Skip to main content

Cara Budidaya Ikan Arwana

Cara Budidaya Ikan Arwana Golden Red, Serta Gambar Ikan Arwana Beraneka Jenis

cara budidaya ikan arwana golden red

      Ikan arwana sering disebut juga ikan naga, ikan kelasa, ikan siluk, ikan kayangan atau ikan kalikasi. Habitat hidup ikan arwana adalah di air tawar. Bagi pecinta ikan hias biasanya memelihara ikan arwana didalam akuarium. Banyak orang yang sangat menyukai keindahan sisik ikan arwana. Terutama orang yang percaya dengan fengshui akan berani untuk membayar mahal untuk seekor ikan arwana. Karena itu mempunyai usaha atau bisnis budidaya ikan arwana sangat menjanjikan keuntungan bila kita berhasil.

Daftar Isi :



Cara Budidaya Ikan Arwana Golden Red

panduan lengkap budidaya ikan arwana golden red

      Spesies ikan arwana sangat benyak jenisnya, salah satu yang memiliki kelebihan dalam hal keindahan sisiknya yaitu ikan arwana golden red. Dinamakan begitu karena sisik ikan arwana ini berwarna merah keemasan. Siapapun yang melihatnya pasti akan tertarik dengan keindahan warna ikan arwana golden red ini. Harga ikan arwana jenis golden red ini untuk ukuran 12 cm adalah Rp 2 juta, sedangkan untuk ukuran yang lebih besar yaitu 20-25 cm bisa mencapai Rp 2,5 juta sampai Rp 3,5 juta. Cukup mahal bukan? Dan ini merupakan peluang usaha dengan omset besar yang mungkin bisa dijadikan pilihan anda. Bagi anda yang berniat untuk membudidayakan (beternak) ikan ini harap membaca tutorialnya berikut ini :

1. Siapkan Indukan Yang Bagus

Indukan ikan arwana

      Ciri-ciri dari ikan arwana golden red atau red tail golden ( RTG) ini adalah warna sisik dari bagian perut paling bawah sampai empat tingkat diatasnya berwarna keemasan. Selanjutnya warna sisik dari tingkat kelima sampai ke punggung ikan adalah hitam atau kelabu.

2. Budidaya Arwana Di Kolam Terpal

      Selanjutnya anda perlu tempat untuk mengembangbiakan arwana. Bila baru belajar budidaya ikan arwana dan jumlahnya masih sedikit, maka pembiakan bisa dengan media akuarium. Tapi bila anda berencana beternak ikan arwana dalam jumlah yang banyak, maka harus di tempat yang agak luas, misalnya di kolam terpal atau kolam beton. Hal yang penting adalah sirkulasi air pada kolam budidaya harus baik dan terus mengalir. Juga kebersihan kolam dan airnya harus betul-betul diprioritaskan. Ukuran kolam misalnya 4 × 6 meter.

3. Ekosistem Kolam

kolam ikan arwana

      Kondisi kolam yang baik untuk budidaya arwana yaitu pH airnya harus berkisar di angka 6 sampai 7 saja. Hal ini dimaksudkan agar ikan arwana bisa hidup sehat dan mempunyai sisik yang bagus. Kemudian suhu udara disekitar kolam juga airnya harus di kisaran 26 - 30 derajat celcius. Untuk kadar oksigen juga harus terkontrol yaitu dengan cara membuat pancuran kecil di tengah kolam.

4. Pemberian Pakan

Pakan ikan arwana

      Dalam membiakkan ikan arwana baik di akuarium ataupun di kolam penangkaran yang berikutnya adalah pemberian makanan. Pakan untuk ikan arwana bisa berupa pelet yang mempunyai protein tinggi. Anda juga bisa sesekali memberikan pakan berupa udang kecil. Waktu pemberian pakan adalah dua kali sehari yaitu pagi dan sore. Untuk takarannya adalah dua persen dari berat badan ikan. Untuk referensi tutorial budidaya ikan arwana bisa dilihat di video berikut ini dari youtube.com


      Dan cara membuat sisik ikan arwana menjadi indah dalam video berikut.


Penyakit Ikan Arwana Dan Cara Mengobatinya

Penyakit ikan arwana

      Untuk menjadi seorang pembudidaya ikan arwana maka anda perlu pengetahuan tentang jenis penyakit apa saja yang biasanya dialami oleh ikan kemudian bagaimana cara mengatasinya. Bila anda sudah mengetahuinya maka nantinya anda bisa merawat ikan arwana dengan baik dan bisa meminimalisir kerugian akibat ikan yang sakit dan mati.

1. Menggigit Ekor

Ikan arwana menggigit ekor

      Bila anda melihat perilaku ikan arwana yang tidak biasa seperti menggigit ekornya sendiri, maka jangan dibiarkan. Hal ini disebabkan rasa gatal akibat adanya parasit yang menempati pada ekor hewan. Bila dibiarkan saja maka ikan arwana bisa stress dan menggigit ekornya terus menerus sampai luka dan sisiknya terkelupas. Untuk mengatasinya yaitu segera pisahkan ikan arwana yang sakit tersebut ke tempat yang airnya sudah diberi obat anti virus yang bisa dibeli di toko hewan. Dan ganti pula air kolam sebelumnya dengan air yang baru dan bersih supaya ikan lainnya tidak tertulari parasit tadi.

2. Ikan Malas Makan

ikan arwana malas makan

      Ikan yang mempunyai masalah tidak mau makan dapat terlihat ketika kita memberinya pakan, maka ikan tersebut tidak mau memakannya. Hal ini salah satu penyebabnya adalah kita terlalu sering memberi makan misalnya 3 - 4 kali sehari. Pemberian pakan yang terlalu banyak dan terlalu sering akan membuat banyak sisa pakan dalam air sehingga air akan menjadi bau. Itulah yang membuat nafsu makan ikan menjadi hilang. Adapun cara mengatasinya yaitu dengan mengganti air kolam dengan yang baru, kemudian puasakan ikan sekitar 2 - 3 hari. Baru setelah itu beri makan ikan dengan porsi yang sesuai yaitu sebanyak 2 persen dari berat tubuhnya dengan waktu memberi parab sebanyak dua kali yaitu pagi sekali dan sore sekali.

3. Jamuran

ikan arwana jamuran

      Penyakit jamuran sangat tidak disukai oleh orang yang memelihara ikan arwana. Karena mengakibatkan warna sisik ikan tampak kusam tidak berkilau. Untuk mencegah jamuran maka harus sering dibersihkan aerator dan air kolam atau akuarium. Air yang kotor bisa menjadi penyebab timbulnya jamur dan bakteri atau virus yang membahayakan kesehatan kulit dan sisik ikan arwana.

Usaha Budidaya Ikan Arwana

Usaha budidaya ikan arwana

      Ikan arwana adalah salah satu ikan hias yang bernilai jual tinggi. Misalnya saja ikan arwana Super Red anakan harganya Rp 500 ribu per ekor, sedangkan untuk ukuran dewasa harganya mencapai Rp 10 juta per ekor. Maka memulai usaha budidaya ikan arwana bisa menjadi peluang yang menjanjikan keuntungan bahkan sampai puluhan juta rupiah. Berikut ini adalah daftar harga berbagai jenis ikan arwana yang mungkin bisa menjadi referensi dan memotivasi anda untuk memulai bisnis budidaya ikan arwana. Kini anda juga bisa menjual ikan arwana secara bisnis online .

Daftar harga ikan arwana
daftar harga ikan arwana, sumber sukaikan.com
 Lihat juga Cara perawatan dan Harga kucing Anggora

Gambar Jenis Ikan Arwana Yang Sisiknya Indah

Gambar jenis ikan arwana

      Berikut ini adalah gambar-gambar ikan arwana yang sudah terkenal dan dibudidayakan oleh para penangkar di Indonesia maupun di Dunia. Nama jenis ikan arwana ini adalah berdasarkan warna sisik yang menjadi ciri khas tiap ikan arwana.

Gambar ikan arwana Afrika
Arwana Afrika

Gambar ikan arwana black golden
Arwana Black Golden

Gambar ikan arwana green pino
Arwana green pino

Gambar ikan arwana Irian
Arwana Irian


Gambar ikan arwana red Banjar
Arwana Red Banjar

Gambar ikan arwana silver
Arwana Silver

Gambar ikan arwana super red
Arwana Super Red

Gambar ikan arwana golden red
Arwana Golden Red

      Itulah informasi mengenai cara budidaya arwana golden red yang lengkap. Semoga bermanfaat. Dan menjadi motivasi bagi anda yang ingin terjun dalam usaha budidaya ikan arwana golden red atau jenis lainnya. Semoga sukses.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar