--> Skip to main content

Niat Puasa Rajab Dan Pahala Bagi Orang Yang Melaksanakan

Niat Puasa Rajab Dan Pahala Bagi Orang Yang Melaksanakan


niat puasa Rajab dan pahala bagi orang yang melaksanakan

     Bulan Rajab adalah salah satu bulan yang memiliki banyak keistimewaan menurut ajaran agama Islam. Bulan ke-7 dalam kalender Hijriyah 1441 untuk tahun 2020 ini bertepatan dengan tanggal 25 Februari. Bagi muslim, sangat dianjurkan untuk banyak melakukan ibadah sunat karena terdapat pahala kebaikan bagi muslim yang mau mengamalkannya. Karena pada bulan Rajab umat Islam sudah mempersiapkan untuk menyambut datangnya bulan , yaitu sekitar dua bulan kedepan.

Niat puasa sunah Rajab


bacaan niat puasa Rajab

     Tahukah anda bahwa bagi siapa saja yang melaksanakan puasa sunah di bulan Rajab kelak akan mendapatkan karunia kebaikan di akhirat. Sedangkan tata cara berpuasa adalah menahan untuk tidak memakan makanan serta minuman dan hal-hal lain yang membatalkan puasa dari fajar ( waktu subuh) sampai terbenam matahari (waktu maghrib). Dengan sebelumnya mengucapkan niat puasa dalam hati dengan lafal  Berikut niat puasa Rajab.

 ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺻَﻮْﻡَ ﺷَﻬْﺮِ ﺭَﺟَﺐَ ﺳُﻨَّﺔً ﻟِﻠّﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟﻰ
Nawaitu shouma syahri Rajaba sunnatan lillahi ta'aala.
Artinya: "Saya berniat puasa Rajab sunah karena Allah ta'ala."

Waktu membaca niat puasa adalah setelah maghrib sampai menjelang subuh. Bila niat puasa diucapkan setelah subuh maka puasanya dianggap tidak sah.

Amalan sunah di bulan Rajab

     Sebagai salah satu bulan yang mulia, maka ulama menganjurkan agar lebih banyak menjalankan amal sholeh seperti melakukan puasa sunnah, banyak bersedekah, sholat sunat tahajjud, berzikir dan membaca Al-Quran. Juga diperintahkan untuk menjauhi perbuatan dosa,  perbanyak bertobat dan memohon ampun kepada Allah SWT misalnya dengan membaca sayyidul istighfar sebanyak-banyaknya. Adapun bacaan sayyidul istighfar yaitu :

amalan sunah di bulan Rajab

Hadits dan ayat Al-Quran tentang keutamaan bulan Rajab

keutamaan bulan Rajab

     Disebutkan dalam Al-Quran surat At-Taubah ayat ke 36 bahwa Allah menjadikan 12 bulan dan terdapat 4 bulan haram, yaitu bulan Dzulqaidah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab. Pada bulan haram, dilarang untuk berperang, bermusuhan, berbuat maksiat dan mencuri. Bulan Rajab juga disebut bulan Allah. Untuk lebih memahami tentang keistimewaan bulan Rajab silahkan dilihat video ceramah berikut ini yang bersumber dari youtube.com oleh Ustadz Adi Hidayat (akhyar TV).


Peristiwa penting dan bersejarah di bulan Rajab


peristiwa penting dan bersejarah di bulan Rajab

    Terdapat beberapa peristiwa penting dalam masa Rosulullah SAW yang terjadi di bulan Rajab yaitu :
  • 1. Isro mi'raj Nabi Muhammad,  yang terjadi pada tanggal 27 Rajab tahun ke-1 sebelum hijrah atau sekitar 620-621 M. Dimana Rosulullah SAW bersama malaikat Jibril mengadakan perjalanan dari Masjidil harom di Mekkah ke masjid Al Aqsa di Palestina ( isro), kemudian naik ke langit sampai Sidratul Muntaha ( mi'raj).  
  • 2. Turunnya perintah sholat fardhu 5 waktu, yaitu bertepatan dengan peristiwa Isro miraj.  
  • 3. Umat islam memenangkan perang Tabuk, yaitu perang melawan tentara Romawi,  peristiwa ini terjadi pada bulan Rajab tahun 9 Hijriyah/ 630 M.  

Gambar dan kata mutiara bulan Rajab

gambar dan kata mutiara bulan Rajab

     Bagi umat islam, bulan Rajab adalah bulan untuk melipatgandakan amal ibadah, seperti puasa sunah yang sangat dianjurkan dan bisa dilaksanakan berapa pun jumlah harinya. Selain itu, saling memberi nasehat juga dianjurkan, agar memotivasi umat islam untuk gemar beribadah.  Misalnya melalui  caption dan kata mutiara yang bisa dibagikan sebagai pesan atau status di sosial media.





 Do'a bulan Rajab

do'a bulan Rajab

    Umat islam diperintahkan untuk selalu berikhtiar dalam kebaikan setiap saat,  terutama di bulan Rajab yang istimewa. Juga senantiasa berdo'a agar diijabah untuk kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.
    Itulah keutamaan puasa Rajab yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW serta bacaan niat puasa Rajab dalam bahasa Arab dan terjemahannya.  Semoga bermanfaat dan semoga kita bisa melaksanakan ibadah yang penuh berkah dan limpahan pahala dan ampunan karena melaksanakan puasa sunah Rajab. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar