--> Skip to main content

Doa Nisfu Sya'ban

Do'a Nisfu Sya'ban, Niat Puasa Sunnat Nisfu Sya'ban Bahasa Arab,Latin Dan Artinya

Do'a Nisfu Sya'ban, Niat Puasa Sunnat Nisfu Sya'ban Bahasa Arab,Latin Dan Artinya

    Malam nisfu Sya'ban tahun 1441 H ini bertepatan dengan hari rabu tanggal 8 April ini. Bagi umat islam sangat dianjurkan untuk mengisi malam nisfu Sya'ban dengan melakukan ibadah-ibadah sunnat seperti sholat, membaca surat yasin, memperbanyak zikir serta membaca doa nisfu Sya'ban. Berikut ini adalah bacaan doa nisfu Sya'ban dalam bahasa Arab, latin serta artinya dalam bahasa Indonesia dalam file gambar :

Doa nisfu sya'ban bahasa Arab
doa nisfu sya'ban bahasa Arab

Doa nisfu sya'ban bahasa Latin
doa nisfu sya'ban bahasa Latin

Terjemahan doa nisfu sya'ban
terjemahan doa nisfu sya'ban sumber nmcberita.id


Daftar Isi :



Apa Sih Nisfu Sya'ban itu?

Pengertian nisfu sya'ban

    Pengertian nisfu Sya'ban menurut bahasa Arab adalah, 'Nisfu/ نسف ' artinya setengah atau pertengahan. Sedangkan ' sya'ban/ شعبان ' artinya bulan sya'ban. Jadi malam nisfu sya'ban adalah malam pertengahan bulan sya'ban yaitu pada tanggal ke-15. Malam nisfu sya'ban sangat istimewa karena pada malam tersebut akan dinaikkan semua amal perbuatan manusia. Pada malam ini pula Allah SWT menurunkan banyak rahmat serta karunia kepada hamba-Nya. Karena itu kita manfaatkan waktu nisfu sya'ban dengan memperbanyak amal kebaikan dan doa mengharap kebahagiaan di dunia dan akherat, diantaranya mendapatkan kemudahan rezeki juga dilindungi dari segala musibah, penyakit dan gangguan jin.

Urutan Doa Nisfu Sya'ban Dan Surat Yasin

Urutan doa nisfu sya'ban dan surat Yasin

    Manusia khususnya umat islam harus sebisa mungkin memanfaatkan waktu setiap hari untuk beribadah, terutama pada malam nisfu sya'ban ini. Adapun amalan yang dikerjakan di malam penuh ampunan ( lailatul baroah) ini adalah sebagai berikut :
  • Melakukan sholat sunnat lailatul nisfu sya'ban 
  • Membaca doa hadiah dan zikir 
  • Membaca surat yasin 3 kali dengan urutan do'anya ialah pertama, memohon panjang umur untuk beribadah kepada Allah, kedua meminta kemudahan rezeki sebagai bekal hidup dan ibadah, ketiga memohon diteguhkan keimanan didalam hati. 
Adapun pelaksanaan amalan tersebut diatas bisa dilakukan secara sendiri-sendiri atau berjamaah ( bersama orang lain).

Bacaan Niat Dan Surat Sholat Sunat Malam Nisfu Sya'ban

Bacaan niat sholat sunat nisfu sya'ban

    Di malam nisfu sya'ban, umat muslim juga dianjurkan untuk mengerjakan sholat sunat dua rokaat dengan lafal niat
 اصللي سنةالنصفالشعبان ركعتين لله تعالى
Dalam bahasa Latin "Usholli sunnatan nishfi sya'ban roka'taini lillahi Ta'ala".
Artinya dalam bahasa Indonesia : " Aku berniat sholat sunat malam nisfu sya'ban dia rokaat lillahi Ta'ala ".
Kemudian pada rokaat pertama setelah membaca Al Fatihah dilanjutkan membaca surat Al Ikhlas. Berikutnya pada raka'at kedua sesudah membaca Al Fatihah lalu membaca surah Al Kafirun. Pada waktu sujud boleh membaca doa memohon ampunan Allah dari segala dosa yang pernah diperbuat.
Baca juga Sholat dhuha untuk kemudahan rezeki

Niat Puasa Sunat Nisfu Sya'ban

Niat puasa sunat nisfu sya'ban

   Selain sholat sunat dan membaca yasin serta doa nisfu sya'ban, besoknya umat muslim juga sebaiknya melakukan puasa sunat sya'ban. Karena Rosulullah dulu juga sering mencontohkan shaum di bulan sya'ban sebagaimana dijelaskan dalam hadits berikut ini:

 وحَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَعَمْرٌو النَّاقِدُ جَمِيعًا عَنْ ابْنِ عُيَيْنَةَ قَالَ أَبُو بَكْرٍ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ عَنْ ابْنِ أَبِي لَبِيدٍ عَنْ أَبِي سَلَمَةَ قَالَ سَأَلْتُ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا عَنْ صِيَامِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَتْ كَانَ يَصُومُ حَتَّى نَقُولَ قَدْ صَامَ وَيُفْطِرُ حَتَّى نَقُولَ قَدْ أَفْطَرَ وَلَمْ أَرَهُ صَائِمًا مِنْ شَهْرٍ قَطُّ أَكْثَرَ مِنْ صِيَامِهِ مِنْ شَعْبَانَ كَانَ يَصُومُ شَعْبَانَ كُلَّهُ كَانَ يَصُومُ شَعْبَانَ إِلَّا قَلِيلًا
Dan Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin Abu Syaibah dan Amru An Naqid semuanya dari Ibnu Uyainah - Abu Bakr berkata- Telah menceritakan kepada kami Sufyan bin Uyainah dari Ibnu Abu Labid dari Abu Salamah ia berkata, saya pernah bertanya kepada Aisyah radhiyallahu 'anha tentang puasa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, maka ia pun berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam sering berpuasa hingga kami mengira bahwa beliau akan puasa seterusnya. Dan beliau sering berbuka (tidak puasa) sehingga kami mengira beliau akan berbuka (tidak puasa) terus-menerus. Dan aku tidak pernah melihat beliau berpuasa terus sebulan penuh kecuali Ramadhan. Dan aku juga tidak pernah melihat beliau puasa sunnah dalam sebulan yang lebih banyak dariada puasanya di bulan Sya'ban. Beliau berpuasa pada bulan Sya'ban hingga sisa harinya tinggal sedikit." (HR. Muslim)

Keutamaan Malam Nisfu Sya'ban

Keutamaan malam nisfu sya'ban

   Mungkin kita bertanya-tanya mengapa kita dianjurkan untuk berzikir, sholat dan doa di malam nisfu sya'ban? Itu karena banyak sekali manfaat atau keutamaan malam nisfu sya'ban tersebut yaitu :
  • Orang yang memohon ampun dan bertaubat akan diampuni dosanya oleh Allah 
  • Orang yang bersungguh-sungguh dalam berdoa maka akan diijabah doanya 
  • Orang yang memohon kemudahan rezeki akan diijabah oleh Allah, dengan syarat orang tersebut mau berikhtiar dan bekerja.
 Sebagai referensi silahkan simak video tentang malam nisfu sya'ban berikut ini : 


Siapa Saja Yang Boleh Melaksanakan Sholat Sunat Dan Doa Nisfu Sya'ban

Orang yang boleh sholat dan puasa nisfu sya'ban

   Pada malam nisfu sya'ban setiap umat islam laki-laki maupun perempuan boleh melaksanakan amalan sunat dan doa dengan syarat suci dari hadats kecil dan besar. Anak kecil dan orang dewasa juga dianjurkan untuk mengamalkannya selagi mampu.
    Demikianlah informasi mengenai malam nisfu sya'ban beserta amalan-amalan sunat yang memiliki banyak keutamaan yang dianjurkan menurut ajaran agama Islam. Semoga bermanfaat dan bisa menambah keimanan dan ketakwaan kita kepada Tuhan Penguasa Alam Allah SWT.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar