Skip to main content

√ Manfaat Ayat Kursi Dan Bacaan Ayat Kursi Bahasa Arab, Latin Dan Indonesia

√ Manfaat Ayat Kursi Dan Bacaan Ayat Kursi Bahasa Arab, Latin Dan Indonesia 

Keutamaan ayat kursi dan bacaan ayat kursi bahasa arab, latin dan bahasa Indonesia

    Assalamu'alaikum warohmatulohi wabarokatuh. Kita sebagai orang Islam mempunyai pedoman hidup yaitu Al Qur'an dan Hadits. Didalam Al Qur'an berisi ayat-ayat suci yang bermanfaat untuk kehidupan muslim, seperti ayat kursi, ayat lima, surat yasin dan lain-lain. Kali ini kita akan membahas khusus tentang ayat kursi, bacaannya serta makna yang terkandung dalam ayat kursi tersebut.

Daftar Isi :



Ayat Kursi Dan Maknanya

Ayat kursi dan maknanya
 
    Didalam kitab suci Al-Quran, posisi ayat kursi tepatnya berada dalam surat Al Baqoroh: 255. Disebut ayat kursi karena terdapat kalimat ' كرسى ' yang memiliki makna kedudukan yang tertinggi Allah SWT sebagai pencipta serta penguasa seluruh langit dan bumi. Didalam ayat tersebut juga dijelaskan bahwa Allah SWT senantiasa menjaga alam semesta ini beserta makhluk-Nya. Orang yang taat beribadah atau yang sering bermaksiat pun akan selalu Allah jaga. Tetapi nanti akan ada balasan terhadap setiap amal yang dikerjakan oleh manusia.

Ayat Kursi Mp3

    Orang yang membaca ayat-ayat Al Quran akan memperoleh pahala sepuluh kebaikan setiap hurufnya. Begitu pula orang yang mendengarkan bacaan ayat kursi akan memperoleh pahala juga. Dengan menyimak ayat Al-Quran akan membuat hati tenang. Berikut ini adalah bacaan ayat kursi oleh yang bisa anda dengarkan dan download dalam format file mp3 :
Ayat kursi mp3

Menghafal Ayat Kursi

Menghafal ayat kursi

    Hafidz Quran artinya adalah orang yang menghafal ayat-ayat yang ada dalam Al Qur'an sebagian atau secara keseluruhan 30 juz. Keutamaan menghafal ayat Al-Quran seperti ayat kursi adalah kita bisa membacanya kapanpun dan dimanapun di tempat yang baik dan suci dari najis. Karena setiap ayat Al-Quran memiliki kandungan keutamaan yang bisa kita baca sebagai do'a untuk menyelesaikan masalah. Juga siapa saja yang hafal Al-Quran dengan niat ikhlas karena Allah, maka nanti di akherat bisa membawa orang tua dan keluarganya bersama masuk ke dalam surga. Tips supaya mudah menghafal ayat suci Al-Quran contohnya ayat kursi adalah :
  • Berwudhu 
  • Pilih waktu yang baik untuk menghafal, yaitu pada waktu subuh 
  • Baca terus berulang ulang sampai benar-benar hafal 
  • Baca secara rutin supaya hafalan tidak cepat lupa. 
Bila sudah mempraktikkan keempat hal tersebut maka insyaallah kita akan bisa cepat hafal quran dan menjadi hafiz (penghafal Al-Quran).

Manfaat Ayat Kursi

Manfaat ayat kursi

    Tahukah anda ternyata bacaan ayat kursi itu memiliki banyak manfaat yaitu bisa untuk mengobati penyakit ayan

 حَدَّثَنَا هَارُونُ بْنُ حَيَّانَ حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ مُوسَى أَنْبَأَنَا عَبْدَةُ بْنُ سُلَيْمَانَ حَدَّثَنَا أَبُو جَنَابٍ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبِي لَيْلَى عَنْ أَبِيهِ أَبِي لَيْلَى قَالَ كُنْتُ جَالِسًا عِنْدَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذْ جَاءَهُ أَعْرَابِيٌّ فَقَالَ إِنَّ لِي أَخًا وَجِعًا قَالَ مَا وَجَعُ أَخِيكَ قَالَ بِهِ لَمَمٌ قَالَ اذْهَبْ فَأْتِنِي بِهِ قَالَ فَذَهَبَ فَجَاءَ بِهِ فَأَجْلَسَهُ بَيْنَ يَدَيْهِ فَسَمِعْتُهُ عَوَّذَهُ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ وَأَرْبَعِ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ الْبَقَرَةِ وَآيَتَيْنِ مِنْ وَسَطِهَا { وَإِلَهُكُمْ إِلَهٌ وَاحِدٌ } وَآيَةِ الْكُرْسِيِّ وَثَلَاثِ آيَاتٍ مِنْ خَاتِمَتِهَا وَآيَةٍ مِنْ آلِ عِمْرَانَ أَحْسِبُهُ قَالَ { شَهِدَ اللَّهُ أَنَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ } وَآيَةٍ مِنْ الْأَعْرَافِ { إِنَّ رَبَّكُمْ اللَّهُ الَّذِي خَلَقَ } الْآيَةَ وَآيَةٍ مِنْ الْمُؤْمِنِينَ { وَمَنْ يَدْعُ مَعَ اللَّهِ إِلَهًا آخَرَ لَا بُرْهَانَ لَهُ بِهِ } وَآيَةٍ مِنْ الْجِنِّ { وَأَنَّهُ تَعَالَى جَدُّ رَبِّنَا مَا اتَّخَذَ صَاحِبَةً وَلَا وَلَدًا } وَعَشْرِ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ الصَّافَّاتِ وَثَلَاثِ آيَاتٍ مِنْ آخِرِ الْحَشْرِ وَقُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ وَالْمُعَوِّذَتَيْنِ فَقَامَ الْأَعْرَابِيُّ قَدْ بَرَأَ لَيْسَ بِهِ بَأْسٌ

Telah menceritakan kepada kami Harun bin Hayyan telah menceritakan kepada kami Ibrahim bin Musa telah memberitakan kepada kami 'Abdah bin Sulaiman telah menceritakan kepada kami Abu Janab dari Abdurrahman bin Abu Laila dari ayahnya Abu Laila dia berkata, "Ketika aku sedang duduk di samping Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, tiba-tiba datang seorang Arab Badui seraya berkata, 'Sesungguhnya aku mempunyai saudara yang menderita sakit." Beliau bertanya: "Apa sakit yang meninmpa saudaramu?" Dia menjawab, "Dia terserang ayan." Beliau bersabda: "Pergi dan bawalah dia kesini." Maka dia pergi dan kembali (kepada beliau) bersama saudaranya dan mendudukkannya di depan beliau, maka aku mendengar beliau memberikan perlindungan kepadanya dengan Al Fatihah, empat ayat dari permulaan surat Al Baqarah, dua ayat dari tengahnya dan (ayat) WA ILAAHUKUM ILAAHUWWAAHID (dan tuhan kalian adalah tuhan yang satu), ayat kursi, tiga ayat dari penghujung surat Al Baqarah, dan satu ayat dari surat Ali 'Imran. Aku yakin beliau mengucapkan: "SYAHIDALLAHU ANNAHU LAA ILAAHA ILLA HUWA (Allah bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak disembah kecuali Dia) '. Beliau juga membaca satu ayat dari surat Al A'raaf: INNA RABBAKUMULLAHULLADZI KHALAQ (sesungguhnya Rabb kalian adalah yang menciptakan) ', satu ayat dari surat Al MuKminun: WA MAN YADA'U MA'ALLAHI ILAAHNA AAKHAR LAA BURHAANA LAHU BIHI '(Dan barang siapa yang menyeru bersama dengan Allah yaitu ilah yang lain, maka tidak ada petunjuk baginya), satu ayat dari surat Al Jin: WA ANNAHU TA'ALA JADDU RABBINAA MATTAKHADZA SHAAHIBATAN WA LAA WALADA (Dan bahwasannya Maha Tinggi kebesaran Rabb kami, Dia tidak beristeri dan tidak (pula) beranak) '. Sepuluh ayat dari surat Ash Shaffaat, tiga ayat dari akhir surat Al Hasyr, dan QULHUWALLAHU AHAD, dan dua mu'awidzatain. Kemudian orang Arab Badui itu bangun dan sembuh seakan-akan tidak menderita sakit." (HR. Ibnu Majah: 3539)

Ayat Kursi Latin Dan Arab Beserta Artinya

Ayat kursi latin dan Arab beserta artinya

    Bagi anda yang baru belajar Al Quran tentunya mencari cara untuk memudahkan membaca dan menghafal Al-Qur'an. Bila anda kesulitan untuk membaca ayat kursi dalam bahasa Arab, maka solusinya yaitu dengan membacanya dalam bentuk bahasa Latin. Contohnya bisa dilihat dalam gambar diatas.

Suara Bacaan Ayat Kursi

Suara bacaan ayat kursi

    Dalam seni membaca Al-Quran (Ilmu qiroat) terdapat beberapa lagham diantaranya : bayati, hijaz, nahawand, rost, sika, shoba serta jiharka. Di Indonesia ada Ustadz Muzammil Hasbalah yang sangat ahli dalam ilmu qori Al Qur'an, berikut ini contoh videonya dari youtube.com:


Manfaat Ayat Kursi Untuk Ruqyah

Manfaat ayat kursi untuk ruqyah

    Ruqyah adalah jenis pengobatan dalam agama Islam yang sudah disyaratkan sejak zaman Nabi Muhammad SAW. Cara melakukan ruqyah yaitu dengan membaca ayat-ayat suci Al-Quran seperti ayat kursi, surat Al Ikhlas, Al Falaq, An Naas dan masih banyak lagi. Manfaat dari pengobatan dengan metode ruqyah adalah bisa mengobati penyakit akibat gangguan mahkluk halus.
Berikut ini adalah video ruqyah dengan membaca ayat Al-Quran


Keutamaan Ayat Kursi

Keutamaan ayat kursi

    Ayat kursi adalah salah satu ayat didalam Al-Quran yang mempunyai banyak keutamaan, sehingga sangat disarankan bagi kita untuk senantiasa rutin mengamalkannya setiap selesai sholat. Dengan membaca ayat kursi termasuk berzikir kepada Allah SWT. Dan orang yang selalu berzikir di setiap waktunya maka akan mendapatkan karunia berupa ketenangan, kemudahan dalam hidup, juga akan menjadi bijak ketika menghadapi sebuah masalah. Oleh sebab itu bacalah ayat kursi dan ayat Quran lainnya supaya mendapatkan keutamaan seperti yang tadi disebutkan.

Ayat Kursi Untuk Mengusir Hantu Dan Jin

Ayat kursi untuk mengusir hantu dan jin

    Manusia tanpa disadari hidup berdampingan dengan mahluk yang tak kasat mata yaitu jin dan setan. Terkadang jin dan setan selalu mengganggu manusia melalui bisikan dengan maksud supaya manusia menjadi tersesat hidupnya. Adakalanya jin mengganggu manusia supaya sakit misalnya melalui guna-guna, teluh dan santet. Cara supaya manusia terhindar dari kejauhan jin serta mahluk halus jahat lainnya adalah dengan selalu berlindung kepada Allah SWT diiringi dengan rajin membaca ayat kursi setiap pagi, sore hari juga sebelum tidur.

Ayat Kursi Untuk Bangunan Rumah

Ayat kursi untuk bangunan rumah

    Apabila anda baru saja menghuni rumah baru yang desain rumah nya sangat anda suka, misalnya juga terdapat taman yang indah yang dipenuhi tanaman bunga mawarbunga matahari dan tanaman hias lainnya. Alangkah baiknya bila anda juga membaca doa memohon perlindungan kepada Allah dari gangguan mahluk halus seperti jin. Bacalah ayat kursi ketika memasuki pintu rumah. Karena ayat kursi berkhasiat bisa menghindarkan anda, keluarga serta rumah yang anda huni dari segala macam gangguin jin.

Ayat Kursi Untuk Orang Sakit

Ayat kursi untuk orang sakit

     Disebutkan dalam sebuah hadits riwayat Ibnu Majah Radiyallahu Anhu bahwa Rosulullah SAW pernah mengobati seseorang yang sakit dengan syariat membaca ayat kursi serta beberapa ayat dalam kitab suci Al-Quran. Berikut ini adalah hadits tentang manfaat ayat kursi untuk mengobati penyakit : Telah menceritakan kepada kami Abdullah telah menceritakan kepadaku Muhammmad bin Abu Bakar Al Muqaddami telah menceritakan kepada kami Umar bin Ali dari Abu Janab dari Abdullah bin Isa dari Abdurrahman bin Abu Laila dia berkata, telah menceritakan kepadaku Ubay bin Ka'b dia berkata, "Aku berada di sisi Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, kemudian datanglah seorang Arab badui dan berkata "Wahai Nabiyullah, saya mempunyai seorang saudara laki laki yang sedang sakit." Nabi bertanya: "Apa sakitnya?" Dia menjawab, "Dia terkena penyakit gila." Nabi bersabda: "Bawa dia kemari." Kemudian dia di hadapkan kepada beliau dan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam memohonkan perlindungan untuknya dengan membaca fatihatul kitab (surat Al fatihah), empat ayat permulaan surat Al Baqarah, dua ayat beriku ini: WA ILAAHUKUM ILAAHUW WAAHID (Dan Tuhanmu adalah Tuhan yang Maha Esa) (QS. Al Baqarah: 163) dan ayat kursi. Lalu tiga ayat terakhir dari surat Al Baqarah. satu ayat dari surat Ali Imran: SYAHIDAALLAAHU ANNAHU LAA ILAAHA ILLA HUWA (Allah menyatakan bahwasanya tidak ada Tuhan melainkan dia (yang berhak disembah) (Qs. Ali Imran: 18), satu ayat dari surat Al A'raaf: INNA RABBAKUMULLAAHUL LADZII KHALAQAS SAMAAWAATI WAL ARDL (Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang Telah menciptakan langit dan bumi) (Qs. Al A'raaf: 54), akhir dari surat Al Mukminun: FATA'AALALLAAHUL MALIKUL HAQ (Maka Maha Tinggi Allah, raja yang Sebenarnya) (Qs. Al Mukminun: 116), satu ayat dari surat Al Jin: WA ANNAHU TA'AALA JADDU RABBINAA (Dan bahwasanya Maha Tinggi kebesaran Tuhan kami) (Qs. Al Jin: 3), sepuluh ayat permulaan dari surat Ash Shaffaat, tiga ayat terakhir dari surat surat Al Hasyr: QUL HUWALLAAHU AHAD (surat Al Ikhlash), dan Al Mu'awwidzatain (surat Al Falaq dan An Naas)." Maka berdirilah laki laki itu seakan-akan dia tidak pernah terkena sakit sama sekali." (HR. Ahmad: 20237)

Bacaan Untuk Menjaga Keluarga Dari Gangguan Jin

Bacaan untuk menjaga keluarga dari gangguan jin

     Keluarga adalah merupakan orang terdekat kita. Suami atau istri dan anak harus selalu kita jaga dari gangguan apapun. Untuk menjaganya dengan cara membaca ayat kursi setiap pagi hari dan sore sampai waktu maghrib. Dengan dawam membaca di jam-jam tersebut insyaallah kita serta keluarga bisa terhindar dari kejahilan jin. Lalu bila anak anda menangis di waktu malam anda bisa ikhtiar dengan membacakan surat Al Fatihah, sholawat Nabi serta ayat kursi, kemudian ditiupkan pada segelas air. Air tersebut lalu diminumkan pada anak yang sedang menangis dan dibasuhkan ke wajah dan badannya. InsyaAllah anak akan berhenti menangis dan sehat kembali.

    Itulah beberapa khasiat ayat kursi yang mujarab, yang disertai dengan bacaan ayat kursi bahasa Arab, latin serta terjemahannya. Semoga bisa bermanfaat. Dan kita selalu mendapatkan kehidupan yang nyaman dan dihindarkan dari segala gangguan syetan iblis yang selalu menggoda anak cucu adalah. Wallohu a'lam. Wassalamu alaikum warohmatulohi wabarakatuh.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar