Skip to main content

Peluang bisnis pakaian yang menjanjikan di tahun 2020

Peluang bisnis pakaian yang menjanjikan di tahun 2020

      Apakah anda seorang karyawan pabrik yang ingin mencoba berwirausaha dalam bidang pakaian ?  Dan anda mencari informasi tentang hal-hal yang dibutuhkan untuk memulai usaha?  Maka alangkah baiknya anda membaca artikel ini sampai tuntas agar dapat menjadi panduan dalam berbisnis pakaian ( konveksi).  Selamat membaca !
      Bisnis dalam bidang pakaian / fashion dapat dibagi kedalam tiga kelompok,  yaitu :
1. Penjual bahan pakaian dan perlengkapan pakaian
2. Pembuat baju ( produsen)
3. Penjual pakaian jadi
Sekarang akan saya jelaskan satu persatu agar nantinya bisa menjadi pertimbangan bagi anda,  diantara ketiga kelompok tersebut manakah yang anda pilih dan akan dikelola bisnisnya.
Baca juga

1. Usaha / bisnis menjual bahan pakaian

      Coba perhatikan di lingkungan daerah kota tempat anda tinggal,  apakah banyak terdapat orang yang membuka usaha menjahit baju, taylor atau konveksi  ? Bila jumlahnya banyak, maka itu merupakan peluang bagi anda untuk membuka usaha dengan menyediakan dan menjual bahan kebutuhan menjahit. Terdapat banyak jenis bahan pakaian ( tekstil)  yang biasa digunakan,  seperti bahan combed untuk membuat kaos,  katun untuk membuat kemeja,  denim untuk jaket dan celana jeans, dan masih banyak lagi jenis bahan lainnya. Untuk menjual bahan bisa dengan dijual kiloan atau pertanyaan meter, juga per rol.  Selain itu anda juga bisa menjual perlengkapan menjahit dan aksesoris busana seperti resleting,  kancing,  benang,  jarum,  karet dan lain-lain.  Carilah tempat yang strategis atau di pinggir jalan untuk membuat toko,  jangan lupa untuk memasang banner yang dapat dilihat oleh orang orang yang melintas dan buatlah promosi di media sosial seperti Facebook,  twitter atau instagram.

bisnis pakaian
foto toko kain

2. Penjahit baju atau bisnis konveksi pakaian

     Ide bisnis dalam bidang pakaian selanjutnya adalah penjahit / tqylor juga konveksi. Profesi sebagai penjahit sangat menjanjikan karena kebutuhan setiap orang terhadap pakaian setiap tahun terus meningkat,  dan selalu ada desain baru yang bermunculan setiap bulan.  Syarat untuk menjadi penjahit agar bisa mempunyai banyak pelanggan adalah :
  •  Bisa membuat segala model baju,  seperti kaos,  kemeja,  gamis,  seragam sekolah,  celana panjang dan pendek, seragam kantor,  almamater dan sebagainya.  
  •  Kualitas jahitannya rapih,  dengan hasil jahitan yang baik dan model yang bagus,  maka klien pun akan merasa puas serta memunculkan kepercayaan kepada si penjahit.  Dengan begitu orang yang memesan baju tersebut akan menjadi langganan dan selalu berkunjung ke tempat anda untuk membuat pakaian lagi.  
  •  Tepat waktu,  bila anda menjahit pakaian dengan cepat selesai dan tepat waktu sesuai permintaan pelanggan,  maka akan membuat pelanggan menjadi puas dan menganggap anda sebagai seorang penjahit profesional. 
     Konveksi adalah sebuah usaha untuk memproduksi pakaian dalam jumlah yang banyak dan mempunyai karyawan lebih dari dua orang serta  menggunakan banyak mesin jahit.  Biasanya konveksi mendapat pesanan dari toko toko pakaian atau grosir contohnya di Pasar Tanah Abang, Tidak hanya memproduksi pakaian,  konveksi juga membuat sprei,  sarung bantal,  guling,  gorden dan lain-lain tergantung pesanan dari toko atau pasar.

contoh bisnis pakaian
foto konveksi

3. Penjual pakaian jadi

     Bila anda tidak mempunyai kemampuan menjahit atau mengelola konveksi maka cobalah profesi dalam dunia pakaian berikutnya yaitu menjadi penjual pakaian jadi.  Untuk profesi ini bisa anda lakukan dengan tiga metode,  yaitu :
  •  Membuka toko pakaian 
  •  Berjualan keliling 
  •  Jualan online / online shop.
Dari ketiga cara berdagang diatas,  masing-masing mempunyai kelebihan juga kekurangan.  Berikut ini adalah ulasan mengenai kelebihan dan kekurangannya
Baca juga

Membuka toko pakaian konvensional  ( offline)

Kelebihannya :
1. Bisa memajang bermacam macam baju,  sehingga mampu menarik perhatian orang lain.
2. Bertatap muka langsung dengan pembeli sehingga bisa mengobrol dan berkenalan.
3. Pembeli bisa langsung melihat model pakaian,  kualitas jahitan serta bahan yang digunakan,  karena kalau dari online shop hanya melihat gambar,  jadi tidak tahu kualitas pakaian secara real.
Kekurangannya :
1. Membutuhkan modal besar untuk membuat toko atau menyewa toko,  juga menyediakan baju baju yang banyak jumlahnya
2. Keterbatasan waktu, maksudnya anda harus selalu menunggui toko.  Berbeda dengan jualan online yang bisa dikerjakan kapanpun dan dimanapun.

contoh bisnis pakaian menjual baju
gambar toko baju

Berjualan keliling 

Kelebihannya :
1. Mempunyai peluang terjual lebih besar karena bisa menjangkau banyak lokasi untuk menemui calon pembeli.
2. Bisa tahu keinginan orang lain model fashion yang disukai dan yang sedang tren.  - Bisa menjual cash atau kredit.
Kekurangannya
1. Tidak bisa membawa barang yang banyak
2. Bila musim hujan penjualan akan terhambat karena tidak bisa berkeliling karena takut baju bajunya basah.

Berjualan online

 Kelebihannya
1. Tidak menggunakan banyak modal,  hanya kuota untuk bisa aktif internetan saja
2. Bisa menjangkau banyak wilayah,  didalam negeri maupun di luar negeri - Tidak terbatas oleh tempat dan waktu,  karena bisa posting pakaian yang dijual dan bertransaksi dengan calon pembeli kapanpun dan dimanapun
3. Bisa menjadi dropship,  yaitu anda bisa bekerja sama dengan orang lain untuk ikut mempromosikan pakaian.
Kekurangannya
1.Tidak mengetahui kualitas barang secara langsung,  karena hanya melihat dari foto
2. Model pakaian bisa ditiru oleh orang lain.
     Berdasarkan pembahasan diatas,  mungkin sekarang anda sudah mempunyai gambaran tentang bagaimana anda memulai bisnis pakaian,  apakah ingin menjadi produsen seperti menjadi taylor atau mengelola konveksi baju,  atau ingin menjadi distributor atau penjual pakaian baik dengan cara konvensional seperti membuka toko baju atau ingin memanfaatkan internet dengan cara membuat online shop di marketplace seperti Shopee,  Tokopedia,  lazada dan lainnya.  Bila sudah mengambil keputusan ingin jadi apa,  maka selanjutnya adalah anda menyiapkan mental anda untuk pantang menyerah dan terus berusaha sampai bisnis pakaian anda sukses dan bisa punya omzet pernah bulan hingga ratusan juta rupiah.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar