Skip to main content

Usaha menjanjikan home industri bola dan cara membuatnya

Usaha menjanjikan home industri bola dan cara membuatnya

home industri bola
orang sedang membuat  bola sepak

      Home industri adalah suatu usaha membuat atau memproduksi barang jadi atau setengah jadi dalam sebuah tempat atau rumah.  Biasanya usaha home industri mempekerjakan 5 - 20 orang pegawai.  Di negara Indonesia usaha jenis ini termasuk dalam kategori UMKM,  singkatan dari Usaha Mikro Kecil Menengah.  Dan di tahun 2019 ini jenis usaha UMKM berkembang pesat di Indonesia terutama di bidang teknologi dan e - commerce seperti Shopee,  lazada,  Bukalapak,  Tokopedia dan sebagainya.
Baca juga industri pakaian

Home industri bola di sukabumi

      Di sukabumi banyak terdapat home industri yang membuat barang barang seperti furniture,  sandal,  bola,  makanan ringan, konveksi dan lain-lain.  Salah satu yang terkenal adalah home industri bola.Tempatnya adalah di kp.  Lembur sawah,  desa Lembur sawah kecamatan Cicantayan,  kabupaten Sukabumi.  Di daerah ini 50 % warganya bekerja sebagai pengrajin bola.  Macam macam bola diproduksi setiap hari di tempat ini seperti bola sepak, bola futsal,  bola basket,  dan bola voli.
     Mereka membuat bola dari bahan mentah sampai jadi dan siap jual.  Biasanya home industri bola di lembursawah mendapat pesanan bola dari luar kota sukabumi seperti ke daerah Jawa Tengah,  Jawa Timur,  Jakarta,  Bogor,  Banten dan wilayah lain di Indonesia. Usaha pembuatan bola di tempat ini sudah berjalan puluhan tahun dan diwariskan turun temurun.  Bila sedang kebanjiran order para bos bola di lembur sawah juga sering membagi pekerjaan nya ke daerah lain  seperti cicurug,  cibadak dan lain-lain. Mungkin untuk di provinsi Jawa Barat tempat ini bersaing dengan produsen bola di Majalengka yang sudah mendunia.


Proses membuat bola

     Membuat bola merupakan pekerjaan yang membutuhkan ketelitian dan kehati harian,  karena bila salah dalam proses menjahit misalnya,  bisa mengakibatkan bentuk bolanya tidak bulat sempurna dan mempengaruhi kemampuan bola ketika dipakai untuk berolahraga.  Adapun proses pembuatan bola dari nol sampai jadi dan siap pakai adalah sebagai berikut :

1. Menentukan desain motif bola

     Zaman dulu bola sepak hanya mempunyai dua warna yaitu hitam dan putih dan bentuk pola segi enam dan segi lima.  Tapi kini gambar desain dan motif bola beraneka ragam dan warna.  Ada yang warna dasarnya putih dengan variasi tulisan,  atau warna dasar merah.  Hal ini tentu saja membutuhkan jiwa kreatif dari pembuat bola agar bolanya nanti banyak diminati oleh orang orang.


home industri bola
sumber :  ligalaga. id

2. Pengeleman dan sablon

     Pada tahap ini bahan bola dilapisi dengan bahan jenis karung lalu dilem dan dipress.  Selanjutnya bahan tersebut di sablon sesuai motif dan desain yang diinginkan. Di daerah Majalengka Jawa Barat bola didesain dengan merk internasional karena untuk souvenir di Piala Dunia FIFA seperti World Cup tahun 2018 di Rusia.

3.Pemotongan pola

     Setelah bahan ada gambar dan warnanya,  bahan tersebut lalu dipotong dengan bentuk pola segi lima dan segi enam atau pola lainnya.

4. Penjahitan

      Hampir 90 persen bola yang diproduksi di lembur sawah adalah bola jahit dan sisanya dipress.  Dulu para pengrajin dan pekerja di home industri bola ini menjahit manual dengan tangan dan jarum besar untuk membuat bola.  Tapi kini sebagian dari produsen menggunakan mesin jahit khusus bola dalam pengerjaannya.  Keuntungan menjahit bola dengan mesin adalah mempercepat proses jahit daripada dengan cara manual,  dan hasil jahitan pun lebih rapih.

5. Quality control dan uji ketahanan 

    Proses terakhir adalah menguji setiap bola yang sudah jadi dengan cara dipantul pantulkan ke lantai.  Juga menyortir bola agar sesuai standar dan sesuai keinginan pemesan.  Harga bola     Bagi anda yang ingin membeli bola di lembur sawah ini langsung maka akan mendapat harga dibawah harga jual di pasar atau di toko olahraga yaitu sekitar Rp 50.000 - Rp 100.000.
     Dan itulah informasi home industri bola di sukabumi semoga bisa menjadi referensi bagi anda yang ingin memulai usaha wiraswasta.
baca juga industri makanan
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar