Skip to main content

Cara Daftar Kartu Prakerja Dilengkapi Gambar Tutorial

Cara Daftar Kartu Prakerja Dilengkapi Gambar Tutorial

Cara daftar kartu prakerja

     Untuk anda yang saat ini sedang  tidak punya pekerjaan, baru di PHK, baru lulus sekolah, kuliah dan masih menganggur, ada kabar baik dari pemerintah Indonesia. Yaitu sejak tanggal 11 April 2020 dibuka pendaftaran untuk memperoleh KARTU PRAKERJA. Dibawah ini akan dijelaskan langkah-langkah mendaftarkan diri untuk mengikuti program prakerja dan mendapatkan kartu prakerja. Silakan disimak

Cara Mendaftar Kartu Prakerja

Cara mendaftar kartu prakerja

     Sesuai namanya, prakerja artinya 'sebelum kerja' (pra  = sebelum). Jadi program kartu prakerja ini diprioritaskan untuk warga negara Indonesia yang belum bekerja. Nantinya orang yang mendapatkan kartu prakerja akan memperoleh dana sebesar Rp 3.550.000 untuk biaya pelatihan bagi peserta program prakerja plus insentif. Dengan adanya program ini pemerintah Indonesia berharap akan banyak penduduk Indonesia yang memiliki kemampuan untuk berwirausaha dan memiliki modal untuk membuka usaha di bidang apapun. Sehingga jumlah pengangguran akan berkurang. Selanjutnya untuk bisa terdaftar menjadi peserta program kartu prakerja bisa ikuti caranya berikut ini :
  • Kunjungi website resmi prakerja.go.id, lalu klik daftar 
  • Masukkan alamat email, password dan konfirmasi password pada box yang disediakan. Kemudian beri tanda centang dan klik Daftar. Bila anda belum mempunyai e-mail bisa dibaca cara membuat email yang mudah dengan mengunjungi gmail  
Tutorial daftar kartu prakerja

  • Bila proses tadi berhasil, maka pihak prakerja.go.id akan mengirimkan pesan verifikasi ke alamat email anda. Maka anda harus membuka aplikasi e-mail di hp atau komputer, lalu lihat pesan yang dikirim oleh kartu prakerja dan klik tombol verifikasi.  

  • Tahap berikutnya adalah anda harus kembali login ke situs prakerja.go.id. Ketikkan kembali alamat email serta password,  lalu klik tombol login.  
  • Berikutnya anda akan dialihkan ke halaman baru yang berisi form isian untuk nomor KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan tanggal lahir. Setelah diisi lalu klik lanjutkan.  
  • Langkah selanjutnya anda tinggal mencantumkan identitas dan alamat tempat tinggal anda pada form yang disediakan. Alamat harus sesuai dengan yang tertera pada KTP.  

  • Foto KTP asli milik anda kemudian upload dengan cara memmencet tombol yang berada pada form tersebut. Upload juga foto selfie anda yang sedang memegang KTP. Contohnya bisa dilihat pada gambar.  

Catatan :  file foto harus tidak lebih dari 2 MB. Bila ukuran poto lebih besar dari 2 MB lebih, maka anda harus mengedit nya.  
  • Beri tanda ceklis di bagian kiri bawah form,  klik lanjutkan.  
  • Masukkan nomer handphone anda sebagai syarat untuk menerima sms berupa kode OTP. Bila SMS sudah anda terima, selanjutnya ketikkan enam digit angka pada kotak yang terdapat pada form tadi.  

  • Selanjutnya akan muncul halaman pertanyaan yang harus anda jawab dengan cara memilih jawaban yang sesuai dengan keadaan anda sekarang. Kerjakan tes tersebut sampai selesai.  
  • Bila semua urutan cara mendaftar kartu prakerja diatas sudah dilakukan, maka anda tinggal menunggu saja sampai pemerintah menentukan siapa saja yang berhasil dan berhak memperoleh kartu prakerja.  

Keuntungan Peserta Kartu Prakerja

Keuangan peserta kartu prakerja

     Berdasarkan program pemerintah tersebut nantinya diharapkan para peserta yang mendapat kartu prakerja akan mempunyai skill untuk berwirausaha atau bekerja di bidang industri. Mereka pun akan mendapat pelatihan yang sesuai dengan minat seperti kursus bahasa, komputer, bisnis online, perawatan kecantikan dan sebagainya. Keuntungan lainnya adalah peserta akan mendapatkan uang sebesar Rp 3.550.000 dengan rincian sebagai berikut :
  • Biaya pelatihan sebesar Rp 1000.000 
  • Dana insentif Rp 600.000/bulan selama empat bulan.  
  • Biaya survei Rp 50.000/ survey,  sebanyak 3 kali survei.     
Setiap peserta yang telah menerima dana tersebut serta pelatihannya tidak akan memperolehnya lagi pada kesempatan berikutnya. Hal ini dilakukan agar orang yang tidak mendapatkan kartu prakerja pada gelombang pertama akan mendapatkan kesempatan untuk periode berikutnya. Jadi apakah anda berminat untuk mendaftar sebagai peserta kartu prakerja ?  Silahkan daftarkan saja diri anda dengan mengikuti cara yang sudah dijelaskan diatas. 
Baca juga  Cara memulai usaha
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar