memiliki kadar trombosit yang rendah sebaiknya tidak mengonsumsi daun sirsak atau suplemen yang berasal dari daun sirsak.
       Itulah penjelasan mengenai manfaat daun sirsak,  cara mengolahnya,  disamping efek samping yang harus diperhatikan pula sebelum mengonsumsinya.  Semoga bermanfaat. ( dikutip dari berbagai sumber).
Baca juga  bawang putih dan beragam khasiatnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar