--> Skip to main content

√Update cara mengatasi handphone lemot biar ngebut tanpa reset hp

√Update cara mengatasi handphone lemot biar ngebut tanpa reset hp


cara mengatasi handphone lemot biar ngebut
foto handphone
      Penggunaan hp android saat ini sangat membantu memudahkan pekerjaan manusia bahkan sudah menjadi kebutuhan primer untuk sebagian orang.  Hampir semua kalangan dari mulai anak kecil,  remaja,  anak sekolah,  ibu rumah tangga,  driver ojek online dan lain sebagainya tidak bisa melepaskan hp dari aktivitasnya.  Tapi sayang sekali dari bermacam merk handphone yang beredar di Indonesia tak satupun hasil produksi dalam negeri dan memakai nama Indonesia.  Semuanya hp tersebut berasal dari luar negeri seperti hp xiaomi,  dan Huawei berasal dari China,  hp samsung dari Korea,  hp iPhone dari Amerika dst.  Handphone tak berarti apa-apa bila tidak ada aplikasi keren yang diinstal didalamnya.  Berbagai aplikasi dapat dengan mudah kita download sesuai keinginan kita dan sesuai kebutuhan kita,  ada aplikasi chatting atau sosial media,  aplikasi game,  aplikasi belajar atau kursus dan lain-lain.  Tapi tahukah anda bahwa bila terlalu banyak memasang aplikasi bisa menyebabkan kapasitas memori berkurang dan akhirnya kinerja hp menjadi lambat alias lemot.  Biasanya orang bila mendapati smartphone yang digunakannya lemot maka akan mereset hp atau mengembalikan ke setelan pabrik.  Tapi sayang nya cara reset hp bisa menghapus semua data yang disimpan di memori internal telepon.  Tentu saja hal itu bisa menyebabkan kerugian karena anda akan kehilangan berkas berkas penting seperti foto atau video kenangan,  lagu lagu favorit,  aplikasi favorit juga nomor telepon penting. Kabar gembira untuk anda tidak perlu reset hp untuk mengatasi masalah hp yang lemot yaitu dengan membersihkan folder whatsapp. Silahkan anda ikuti tutorial berikut ini.

Mengatasi handphone lemot dengan membersihkan folder whatsapp

 Apa yang anda kerjakan setelah bangun tidur ?  Bergegas ke kamar mandi atau memeriksa chat di handphone?
       Setelah bangun tidur dan membaca do'a sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan, mungkin anda selanjutnya mengambil handphone untuk memeriksa jadwal kegiatan hari ini atau barangkali ada chat yang masuk yang bisa saja isinya sangat penting.  Banyak sekali aplikasi chatting atau sosial media  ( sosmed)  yang digunakan para pengguna smartphone diantaranya whatsapp,  instagram,  facebok messenger,  twitter dan lain-lain. Dan kali ini bahasannya adalah khusus pada aplikasi whatsapp saja. Whatsapp adalah salah satu aplikasi chatting online yang paling diminati di seluruh dunia.  Popularitas whatsapp semakin meningkat sejak diakuisisi oleh Facebook pada tahun 2014 dengan nilai AS$ 19 milyar atau sekitar Rp 256 triliun.  Menurut Mark Zuckerberg pengguna whatsapp di seluruh dunia pada tahun 2018 mencapai 1,5 milyar orang dan jumlah tersebut membuktikan bahwa aplikasi ini sangat digemari oleh banyak orang.

Penyebab memori penuh fitur dalam folder whatsapp 

      Setiap hari entah berapa kali kita membuka whatsapp,  berkirim komentar di grup,  chatting,  telepon,  video call,  mengirim gambar atau video dan mengirim status / story dan melihat status milik orang lain.  Tapi tahukah anda bahwa kegiatan tersebut menggunakan penyimpanan memori internal smartphone anda. Itulah sebabnya kadang kita merasa bingung kenapa kapasitas memori berkurang yang menyebabkan kinerja smartphone menjadi berkurang alias lemot. Dan salah satu cara agar kinerja handphone menjadi baik kembali dan tidak lemot adalah dengan menghapus file lama dan tidak penting yang tersimpan didalam folder whatsapp.

Menghapus file lama untuk membersihkan memori hp

       Perlu anda ketahui bahwa file  foto dan video yang kita kirim di aplikasi whatsapp akan tersimpan otomatis di folder whatsapp dan tetap ada meskipun file foto dan video tersebut sudah anda hapus dari galeri.  Jadi folder whatsapp akan menyalin otomatis foto atau video yang dikirim tapi didesain agar foto atau video tersebut tidak muncul di menu galeri.  Dan akhirnya berkas foto dan video tersebut terkumpul banyak sehingga mengurangi kapasitas memori handphone anda dan akhirnya kinerja handphone menjadi lemot. Dan untuk kasus seperti ini aplikasi Cleaner pun tidak akan berpengaruh. Dan cara untuk membersihkan atau menghapusnya adalah sebagai berikut

1. Masuk ke aplikasi file manager / pengaturan berkas
     Pertama nyalakan HP  anda dan pada menu utama cari folder pengelola berkas atau file manager seperti gambar berikut lalu klik

cara mengatasi handphone lemot biar ngebut

2. Klik folder whatsapp
     Selanjutnya dalam folder file manager akan tampil banyak sekali folder yang tersimpan dalam memori internal handphone anda.  Cari folder yang bernama whatsapp kemudian klik.

cara mengatasi handphone lemot biar ngebut

3. Klik folder media
     Langkah selanjutnya silahkan anda klik folder media.

cara mengatasi handphone lemot biar ngebut

4. Klik folder whatsapp images
     Silahkan anda klik folder whatsapp images,  maka akan muncul foto dan gambar yang tersimpan dalam aplikasi whatsapp.

cara mengatasi handphone lemot biar ngebut

5. Klik folder sent
     Selanjutnya klik folder sent maka akan tampil foto foto yang pernah anda kirim lewat whatsapp kepada teman atau grup.  Dan bisa jadi foto foto tersebut sebenarnya sudah anda hapus dari galeri.  Nah file file inilah yang menjadi penyebab berkurangnya kapasitas memori anda jadi kalau anda rasa file foto tersebut tidak penting maka anda bisa menghapusnya.



6. Klik folder whatsapp video
     Untuk menghapus file video yang tidak penting maka anda bisa ikuti langkah pertama sampai ke 3, setelah itu klik lah pada folder whatsapp video


7. Klik folder sent
      Lalu klik folder sent maka akan muncul video video yang pernah anda share ke teman atau grup whatsapp.  Bila anda rasa video video itu kurang penting maka silahkan untuk dihapus.


      Dan selamat kini penyimpanan memori internal anda sudah bertambah besar kapasitasnya. Untuk file audio juga bisa dibersihkan dengan mengklik folder whatsapp audio.

CATATAN :  Jangan hapus file dan folder seperti berikut karena itu adalah file bawaan aplikasi whatsapp bila dihapus kemungkinan aplikasi whatsapp di handphone anda akan error. 


Cara menyimpan status whatsapp tanpa aplikasi tambahan

       Bagi anda pengguna whatsapp mungkin sering mengirimkan status yang berupa gambar,  video atau teks.  Begitu juga sebaliknya anda menerima status WA teman atau keluarga.  Tapi ternyata status WA yang anda terima yang berupa video atau gambar tidak muncul pada galeri smartphone.  Bagaimana bila anda berniat untuk menyimpan status orang lain tersebut agar bisa dilihat di galeri ?  silahkan ikuti langkah langkah berikut ini
1. pertama klik folder file manager,  kemudian klik folder whatsapp dan selanjutnya klik folder media.


2. Setelah itu klik folder statuses,  maka akan muncul gambar dan video status whatsapp orang lain yang telah anda lihat.


3. Pilih file file yang anda ingin tampilkan di galeri kemudian klik tombol pindah ( cut),  lalu anda pilih penyimpanan internal.

       Selamat !!!  kini anda bisa menyimpan dan melihat serta membagikan file foto dan video tadi ke orang lain.  Sebaiknya setelah status whatsapp orang lain yang  sudah anda lihat segera pindahkan karena bila dibiarkan terlalu lama bisa jadi status tersebut akan segera hilang otomatis.IItulah sedikit tips dan trik mengatasi hp lemot tanpa reset hp.  Semoga bermanfaat.  Terima kasih.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar