Skip to main content

Tips bisnis jualan daging segar di desa peluang bisnis tahun 2020

Tips bisnis jualan daging segar di desa peluang bisnis tahun 2020

      Bagi anda yang ingin merintis suatu  bisnis atau  usaha lalu sedang mencari inspirasi usaha yang mempunyai peluang besar dan menjanjikan untuk jangka panjang,  saya berikan satu referensi untuk anda yaitu berjualan daging.  Untuk jenis daging yang dijual bisa apa saja,  misalnya daging ayam,  daging kambing,  daging sapi atau daging kerbau.  Anda bisa mengkhususkan jualan anda hanya daging ayam saja,  atau daging sapi saja,  atau daging kambing saja.  Tapi anda juga bisa menjual dua jenis daging di tempat jualan anda misalnya menjual daging kambing dan sapi atau daging sapi serta daging kerbau. Berikut ini akan dijelaskan mengenai keuntungan dan kerugian dari usaha jualan daging.

bisnis jualan daging
foto pembeli di kios daging

Baca juga

Keuntungan bisnis jualan daging segar

 1. Peluang bisnis besar 

    Kebutuhan masyarakat akan daging untuk konsumsi setiap hari cukup besar karena memang daging yang termasuk kategori lauk pauk adalah termasuk kebutuhan pokok manusia selain nasi,  sayuran dan buah-buahan. Menurut PKH ( Peternakan dan Kesehatan Hewan) konsumsi daging dalam negeri untuk tahun 2019 mencapai 712.893 tonton daging sapi.  Nilai ini sangat besar dan disisi lain merupakam kesempatan dan peluang bagi anda yang ingin berbisnis jual beli hewan seperti sapi,  kambing atau ayam,  dan anda yang ingin usaha berjualan daging.

2. Penjualannya mudah

     Selain untuk dikonsumsi dirumah bersama keluarga,  banyak juga orang yang memiliki usaha dengan menjual produk hasil olahan daging.  Tentu saja hal tersebut akan memudahkan bagi anda dalam memjual daging yang anda jual karena mereka akan membeli daging dari anda setiap hari untuk kebutuhan jualannya.  Contoh usaha yang memakai daging sebagai bahan pokok dagangannya seperti tukang bakso, penjual mie ayam, penjual ayam bakar, tukang sate,  penjual ayam goreng dan lain-lain

bisnis jualan daging
bakso daging sapi

3. Tidak memerlukan tempat yang luas

    Keuntungan lainnya dari usaha jualan daging adalah anda tidak perlu mempunyai tempat berjualan yang luas,  karena dengan memanfaatkan lahan didepan rumah dengan ukuran 2 meter × 2 meter saja sudah cukup untuk berjualan.  Atau juga anda bisa memasarkan daging berkeliling menggunakan sepeda atau motor.  Berbeda dengan usaha rumah makan atau warnet yang memerlukan tempat yang cukup luas untuk usaha,  berjualan daging bisa lebih simple.

bisnis jualan daging
foto kios daging segar

Kerugian/ kendalanya

      Selain keuntungan atau kemudahan dalam usaha jualan daging,  ada pula kerugian yang harus dipertimbangkan meskipun sedikit seperti

1. Bau

     Daging identik dengan bau amis.  Jadi bagi anda yang ingin berjualan daging di kios atau dengan berkeliling harus memperhatikan hal ini serta mencari solusi agar bau amis dari daging bisa diminimalisir dan tidak mencemari lingkungan sekitar.  Misalnya dengan menyediakan es batu ditempat daging.

2. Harganya tidak stabil

     Harga daging di pasaran dipengaruhi banyak faktor seperti
  • Jumlah hewan ternak,  bila hewan seperti sapi,  atau ayam jumlahnya banyak biasanya harga daging akan murah.  Namun bila hewan tersebut jumlahnya sedikit atau langka maka harga daging akan mahal.  
  • Harga BBM,  untuk menentukan besarnya harga biasanya diperhitungkan pula berapa ongkos distribusi dari peternakan hewan sampai ke pasar.  Tentu saja hal ini akan berkaitan dengan harga BBM di pasaran.  Bila harga BBM naik maka ongkos distribusi akan naik dan harga daging otomatis akan ikut naik.  
  • Cuaca,  faktor cuaca mempengaruhi kesehatan hewan ternak dan proses distribusi.  Bila hewan banyak yang sakit tentu mengurangi jumlah pasokan dan membuat daging menjadi langka sehingga mengakibatkan harga daging jadi naik.  Lalu proses distribusi yang terkendala oleh cuaca pun bisa mempengaruhi jumlah pasokan daging yang berakibat pada harga daging.  
  • Kurs rupiah,  nilai tukar rupiah juga merupakan salah satu faktor ditentukannya harga daging,  terutama bila hewan tersebut adalah berasal dari luar negeri misalnya sapi impor dari Australia.  

3. Rawan busuk 

     Daging yang lebih dari setengah hari dibiarkan bisa berubah menjadi busuk.  Tapi hal ini bisa diatasi dengan anda memasukkannya ke dalam mesin pendingin atau freezer.

  Persiapan bisnis jualan daging

     Berikut ini adalah daftar alat-alat yang harus anda sediakan bila ingin usaha jualan daging serta fungsinya
  1. Freezer,  fungsi freezer adalah sebagai tempat penyimpanan stok daging agar awet dan tidak cepat busuk.  
  2. Pisau atau golok,  berfungsi untuk memotong daging sapi atau ayam 
  3. Talenan,  fungsinya sebagai alas ketika memotong daging sapi atau ayam.  Talenan umumnya terbuat dari bahan kayu.  
  4. Kiloan,  fungsinya untuk menimbang daging yang dijual atau dibeli.  
  5. Kantong plastik,  sebagai wadah menyimpan daging yang dibeli oleh konsumen.  
  6. Meja,  untuk meletakkan daging yang dijual.  
  7. Mesin pencabut bulu ayam ,  fungsinya untuk membersihkan bulu ayam yang sudah dipotong

Faktor pendukung bisnis jualan daging

 Rekanan atau mitra bisnis

      Seperti halnya bisnis yang lain,  dalam usaha jualan daging pun anda harus memperoleh rekanan atau mitra terutama penyedia ayam atau sapi,  sehingga anda nantinya akan mudah untuk mendapatkan hewan tersebut untuk anda jual dagingnya.  Rekanan bisnis ini bisa dari peternak lokal,  kelompok peternak atau broker.  Jalin hubungan yang baik dengan mereka agar pasokan hewan terus lancar dan usaha anda jadi maju.

Kebersihan

     Bagi anda yang berjualan daging di kios ataupun berkeliling maka penting untuk menjaga kebersihan daging,  peralatan dan tempat.  Karena bila bersih akan menimbulkan kepercayaan pembeli terhadap kualitas daging yang dijual.

Konsisten berjualan

     Usahakan untuk berjualan setiap hari karena dengan begitu pembeli akan tahu dan akan menuju ke tempat anda saat ingin membeli daging.

Kualitas daging

      Sediakan hanya daging yang masih segar dan bila ada daging yang sudah tidak bagus lagi sebaiknya dipisahkan dan dibuang.  Dengan begitu orang tidak akan ragu untuk belanja di tempat anda.
       Itulah panduan bagi anda yang memiliki minat usaha khususnya jualan daging,  semoga bisa membantu dan menjadi referensi. Ide bisnis lainnya kunjungi maxmanroe.com
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar