Skip to main content

Peluang usaha sendal jepit dan cara membuat sandal jepit

Peluang usaha sendal jepit dan cara pembuatan sandal jepit

usaha rumahan membuat sendal jepit
sumber :  m.bukalapak. com

         Sendal jepit adalah salah satu bagian fashion  jenis alas kaki yang pasti semua orang tahu. Alas kaki jenis ini sangat digemari oleh semua kalangan,  dari mulai anak kecil, remaja sampai dewasa, pria ataupun wanita. Sandal jepit terbuat dari karet atau karet sintetis atau spons. Sejarah terciptanya sandal jepit adalah berasal dari bangsa Jepang sekitar abad ke 19. Kemudian mulai dikembangkan di Amerika pada abad ke 20 dan akhirnya menyebar ke Asia dan seluruh dunia. Bagi anda yang sedang mencari ide usaha,  mungkin berjualan sendal jepit bisa jadi pertimbangan.

Ciri khas sendal jepit 

1. Tali huruf Y

      Sendal jepit mempunyai ciri khas yang membedakan dari alas kaki lain seperti sepatu kets, boot, kenip dan lainnya. Dengan ciri khas talinya yang berbentuk huruf Y . Fungsi tali ini adalah sebagai bagian yang ditopang oleh kaki supaya sendal terangkat dan bagian depan tali sendal untuk dijepit oleh ibu jari kaki dan telunjuk kaki.

2. Alas sendal

    Ciri khas lain dari sendal jepit adalah alas bagian atas juga bagian bawah bentuknya rata atau tidak memiliki hak tinggi seperti sepatu.  Tapi terkadang alas bawahnya dibuat garis garis atau bergelombang dimaksudkan agar bisa membuat gesekan saat berjalan sehingga tidak terpeleset saat berjalan di jalan yang licin.

3. Dipakai di acara santai

      Sendal jepit biasanya dipergunakan didalam rumah,  di luar rumah dan waktu santai.  Alas kaki ini tidak dipergunakan untuk acara acara resmi seperti ke kantor atau ke sekolah karena terkesan kurang rapih.  Juga tidak dipakai untuk berolahraga karena tidak efisien saat bergerak,  berlari,  bersepeda dan kegiatan olahraga lainnya.

Bisnis sendal jepit untuk dijual

      Selama ini kita mengenal merk merk sendal jepit seperti sendal swallow,  Nike,  ardilles,  Skyway dan lain-lain yang diperjualbelikan di toko toko atau marketplace online seperti lazada,  Shopee,  Bukalapak dan sebagainya.  Tapi ternyata di negara Indonesia ada satu daerah yang rata rata penduduknya bekerja membuat sendal jepit. Tepatnya di kampung Bantarkaret,  kecamatan Cicantayan kabupaten Sukabumi terdapat sentra UMKM pembuatan sendal jepit.  Hampir 50 % penduduk di wilayah ini memproduksi sendal jepit di rumah baik perorangan atau berkelompok ( home industri).  Kebanyakan sandal jepit yang diproduksi disini berbahan baku dari spons dengan beraneka model,  gambar dan bermacam warna warni. Tidak seperti sandal Adidas yang kebanyakan berbahan dasar karet elastis.

usaha rumahan membuat sendal jepit
sandal jepit hermes Rp 5,2 juta,  sumber  tribun.  com

  Cara membuat sandal jepit

     Di sentra produksi sendal jepit di bantarkaret ini semua proses dikerjakan di tempat dari mulai bahan mentah sampai jadi dan siap dijual atau dipakai.  Adapun langkah langkah membuat sendal jepit adalah sebagai berikut :
Lihat juga

1. Membuat desain

      Tahap pertama membuat sandal jepit adalah menentukan desain sendal yang sedang disukai oleh orang orang dan sesuai permintaan pasar dan sesuai keinginan konsumen. Desain sendal contohnya gambar kartun seperti karakter kartun frozen,  gambar doraemon,  SpongeBob dan lain-lain.  Tersedia juga gambar karakter olahraga,  tim sepak bola seperti arsena8,  chelsea,  manchester united dan sebagainya. Atau desain sendal dibuat sederhana polos warna hitam saja,  biru dan merah dsb.

2. Penyablonan

     Setelah desain sendal ditentukan,  dilanjutkan ke proses penyablonan menggunakan bahan sablon khusus sendal dan sablon untuk tekstil.  Proses penyablonan ini dikerjakan secara manual oleh pekerja dan perajin sendal di Bantar karet.

3. Pemotongan / cutting

     Tahapan selanjutnya yaitu pemotongan bahan tadi sesuai dengan pola dan ukuran serta size dan nomor sendal dari ukuran Medium,  L,  dan XL.

4.. Pelapisan bahan

     Bahan yang sudah di sablon biasanya hanya satu lapis yaitu dibagian alas atas saja.  Selanjutnya bahan digabungkan dengan lapisan untuk alas bawah yang dibuat garis garis atau bentuk lain yang berfungsi sebagai peredam atau penahan agar tidak terpeleset ketika dipakai di permukaan jalan yang licin. Proses penggabungan lapisan ini menggunakan lem perekat untuk menempelkan nya.

5. Pemberian lubang dan pemasangan tali

     Pada tahap ini adalah langkah  terakhir (finishing) dari proses pembuatan sendal jepit yaitu pelubangan dan pemasangan tali.  Setelah sandal dipotong dan dihaluskan bagian tepi nya agar halus,  lalu bakal sendal jepit ini dilubangi sebanyak tiga buah yaitu 1 lubang di depan kemudian 2 lubang lagi terletak di bagian tengah berdampingan kiri dan kanan.  Proses pelubangan ini menggunakan alat khusus atau mesin lubang. Setelah itu baru setiap sendal dipasangi tali yang berbentuk huruf " Y" dan sendal dipisahkan sesuai ukuran,  motif dan berpasangan sebelah kiri dan kanan.

6. Quality control dan pengemasan

      Sendal jepit yang sudah jadi kemudian diperiksa kualitas nya dan bila ada yang kurang bagus maka akan dipisahkan untuk diperbaiki ( reject).  Lanjut ke proses packing atau pengemasan yaitu sendal jepit yang termasuk kategori baik akan dibungkus dalam plastik bening dan diberi nama atau label.
       Itulah informasi tentang usaha rumahan atau home industri dan UMKM yang ada di sukabumi yang spesial memproduksi bermacam-macam sendal jepit dengan kualitas bagus dan mampu bersaing dengan merk merk lain.  Semoga bermanfaat dan bisa jadi inspirasi untuk anda yang ingin memulai bisnis fashion seperti membuat sendal contohnya.  Yang penting tetap semangat dan terus berusaha. Anda bisa membeli sendal jepit di Shopee,  Bukalapak,  lazada dan lain-lain.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar