Skip to main content

Syarat, Rukun, Bacaan Sholat Idul Adha, Lengkap Dengan Niat Dan Caranya

Syarat, Rukun, Bacaan Sholat Idul Adha, Lengkap Dengan Niat Dan Caranya

Syarat, Rukun, Bacaan Sholat Idul Adha, Lengkap Dengan Niat Dan Caranya

     Pengertian shalat idul adha atau biasa disebut solat Ied yaitu "Sholat sunnat yang dikerjakan khusus pada tanggal 10 Dzulhijjah". Ibadah sholat ini dianjurkan untuk dikerjakan oleh seluruh umat islam yang mampu dan terpenuhi syaratnya. Pada hari tersebut bagi orang Indonesia menyebutnya juga dengan nama Lebaran Haji, karena memang di bulan tersebut para jemaah haji berkumpul di Mekkah dan Madinah untuk melaksanakan rukun Islam yang kelima yaitu ibadah haji ke Baitullah.

Waktu Sholat Idul Adha

Waktu Sholat Idul Adha

     Adapun waktu pelaksanaan sholat ied ini yaitu ketika masuk waktu dhuha pada tanggal 10 Dulhijah sampai selesai. Tapi sudah menjadi kebiasaan di kalangan umat muslim yaitu mereka berkumpul di masjid (itikaf) atau di lapangan dari selesai sholat subuh sambil terus mengumandangkan gema takbir yaitu membaca lafadz takbiran dibawah ini :

Rukun Dan Tata Cara Sholat

Rukun Dan Tata Cara Sholat

     Rukun sholat Idul Adha sama seperti sholat wajib dan sunnat lainnya, yaitu dimulai dengan membaca niat dan diakhiri dengan mengucapkan salam. Hanya pada tata caranya sedikit berbeda yaitu ketika takbir. Untuk salat selain Idulfitri dan Iduladha takbir hanya dilakukan sekali dalam tiap rakaat. Khusus untuk sembahyang idul adha pada rokaat pertama membaca takbir " Allohu Akbar " sebanyak 7 kali dilanjutkan membaca " Subhanallah walhamdulillah walaa ilaaha illallohu akbar walaa haula walaa quwwata illaa billaahi ala'liyyil a'zhiim" sekali tiap selesai takbir. Dan dilanjutkan membaca surat Al Fatihah dan surat lainnya.
      Selanjutnya pada rakaat kedua takbir sebanyak 5 kali yang dilanjutkan dengan membaca bacaan seperti diatas. Selain itu setelah sholat akan dilaksanakan terlebih dahulu khutbah dan ceramah yang isinya tentang ajaran-ajaran agama Islam yang baik dan larangan berbuat dosa atau maksiat.
Lihat juga

Contoh Khutbah (Ceramah)

Contoh Khutbah (Ceramah)

     Sebagian ulama ada yang mengatakan bahwa khotbah idul adha sangat penting dilakukan karena memiliki banyak keutamaan. Dan bagi orang yang tidak menghadiri kutbah tersebut maka tidak sempurna keutamaan sholat Ied nya. Berikut ini adalah contoh ceramah pada waktu idul adha.


Niat Sholat Idul Adha

Niat Sholat Idul Adha

     Niat termasuk kedalam rukun sholat. Orang yang tidak membaca niat, maka salatnya tidak sah dan harus diulang. Berikut ini adalah bacaan niat sholat Idul adha untuk imam, makmum, berjamaah dalam bahasa Arab, latin dan terjemahan bahasa Indonesia :

Niat Sholat Idul Adha imam
Niat Sholat Idul Adha imam

Niat Sholat Idul Adha makmum
Niat Sholat Idul Adha makmum

Syarat Wajib dan Syarat Sah Sholat Idul Adha

Syarat Wajib dan Syarat Sah Sholat Idul Adha

     Adapun syarat bagi orang yang hendak mengerjakan shalat idul adha yaitu : Beragama Islam, baligh, berakal, suci dari hadats dan najis, tidak sedang haid atau nifas. Dan syarat pelaksanaannya yaitu: harus berjamaah, diutamakan dikerjakan di tempat yang luas seperti di lapangan, tapi bila tidak memungkinkan bisa dikerjakan di masjid, dimulai sejak matahari terbit setinggi tombak ( dhuha),  dan disunahkan untuk mandi dahulu serta memakai wangi-wangian.

Hukum Shalat Idul Adha

Hukum Shalat Idul Adha

     Untuk sholat Idul adha ini hukunnya yaitu sunnat, maksudnya adalah bila dikerjakan akan mendapatkan pahala, tapi bila ditinggalkan pun tidak berdosa. Ulama mengkategorikan sebagai sunat muakkad, yaitu sunah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan, mengingat sholat ini hanya ada pada waktu bulan Dzulhijjah saja setahun sekali. Maka sangat disayangkan bila tidak mengerjakan tanpa uzur atau halangan. Rosulullah SAW bahkan sampai memerintahkan kepada wanita yang sedang haid untuk hadir di lapangan supaya mendengarkan khutbah serta ikut mendoakan kaum muslimin, dengan syarat menjauhi tempat solat. Sebagaimana yang dikisahkan dalam hadits berikut ini :

Hadits tentang keutamaan sholat idul adha
hadits tentang keutamaan sholat idul adha


Orang Yang Boleh Melaksanakan Sholat Ied

Orang Yang Boleh Melaksanakan Sholat Ied

     Pada dasarnya sholat idul adha ini dianjurkan untuk dilaksanakan oleh semua muslim yang memenuhi syarat sah dan syarat wajib sholat, yaitu :  Beragama Islam, baligh, berakal, tidak sedang haid atau nifas dan suci dari hadats kecil dan besar. Serta bersih dari najis, dan tidak sedang sakit parah.

Permasalahan Saat Lebaran Haji Dan Solusinya

Permasalahan Saat Lebaran Haji Dan Solusinya

     Masalah yang umum terjadi pada saat lebaran idul qurban yaitu diantaranya  :
  • Tempat pelaksanaan sholat yang dianjurkan di lapangan yang luas, karena masalah cuaca seperti hujan, maka harus dipindahkan di mesjid.
  • Orang yang ingin berkurban tapi tidak mampu untuk membeli kambing, maka sebaiknya beberapa bulan sebelumnya menabung untuk membeli hewan kurban.
  • Pelaksanaan ibadah sholat ied di masa pandemi ini bisa dikerjakan dengan tetap melakukan protokol kesehatan.
  • Pendistribusian daging harus benar-benar terjaga kebersihannya supaya terhindar dari bakteri dan penyakit.

Kegiatan Sebelum Dan Setelah Sholat Ied

Kegiatan Sebelum Dan Setelah Sholat Ied

     Sebelum hari raya idul adha, untuk umat islam dianjurkan untuk melaksanakan puasa sunat di bulan Dzulhijjah dari tanggal 1 sampai tanggal 9. Atau lebih dikenal dengan puasa tarwiyah tanggal 8 dan puasa Arafah tanggal 9 Dzulhijjah atau Rayagung. Kemudian pada malam tanggal 10 disunahkan beritikaf di mesjid sambil memperbanyak membaca takbir (takbiran)  dari setelah sholat maghrib sampai subuh dan menjelang sholat id. Sedangkan sesudah sholat id bisa dilanjutkan untuk melakukan penyembelihan hewan qurban. Lalu dari tanggal 10 sampai 13 Dzulhijjah diharamkan berpuasa dengan niat apapun atau disebut hari Tasyrik.
      Semoga paparan tentang sholat Idul Adha diatas bisa menambah wawasan keilmuan anda serta menjadi pahala dan keberkahan untuk saya pribadi dan anda yang membacanya. Wallohu A'lam.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar