Skip to main content

Museum Rosulullah Ancol DI Indonesia Disebut Yang Terbesar Di Dunia

Museum Rosulullah Ancol DI Indonesia Disebut Yang Terbesar Di Dunia

Museum Rasulullah di Indonesia

     Museum Rosulullah merupakan tempat disimpannya berbagai benda yang berhubungan dengan kisah hidup Nabi Muhammad SAW.  Di museum ini nantinya setiap pengunjung dari agama manapun bisa melihat kisah sejarah Rosulullah dalam memperjuangkan ajaran Islam. Seperti hadits-hadits Nabi, diorama dan sebagainya. Dengan luas bangunan sekitar 10.000 meter persegi, direncanakan pula akan dibangun masjid, aula, tempat untuk manasik haji, auditorium serta tempat pameran benda-benda bersejarah peninggalan dari zaman Rosulullah.

Pembangunan Museum Rosulullah

     Merupakan kabar gembira bagi kaum muslimin khususnya di Indonesia maupun di Asia serta seluruh dunia, bahwa di Indonesia tepatnya di daerah Ancol telah berlangsung pembangunan museum Rosulullah yang dimulai dengan peletakkan batu pertama pada tanggal 26 Februari 2020 yang dilakukan oleh Jusuf kalla sebagai ketua umum Dewan Masjid Indonesia (DMI), menteri agama Fachrul Razi, Gubernur DKI Anies Baswedan dan lain-lain.
      Nantinya museum Nabi Muhammad tersebut bisa menjadi obyek wisata religi bagi orang-orang yang ingin mengetahui perjuangan masa lalu dan kisah perjalanan hidup Rosulullah. Sehingga bertambah pengetahuan dan keyakinan kepada sosok manusia teladan yang bergelar Al Amin tersebut.

Pembangunan museum Rasulullah

Lihat juga Menara terindah di dunia

Museum Rosulullah Pertama Di Indonesia

     Ancol Jakarta Timur dipilih sebagai area dibangunnya museum adalah karena Anies Baswedan yang mencarikan lahan yang luas serta cocok untuk museum dan studi keislaman. Dengan bekerjasama dengan Dewan Masjid Indonesia serta pemerintah yang diwakili oleh Menteri BUMN Erick Thohir, akhirnya disepakati untuk wilayah berdirinya museum adalah di Ancol.
     Museum yang di Indonesia merupakan yang pertama di luar Arab,karena sebelumnya telah ada museum serupa yaitu Museum Shirah Nabawiyah di kota Madinah dan Museum Assalamu Alayka Ayyuha An-Nabiyy di kota Mekah.

Benda Di Museum Rosulullah

     Adapun nantinya akan dipajang naskah, manuskrip serta barang-barang peninggalan Rosulullah yang berhasil dikumpulkan dari seluruh dunia oleh panitia pembangunan museum. Tentu bukan hal yang mudah untuk bisa mengumpulkan koleksi tersebut, tapi berkat usaha dari panitia serta dukungan dari banyak pihak akhirnya bisa dikumpulkan banyak benda-benda berharga peninggalan Rosulullah.
     Dan kelak kita bisa belajar dari informasi yang diberikan oleh pihak museum tentang sejarah Nabi akhir zaman serta perjuangannya untuk menjadikan manusia sebagai rahmatan lil alamin. Koleksi benda-benda bersejarah itu merupakan barang yang dipercayakan kepada pihak museum Rosulullah di Indonesia karena negara kita merupakan negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam dan sangat mencintai sosok Rosulullah.

Benda di museum Rasulullah
gambar [sumber ]

Biaya Pembangunan Museum Rosulullah

     Untuk biaya pembangunan museum ini selain dari Indonesia, juga diperoleh dari Yayasan Wakaf Assalam yang bermarkas di Jeddah, serta Liga Muslim Dunia yang berkantor pusat di Mekkah, Arab Saudi. Karena itu merupakan sebuah anugrah dari Allah SWT atas disetujuinya museum ini dibangun di Indonesia, karena banyak pula negara-negara lain yang menginginkan adanya pembuatan museum atau tempat yang menjadi situs sejarah tentang perjalanan hidup Rosulullah bersama para sahabat, keluarga dan pengikutnya di zaman dulu.
Bacaan Sholawat Nabi
    Marilah kita sebagai muslim sejenak membaca sholawat kepada Rosulullah sebagai bentuk penghormatan dan terimakasih atas jasa-jasa beliau serta keluarga dan para sahabat yang rela berkorban untuk tegaknya agama Islam di muka bumi ini. Yang buktinya bisa kita lihat nanti di museum Rosulullah di Ancol.

اللهم صل على سيدنا محمد و على اله و صحبه اجمعين.
Allahumma sholli a'la Sayyidina Muhammad wa a'la alihi wa sohbihi ajmaiin
"Ya Allah berikanlah rahmat kepada Nabi Muhammad, keluarganya dan seluruh sahabatnya.
"
Lihat juga Rahasia manfaat ayat kursi
Silahkan dilihat tampilan arsitektur museum Rasulullah di Indonesia dalam video berikut ini :


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar