Skip to main content

√ Resep membuat baso aci enak kuah pedas mudah rekomendasi koki

√ Resep membuat baso aci enak kuah pedas mudah rekomendasi koki


resep baso aci
gambar cookpad
      Bila membahas kuliner dan resepnya maka tidak akan habis.  Setiap hari ada saja menu makanan baru yang dibuat. Hal ini semata-mata dilakukan untuk memenuhi kebutuhan manusia akan makanan dan variasi makanan agar tidak menimbulkan rasa bosan dengan jenis kuliner yang itu itu saja. Entah untuk makanan berat atau cemilan selalu saja muncul inovasi baru berkat kreativitas para koki atau chef dan orang orang yang bergelut dalam usaha kuliner contohnya pengusaha bakso.
      Mungkin sebagian orang hanya mengenai baso yang terbuat dari campuran daging sapi dan tepung serta bumbu yang umum dijual oleh pedagang keliling dan warung bakso.  Tapi saat ini ada menu baru yang tidak kalah nikmat dengan bakso daging sapi.  Makanan ini berbahan dasar tepung tapioka  ( aci)  sehingga dikenal dengan nama ' baso aci'. Umumnya resep baso aci adalah berbentuk bola bertekstur kenyal dan diberi bumbu kacang.  Tapi seiring perkembangan dalam dunia kuliner,  dibuatlah variasi rasa misalnya baso aci pedas,  baso aci asam manis,  baso aci keju dan sebagainya.  Kali ini akan kami sajikan resep baso aci kuah pedas berikut cara membuatnya.

Resep baso aci kuah pedas yang enak rekomendasi

      Bagi anda yang ingin membuat baso aci sendiri di rumah maka persiapkan bahan bahannya dan ikuti cara membuat baso aci langkah demi langkah.  Kalau begitu mari kita mulai
Baca juga cara membuat tahu walik dan tahu sumedang

Bahan baso aci 

  • 250 gram atau seperempat kilo tepung tapioka / aci 
  • 125 gram tepung terigu 
  • 6 buah tahu sumedang  
  • 8 siung bawang putih dihaluskan 
  • 4 gelas air putih atau bila kurang boleh ditambah 
  • Penyedap rasa ayam atau rasa sapi.  

resep baso aci
bumbu baso aci

Bumbu untuk kuah pedas 

  1. 4 siung bawang merah 
  2. 6 siung bawang putih 
  3. 10 buah cabai rawit 
  4. 5 buah cabai merah keriting 
  5. gula pasir secukupnya 
  6. garam secukupnya 
  7. 5 lembar daun jeruk 

Cara membuat bakso aci

  • Masukkan air kedalam panci atau ketel,  lalu tambahkan bawang putih halus,  penyedap rasa dan garam,  biarkan sampai air mendidih.  
  • Campurkan tepung tapioka dan terigu,  usahakan harus tercampur rata. Lalu tuangkan air rebusan yang masih panas tadi sedikit demi sedikit dan sambil diaduk sampai didapatkan tekstur adonan yang bisa dibentuk.  
  • Bentuk adunan sesuai selera,  misalnya berbentuk bulat atau lonjong.  Bisa juga sebagai variasi anda memasukkan adonan kedalam tahu.  
  • Siapkan wajan dan masukkan minyak goreng dalam jumlah banyak,  lalu masukkan adonan yang sudah berbentuk kedalam minyak yang masih dingin.  
  • Nyalakan api besar dan goreng baso sampai matang kemudian tiriskan.  
  • Haluskan bumbu bawang merah,  bawang putih dan cabe,  lalu tumis dengan menambahkan minyak secukupnya.  Tambahkan air,  garam,  gula dan daun jeruk kedalam kuah.  Masak sampai mendidih dan beraroma wangi.  
  • Masukkan baso aci yang sudah digoreng dan baso tahu.  Masak sampai baso terlihat mengambang. Angkat dan sajikan. 
 Baca juga bakso pedas
     Demikianlah resep baso aci kuah pedas yang nikmat disertai cara membuatnya. Baso aci ini bisa anda sajikan baik dalam musim panas atau musim dingin,  sama enaknya. Terima kasih atas perhatiannya dan selamat menikmati.( sumber :  merdeka.com, gambar pinterest) untuk resep baso / bakso aci lainnya bisa dilihat di cookpad.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar