--> Skip to main content

Tips memanggang daging sehat dan rendah kalori


daging panggang steak

Tips memanggang daging sehat dan rendah kalori

"Menjaga kesehatan lebih baik daripada mengobati. " Setujukah anda dengan kalimat tersebut?
      Setiap orang tentunya berkeinginan hidupnya sehat. Seumpama kita adalah seorang milyuner memiliki uang milyaran tentu yang kita bayangkan adalah jalan jalan keliling dunia dengan pesawat pribadi, lalu makan masakan dari restoran di hotel bintang lima dan sebagainya. Tapi bila anda sakit apakah keinginan tersebut bisa diwujudkan? Sepertinya tidak, mungkin yang ada hanyalah berbaring di ranjang rumah sakit dan makan makanan pun dibatasi.
      Mengapa artikel ini diberi judul Tips Memanggang daging sehat  ? Karena menurut  Yayasan Kanker Amerika bahwa terdapat zat yang diberi nama Hetericyclic Amines (HCAs) dan Polycyclic aromatic hidrocarbons (PAHs) yang bisa muncul akibat proses ppemangganga,  baik pemanggangan ikan, daging sapi,  kambing atau babi. Zat-zat tersebut ternyata berpotensi meningkatkan resiko penyakit kanker.Zat zat tersebut terbentuk akibat suhu tinggi dan cairan lemak juga daging yang terpanggang dan menjadi asap.
      Kabar baiknya adalah zat zat berbahaya tersebut bisa dihindari atau tidak akan muncul dengan melakukan beberapa tips dan trik yang harus anda praktekkan sebelum dan pada saat proses memanggang.

Tips mudah memanggang daging sehat 

1. Jangan panggang daging sepenuhnya. Maksudnya adalah daging yang akan dipanggang sebaiknya dimasak dulu menggunakan microwave sampai matang.  Baru setelah itu anda bisa memanggang nya sebentar saja supaya memperoleh tekstur panggangan saja.
 2. Marinade daging sekitar 30 menit menggunakan bahan makanan yang mengandung asam seperti jus lemon atau cuka.
marinade daging

3. Panggang daging dalam porsi kecil.  Contohnya adalah masakan kebab yang berisi daging dan sayuran karena  sayuran dapat mengurangi resiko penyakit kanker.
4. Disarankan supaya tidak memakan bagian yang gosong.
5. Bolak-balik daging

Cara memanggang daging barbeque 

daging barbeque

  • Panaskan panggangan terlebih dahulu hingga medium heat. 
  • Baluri daging  menggunakan minyak olive  oil sebelum dibumbui dimaksudkan agar kelembapan alami dari daging dapat terkunci karena minyak olive oil tersebut. 
  • Daging yang berukuran besar dan tebal dibolak balik sesekali.  
  • Apabila daging telah diangkat maka sebaiknya didiamkan sejenak supaya  kelembapan alami daging bisa rata baru setelah itu daging dipotong potong sesuai selera.  

Cara memanggang daging dengan teflon 

memanggang daging di teflon

  1.  Potonglah daging agak tebal. berukuran 2,5 cm atau lebih, supaya nanti terbentuk lapisan luar yang cantik tapi bagian dalamnya berwarna merah muda,tidak kering dan juicy.  
  2.  Bubuhkan garam pada daging sekitar 30 menit sebelum dipanggang dan diamkan daging tadi di suhu ruangan. Trik ini bisa membuat tekstur daging jadi lembut dan lembab sebelum dipanggang.  
  3.  Pemberian lada dilakukan setelah daging matang.Karena bila dimasukkan pada saat pemasakan bisa membuat gosong pada daging. 
  4.  Olesi wajan teflon dengan 1 hingga 2 sendok minyak goreng. 
  5.  Masukkan daging ke dalam wajan dan panggang daging sambil sesekali dibalik.  
  6.  Ketika steak hampir matang tambahkan mentega dan bumbu.  Setelah itu angkat steak sebelum matang karena proses pematangan sempurna akan terjadi di luar pemanggang.  
  7.  Bungkus daging dalam alumunium foil selama kurang lebih 5 menit setelah itu daging siap disajikan. 

Cara memanggang daging sapi ala Korea ( bulgogi) 

daging bulgogi

  1.  Parut jahe dan bawang putih kemudian campurkan minyak wijen, kecap asin dan bumbu penyedap satujan dalam wadah lalu aduk rata. 
  2.  Daging sapi direbus sampai mendidih kemudian tiriskan.  Setelah itu daging diiris tipis. Sebaiknya daging mentah jangan dicuci dulu karena proses pencucian bisa merusak tekstur daging tersebut. 
  3.  Masukkan daging kedalam wadah yang berisi bumbu tadi dan aduk aduk.
  4.  Siapkan pemanggang dan bara api kemudian panggang daging sambil sesekali dibalik. 
  5.  Angkat daging yang hampir matang dan taruh di piring, taburi wijen putih yang sudah disangrai juga bawang daun yang telah dipanggang. Masakan bulgogi siap disantap. 

Cara memanggang daging di oven listrik

memanggang daging di oven listrik

      Bila anda ingin cara yang praktis bisa mencoba memanggang daging menggunakan oven listrik. Hanya saja anda harus bisa mengatur waktu dan suhu oven, karena waktu dan suhu oven yang dipakai akan berbeda beda tergantung jumlah daging dan tergantung ketebalan daging. Untuk proses  lainnya sama saja.

Cara memanggang daging agar empuk

     Bagaimana perasaan anda ketika  menyantap daging yang terlihat enak tapi ternyata alot ?  Kecewa pastinya. Memanggang daging tidak bisa asal asalan,  karena kita harus mengatur suhu yang baik saat memanggang juga proses membolak balik daging harus merata dan tidak gosong.

Teknik grill daging

grill daging

     Teknik grill daging adalah proses memasak daging dengan cara dipanggang dengan bantuan alat-alat seperti oven,  wajan datar atau teflon atau terkena bara api langsung seperti membuat steak.  Berbeda dengan memasak daging dengan teknik barbeque yang cara memasak daging dengan cara api tidak langsung dan pengasapan yang membutuhkan waktu yang lama diatas 3 jam disertai pelumuran bumbu berulang ulang selama pengasapan.  Walaupun lama proses masaknya tapi anda bisa memperoleh tekstur yang lembut dan lebih kaya rasa.

Tips agar alat pemanggang tidak lengket

alat pemanggang daging

     Mungkin kebiasaan orang memakai minyak goreng agar panggangan tidak lengket.  Tetapi cara tersebut kurang efektif dan berisiko menambah kalori pada daging yang dipanggang.  Sebaiknya anda menggunakan kentang mentah yang dioles oleskan pada panggangan agar alat pemanggang tidak lengket.

Hal hal yang sebaiknya diperhatikan oleh anda yang hobby menyantap daging panggang.
 Pertama, mengkonsumsi daging panggang lebih dari 10 kali dalam sebulan berisiko 10 persen mengalami tekanan darah tinggi. Jadi sebaiknya jangan terlalu sering mengkonsumsi daging sapi, daging ikan atau daging ayam panggang.
Kedua, memakan daging panggang yang masak sempurna atau bahkan gosong berisiko terkena tekanan darah tinggi lebih besar daripada orang yang menyantap daging yang cenderung belum matang.
steak sapi


Tips membuat daging agar empuk 
1. Direbus
2. Dilumuri tepung kanji
3. Dibungkus daun pepaya
4. Direndam air kelapa
5. Direndam parutan nanas

Tips membuat daging sate yang empuk dan nikmat 
sate

1. Daging sapi, daging ayam atau daging kambing bahan sate tidak perlu dicuci.
2. Bungkus daging menggunakan daun pepaya
3. Iris daging jangan terlalu besar
4. Marimas daging
5. Panggang daging dengan api tidak terlalu besar
6. Balik sesekali dan panggang daging jangan sampai matang sempurna.
    Demikian beberapa tips memanggang daging yang sehat semoga bermanfaat. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar