Skip to main content

Aneka Burung Kicau, Dan Contoh Suara Kicauannya

Aneka Burung Kicau, Dan Contoh Suara Kicauannya

Aneka burung kicau dan contoh suara kicauannya

      Halo, apa kabar para kicaumania, para pecinta burung kicauan dan yang hobi memelihara burung ocehan untuk kontes atau untuk dipelihara dirumah sebagai peliharaan. Berikut ini adalah informasi lengkap seputar jenis burung kicauan yang familiar dan banyak dipelihara oleh penyuka burung, disertai contoh suara burung kicau untuk masteran dan cara merawat burung supaya sehat dan berbunyi merdu, ngerokok dan gacor. Silahkan disimak dan dibaca baik-baik supaya bisa menambah pengetahuan dalam merawat dan memelihara burung.

Daftar Isi :



Burung Kacer

Suara Kicauan Burung Kacer Masteran mp3
sumber burungkacer.com
      Burung kacer disebut juga burung kucica kampung atau burung Srintil. Mempunyai ciri warna bulu hitam dan putih juga memiliki ciri khas yaitu ekornya yang panjang. Burung ini tergolong kedalam pengicau kecil yang mempunyai suara kicauan merdu dan nembak. Karena keindahan suara bunyinya tersebut membuat banyak orang yang hobi memelihara burung ( kicaumania) memelihara burung ini. Tapi burung kacer yang kicauannya gacor biasanya adalah berkelamin jantan. Supaya memudahkan dalam membedakan antara kacer jantan dan betina adalah bisa dilihat dari ukuran paruh kacer jantan lebih pendek dari yang betina. Lalu pada bagian lidah kacer jantan terdapat bercak (blackspot). Kemudian bentuk kepala kacer jantan tampak lebih rata atau seperti persegi. Tahap selanjutnya adalah pemberian makanan kepada burung kacer yaitu berupa jangkrik 2-3 ekor setiap pagi dan sore, pakan ulat hongkong sehari sekali sebanyak 1 sendok teh, juga voer / pura dua kali sehari secukupnya. Bagi anda yang ingin mendengarkan suara kicau burung kacer yang merdu dan gacor silahkan simak dan download suara masteran burung kacer berikut ini :
Download Suara Burung Kacer Masteran mp3

Burung Murai Batu

Suara Kicauan Burung Murai Batu Masteran mp3

      Burung murai batu (nama Latin copsychus malabricus) adalah jenis burung pengicau selanjutnya yang memiliki suara indah terutama bila sudah gacor. Warna burung murai batu ini pula sangat elok dengan warna biru terang dengan kombinasi warna kuning dan ciri khas ekor yang panjang menjuntai. Agar murai batu mempunyai bunyi yang merdu caranya cukup mudah yaitu anda harus secara rutin setiap pagi melakukan pengembunan, yaitu meletakkan murai batu di teras rumah agar mendapatkan udara segar selama 30 menit. Treatment selanjutnya agar burung murai batu bersuara bagus adalah memandikannya dengan cara disemprot air. Dan berikan pula pakan yang baik secara teratur misalnya jangkrik, kroto, cacing tanah dan dilengkapi dengan multivitamin sebanyak dua kali seminggu. Lakukan penjemuran pada murai batu waktu pagi hari selama 1 jam agar burung kesayangan anda sehat dan bersuara bagus. Berikut ini contoh masteran suara burung murai batu yang gacor
Download Suara Burung Murai Batu Masteran mp3

Burung Lovebird

Suara Kicauan Burung Lovebird Masteran mp3
sumber burunglovebird.com
      Lovebird merupakan salah satu jenis burung yang memiliki keindahan pada warna bulunya, ditambah suara ngekek yang merdu untuk didengar. Perawatan burung lovebird ini pun tidak sulit yang penting kita harus telaten memberi makanan kesukaan burung ini agar menjaga kualitas suaranya. Dan makanan yang bagus untuk diberikan sebagai pangan burung ini adalah jagung manis, milet merah dan putih, biji oat, buah apel merah dan biji kenari. Lakukan juga setiap pagi memandikan lovebird dan menjemurnya kurang lebih 1 - 3 jam. Lakukan pula pemasteran menggunakan mp3 suara burung yang gacor supaya burung lovebird menjadi bawel dan mempunyai bunyi yang bagus.

Jenis-jenis burung lovebird

      Jenis- jenis lovebird di seluruh dunia sangat banyak dan dikelompokkan berdasarkan warna bulunya, yaitu :
  • Lovebird Albino, warna seluruh bulunya putih. 
  • Lovebird Biola, bulu di bagian kepala sampai leher burung berwarna oranye sedangkan bagian tubuhnya berwarna hijau. 
  • Lovebird Batman, warna bulunya dominan hitam dengan kombinasi warna abu-abu pada leher burung. 
  • Lovebird Lutino, bagian tubuh, sayap dan ekor berwarna kuning cerah, sedangkan bulu di kepala berwarna merah. 
  • Lovebird Violet, warna bulu pada badannya berwarna violet, sedangkan bagian leher berwarna putih keabu-abuan, lalu bulu di kepala berwarna hitam. 
  • Lovebird Dakocan, cirinya adalah warna hijau di bagian sayap dada dan ekor, lalu warna kuning di bagian bulu dada, sedangkan bulu di kepala berwarna gelap kehitaman. 
  • Lovebird Halfsider, jenis ini sangat langka karena warna bulunya sebelah kanan berwarna biru, sedangkan di sebelah kiri warnanya hijau.

Burung Kenari

Suara Kicauan Burung Kenari Masteran mp3

      Nama latin burung ini adalah serinus canaria. Burung kenari dikelompokkan menurut pada postur tubuh, warna bulu dan suara. Untuk perawatan burung kenari supaya bersuara bagus yaitu dengan memberikan pakan seperti biji-bijian, buah dan sayuran hijau. Beri juga extra food untuk menambah stamina burung kenari yaitu telur rebus ( boleh dipotong kemudian disimpan dalam wadah pakan atau dicampur dengan pur). Burung kenari juga harus rajin dimandikan serta dijemur setiap pagi supaya menghindari dari malas bunyi. Lakukan juga pemasteran agar burung kenari termotivasi untuk rajin berkicau. Silahkan download mp3 masteran nya dibawah ini
Download Suara Burung Kenari Masteran mp3

Burung Blackthroat

Suara Kicauan Burung Blackthroat Masteran mp3

      Burung blackthroat adalah burung kicauan yang paling jago ngerol. Itulah sebabnya para pecinta suara burung banyak yang memelihara burung blackthroat ini dirumah. Karena asal burung ini adalah dari wilayah Afrika, maka namanya pun blackthroat. Untuk membuat burung bakalan agar menjadi mahir berbunyi atau gacor diperlukan perawatan yang telaten seperti pengembunan, memandikan serta penjemuran setiap pagi. Berikan pula pakan untuk blackthroat berupa milet, jewawut, biji kenari, buah-buahan dan sayuran.
Download Suara Burung Blackthroat Masteran mp3

Burung Cendet

Suara Kicauan Burung Cendet Masteran mp3

      Burung ocehan terbaik lainnya yaitu burung cendet atau orang menyebutnya juga burung pentet. Burung asli Indonesia ini mempunyai kicauan yang bisa memikat hati siapa saja yang mendengarnya. Sering sekali para pecinta burung (kicaumania) mengadakan kejuaraan atau kontes bunyi burung cendet. Juaranya adalah burung cendet yang gacor dan berdurasi panjang ketika berbunyi. Agar bisa memiliki burung dengan suara yang bagus perlu treatment yang rutin baik dari pemberian makanan, vitamin juga kesehatan burung.
Download Suara Burung Cendet Masteran mp3

Burung Jalak

Suara Kicauan Burung Jalak Masteran mp3

      Burung jalak kebo disebut juga jalak kerak atau jalak hitam. Karena bulu-bulunya yang berwarna hitam gelap. Tapi burung jalak kebo ini mempunyai kelebihan dalam hal bersuara, karena bisa menirukan suara manusia, seperti burung beo. Burung jalak kebo juga mampu berkicau dengan banyak variasi sekaligus lantang dan gacor. Burung jalak kebo kini banyak yang dijadikan sebagai burung peliharaan dirumah para kicaumania. Bila anda ingin mendengarkan kemerduan suara kicau burung jalak kebo ada dibawah ini.
Download Suara Burung Jalak Masteran mp3

Cara Merawat Burung Berkicau


      Bagi orang mempunyai hobi memelihara burung kicauan, tentu saja hal yang paling diinginkan adalah burungnya yang rajin bersuara (gacor). Untuk dapat berkicau dengan bagus, maka ada beberapa tips yang perlu dilakukan, yaitu :
  • 1. Membersihkan kandang. Selalu bersihkan kandang burung setiap hari dari kotoran burung dan sisa makanan agar kandang burung tidak bau serta bersih dari kuman dan bakteri. 
  • 2. Memandikan burung. Cara memandikan bisa dilakukan dengan cara menyemprotkan air menggunakan sprayer atau bisa juga dengan menyimpan wadah berisi air kedalam kandang burung kicau. 
  • 3. Melakukan pengembunan dan penjemuran. Hal ini harus dilakukan setiap pagi hari supaya burung mendapatkan udara segar dan cahaya matahari yang bagus untuk kesehatan burung. 
  • 4. Letakkan burung yang jauh dari jangkauan anak kecil atau binatang lain yang bisa mengganggu misalnya kucing atau tikus. 
  • 5. Pemberian makanan sebaiknya tidak berlebihan. Makanan burung yang bagus untuk kicauan seperti jangkrik, ulat hongkong dan cacing tanah hanya diberikan sekitar satu minggu 3 sampai 4 kali saja. Untuk makanan setiap harinya berupa pur, biji-bijian, buah dan sayuran hijau. 
  • 6. Berikan pula vitamin burung kicau sesuai resep yang tertulis dalam kemasan. 
  • 7. Jaga kesehatan burung kicauan dan hindarkan dari hal-hal yang bisa membuat burung menjadi stress. 
  • 8. Pelihara juga burung lainnya untuk teman agar bisa berbunyi saling bersahutan. 
  • 9. Cara agar burung cepat gacor atau rajin bernyanyi yaitu dengan melakukan pemasteran untuk memancing kreasi bunyi kicau burung.
 Berikut ini video burung kicau juara kontes dan berharga mahal dari situs youtube.com


Masalah (penyakit) Yang Biasa Dialami Oleh Burung Kicau Dan Cara Mengobatinya

Masalah (penyakit) Burung Kicau Dan Cara Mengobatinya

      Untuk mempunyai burung ocehan yang bagus dan rajin berbunyi, syarat utamanya adalah kondisi burung kicau harus sehat. Karena bila burung sakit, maka biasanya akan lemas dan malas berbunyi. Adapun penyakit burung yang perlu anda ketahui dan juga waspadai serta cara mengatasinya adalah sebagai berikut :
  • 1. Stress. Burung yang mengalami stress biasanya dipengaruhi faktor dari luar, misalnya perubahan cuaca yang mendadak, burung dibawa berpindah ke tempat lain atau tempat baru, sangkar burung yang terjatuh, dan gangguan dari hewan lain misalnya kucing. Cara mengatasinya adalah sebaiknya bila mau dipindahkan ke tempat lain, sangkar burung harus ditutup kerodong, serta letakkan burung di tempat yang nyaman dan jauh dari gangguan hewan atau cuaca. 
  • 2. Kotorannya berwarna putih ( berak kapur). Bila burung kicauan anda mengalami sakit seperti ini disebabkan bakteri Salmonella yang berasal dari makanan, minuman atau kandang burung. Ciri-cirinya dapat diketahui dari kotoran burung yang tampak berlendir dan berwarna keputihan. Cara mengatasinya adalah dengan menjaga kebersihan pakan, minuman serta kandang burung supaya steril. Lalu berikan obat burung sakit yang bisa dibeli di toko burung atau dibawa ke dokter hewan. 
  • 3. Gangguan pernafasan. Sama seperti penyakit berak kapur, burung yang sakit pernafasan disebabkan oleh bakteri yang berasal dari makanan, minuman, kandang atau juga faktor cuaca yang dingin. Cara mengobatinya dengan pemberian obat burung atau dibawa ke dokter hewan. 
  • 4. Cacingan. Ciri-ciri burung kicau yang terkena cacingan adalah burung malas makan, badan kurus dan jarang bersuara. Untuk menyembuhkannya adalah dengan obat burung atau dengan membuat ramuan herbai. 
  • 5. Macet bunyi. Burung kicauan yang tidak mau berbunyi disebabkan stress karena faktor dan gangguan dari luar.Untuk mengatasinya, anda bisa memberikan vitamin serta menyimpan kandang burung ditempat yang nyaman. Bisa juga burung dibiarkan keluar dari kandang untuk beberapa jam misalnya dibiarkan terbang didalam ruangan kamar.

Ciri-ciri Atau Gejala Burung Kicau Yang Sakit

Ciri-ciri Atau Gejala Burung Kicau Yang Sakit

     Burung yang menderita penyakit seperti yang disebutkan diatas dapat dengan mudah diketahui dari keadaan fisik burung, yaitu:
  • Bagian mata burung berair dan sering terpejam 
  • Pada lobang hidung burung terdapat ingus, dan burung sering membuka paruhnya karena sesak nafas 
  • Sayap burung tampak lunglai dan bulunya terlihat kusam 
  • Kurang nafsu makan 
  • Bila berdiri burung terlihat sempoyongan 
  • Bulunya rontok.

Obat Alami Untuk Burung Kicauan

Obat Alami Untuk Burung Kicauan

      Untuk selanjutnya adalah cara membuat obat alami ( ramuan herbal) untuk burung kicauan yang mengalami sakit serta gejala-gejala penyakit yang telah dijelaskan diatas. Selain itu ramuan yang berbahan alami ini juga bagus untuk stamina burung dan bisa membuat burung cepat gacor, serta mengobati sakit tenggorokan. Anda bisa membuat jamu alami dengan menggunakan bahan-bahan sebagai berikut :
  • 3 butir telur puyuh yang sudah direbus 
  • 1 buah apel merah segar yang sudah diserut 
  • 3ahe yang sudah diparut, peras lalu ambil airnya 
  • 1 sendok makan kroto Cara membuatnya gampang, yaitu dengan mencampurkan semua bahan menjadi satu. Ramuan alami ini sebaiknya diberikan seminggu dua kali saja atau jangan terlalu sering.

Cara Merawat Bulu Burung Agar Mengkilap

Cara Merawat Bulu Burung Agar Mengkilap

      Burung kicauan seperti murai batuk, lovebird, dan kacer, selain memiliki karakter bunyi yang bagus, merdu dan ngerol, juga memiliki warna bulu yang indah. Dalam sebuah kontes burung kicau biasanya dinilai berdasarkan postur badan burung, keindahan warna bulu juga suaranya gacor. Tadi sudah dijelaskan mengenai cara merawat burung supaya suaranya gacor, sekarang mari simak cara agar bulu burung mengkilap dan tidak rontok.
  1. Memandikan burung kicau dengan air rebusan daun sirih. Caranya masukkan 10 lembar daun sirih dan 2 liter air kedalam panci, kemudian masak sampai air tersisa setengahnya saja. Lalu diamkan air sampai dingin. Setelah itu masukkan air rebusan daun sirih yang sudah dingin kedalam alat penyemprot (sprayer) dan semprotkan kepada burung kicau. Lakukan cara ini 3 hari sekali sampai bulu burung terlihat mengkilap dan indah. Zat yang terkandung dalam air sirih dapat menghilangkan kutu dan bakteri pada bulu burung kicau. 
  2. Air rebusan daun sirih dan kemiri. Ramuan alami untuk mandi burung kicau ini dapat membuat bulu mengkilap, menghilangkan kutu juga mengobati burung yang mabung. Metodenya adalah seperti cara diatas tapi ditambah 3-5 butir kemiri yang sudah dihaluskan. Kemiri mengandung vitamin E yang bagus untuk kulit juga bulu burung ocehan.

Penyebab Bulu Burung Rontok

Penyebab Bulu Burung Rontok

      Masalah yang kerap terjadi pada burung yaitu, burung sering mencabuti sendiri bulunya, pertumbuhan bulu tidak rata dan tidak bagus, bulu burung sulit tumbuh setelah rontok, dan mabung. Masalah bulu tersebut disebabkan beberapa faktor yaitu karena virus, infeksi parasit, akibat jamur dan bakteri, pola makan dan stress.

Harga Burung

Harga Burung

      Berikut ini adalah daftar harga burung di Indonesia untuk tahun 2020
  • Murai batu ekor hitam (Nias) dewasa hutan Rp1.500.000 
  • Lovebird lutino mata hitam Rp 350.000 – Rp 700.000 
  • Lovebird biola Rp 1.500.000 – Rp 24.000.000 
  • Lovebird albino mata hitam dewasa Rp750.000 
  • Kenari goldfinch Rp 1.000.000 – Rp 2.000.000 
  • Kenari border dewasa (jantan/betina) Rp1.600.000 
  • Kacer jawa trotolan Rp500.000 
  • Jalak suren Jawa trotolan penangkaran Rp500.000 
  • Jalak bali trotolan/anakan Rp 10.000.000 – Rp 15.000.000 (sertifikat) 
  • Jalak kebo / hitam Rp 80.000 – Rp 100.000 
  • Cililin coklat dewasa hutan Rp1.500.000 
  • Cendet trotolan Rp 100.000 – Rp 200.000 
  • Blackthroat dewasa jantan Rp 1.500.000 – Rp 2.000.000 

Foto-foto Burung Kicauan













 lihat juga Gambar burung kicau cantik dari berbagai negara
      Dan demikianlah informasi lengkap tentang aneka jenis burung kicauan, contoh suara burung masteran mp3 serta cara merawat burung supaya senantiasa sehat dan rajin berbunyi. Lengkap dengan harga burung di tahun 2020 ini. Semoga bermanfaat untuk para pecinta burung kicauan semua.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar