--> Skip to main content

Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Hijriyah 1 Muharram Serta Manfaat Bagi Orang Yang Membacanya

Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Hijriyah 1 Muharram Serta Manfaat Bagi Orang Yang Membacanya

Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Hijriah 1 Muharram
Doa akhir tahun dan awal tahun

     Dalam perputaran waktu tak terasa kita kini sudah berada di Akhir Tahun. Dan waktunya untuk mengevaluasi segala amal Ibadah yang sudah dikerjakan sepanjang tahun ini. Apakah lebih banyak Kebaikan yang diperbuat atau sebaliknya Keburukan. Hanya kita, Allah dan kedua Malaikat Pencatat Amal yang tahu. Lalu aktivitas ibadah apa saja yang harus dilakukan di akhir tahun dan awal tahun ini? Untuk mengetahuinya silahkan dibaca artikel ini.

Lafal Bacaan Doa Akhir Tahun Arab Latin dan Indonesia

Lafal Bacaan Doa Akhir Tahun Arab Latin dan Indonesia

     Apa yang sebaiknya dilakukan ketika berada di akhir tahun? Bagi kita sebagai manusia percaya bahwa setiap saat apapun amal perbuatan ibadah atau maksiat akan dicatat dalam buku Amal selama setahun. Dan pada akhir tahun adalah saat catatan kita ditutup dan diganti dengan lembaran baru. Sebab itu alangkah sangat baiknya bila akhir catatan kita diisi dengan amal soleh dan ibadah kepada Allah, misalnya dengan melaksanakan Puasa Sunat dan berdoa memohon ampunan dari segala dosa yang telah diperbuat selama setahun, dan memohon agar diterima segala amal kebajikan. Semuanya itu tercantum dalam Doa Akhir Tahun berikut ini :

Doa Akhir Tahun Latin

Terjemahan Doa Akhir Tahun


Tata Cara dan Waktu Membaca Doa Akhir Tahun

Tata Cara dan Waktu Membaca Doa Akhir Tahun

     Mungkin anda berpikir tentang bagaimana Tata Cara mengerjakan amalan di akhir tahun dan waktu membacanya. Dalam agama Islam telah diajarkan oleh para Ulama tentang anjuran membaca doa pada hari terakhir bulan Hijriyah, yaitu setelah Waktu Sholat Ashar ( Ba'da Ashar). Dan lebih baik lagi n kalau kita juga berpuasa, supaya catatan terakhir amal kita adalah dalam kondisi beribadah shaum sunah. Karena pahalanya besar bagi orang yang melakukan. Perbanyak pula istighfar memohon ampunan atas dosa yang dilakukan sengaja atau tidak sengaja selama setahun terakhir yang sudah terlewati.

Bacaan Doa Awal Tahun Hijriah 1 Muharram dan Waktu Membacanya

Bacaan Doa Awal Tahun Hijriah 1 Muharram dan Waktu Membacanya

    Tanggal 1 Muharram adalah awal permulaan perhitungan tahun Islam Hijriyah. Dan waktu mulai penanggalannya adalah waktu maghrib. Aturan tersebut karena kalender Hijriyah berpatokan pada peredaran Bulan selama setahun atau disebut Qomariyah. Berbeda dari kalender Masehi yang patokannya adalah peredaran bumi mengelilingi matahari atau disebut Syamsiyyah. Oleh sebab itu maka waktu Membaca Doa Awal Tahun yang dilaksanakan setelah Sholat Maghrib. Dan bisa dibaca sendiri ataupun berjamaah. Isi dari lafaz doa awal tahun adalah memohon keberkahan selama setahun, kesehatan dan dicukupkan rezeki yang halal dan baik. Dibawah ini adalah bacaan Doa awal tahun dalam bahasa Arab, latin dan artinya dalam bahasa Indonesia.

Doa Awal Tahun Hijriah Bahasa Arab Latin dan Terjemahan Indonesia

 Pada tanggal 10 Muharram terdapat ibadah sunat yang dianjurkan. Anda bisa membacanya dalam artikel Niat puasa asyuro dan keutamaan bagi yang mengerjakannya

Apa Saja Keutamaan serta Pahala Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun

Apa Saja Keutamaan serta Pahala Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun

     Pastinya anda penasaran dan ingin tahu keutamaan membaca doa akhir tahun dan awal tahun. Doa berarti permohonan kepada Tuhan. Kita bisa berdoa apa saja yang baik dan bermanfaat misalnya meminta keselamatan, kesehatan, kebahagiaan, rezeki dan lain-lain. Dan tentu saja siapa saja yang membacanya akan memperoleh pahala apalagi doa yang dibaca berasal dari ayat Al Qur'an. Karena setiap huruf dari Al Qur'an bila dibaca akan mendapat pahala 10 kebaikan. Adapun untuk keutamaan membaca doa akhir tahun dan awal tahun adalah sebagai berikut  :

1. Ditambah Rezeki


    Sebagai Zikir dan mengingat betapa banyaknya karunia Allah yang telah dianugerahkan kepada manusia. Sehingga muncul rasa syukur atas segala nikmat dan orang yang bersyukur akan ditambah rezekinya, dimudahkan (sukses) bisnis nya.

2. Diampuni Dosa


    Saat akhir tahun seharusnya kita bermuhasabah atau mengevaluasi diri tentang segala perbuatan dan ucapan yang dilakukan selama setahun. Dan karena manusia adalah mahluk yang tidak bisa lepas dari kesalahan dan dosa, maka timbul kesadaran untuk memohon maaf dan ampunan kepada Allah SWT. Dan Allah akan mengampuni dosa-dosa orang yang mau bertobat dan meninggalkan maksiat.

3. Menambah Keimanan

sumber madaninews. id

    Selama hidup kita setahun, tentunya kita mengalami berbagai peristiwa baik atau buruk, bahagia atau sedih. Dan bila kita pikirkan maka kita berkesimpulan bahwa manusia tidak bisa berbuat sesuai keinginannya, tetapi ada Allah yang lebih berkuasa untuk mengatur kehidupan di dunia ini. Dan timbul juga Keimanan kepada Allah dan Qodo Qodar. Sehingga kita semakin bijak dalam menghadapi persoalan kehidupan.
Berikut ini adalah Video ceramah tentang Doa akhir tahun dan Awal tahun


Nama Bulan Dalam Kalender Hijriyah

Nama Bulan Dalam Kalender Hijriyah

     Kalender atau Tarikh Hijriyah terdiri dari 12 bulan. Dan jumlah hari dalam setiap bulan berbeda-beda, dari 28 hari sampai 31 hari, diawali bulan Muharram dan diakhiri bulan Dzulhijjah. Berikut ini adalah Nama bulan Hijriyah :
  1. Muharram disebut juga Suro,
  2. Safar,
  3. Robiul Awwal disebut juga Mulud,
  4. Robiul Akhir,
  5. Jumadil Awal,
  6. Jumadil Akhir,
  7. Rajab,
  8. Sya'ban disebut juga Ruwah,
  9. Ramadhan atau bulan Puasa,
  10. Syawal,
  11. Dzulqaidah dan
  12. Dzulhijjah atau Rayagung.

Acara Perayaan Malam 1 Muharram

Acara Perayaan Malam 1 Muharram Pawai Bedug
Pawai Bedug, sumber gambar talentafmnews. com

     Ba'da sholat maghrib setelah kita membaca doa awal tahun,biasanya dilanjutkan dengan ceramah,mengaji Al-quran sampai menjelang sholat Isya.Baru setelah sholat Isya diadakan perayaan malam 1 Muharram ( Muharraman) yaitu dengan acara Pawai Obor berkeliling kampung sambil membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW.
      Nah setelah mengetahui bacaan Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun, serta pahala, manfaat dan keutamaan nya, selanjutnya anda bisa mempraktikkan. Dan jangan lupa untuk introspeksi diri supaya tahun depan bisa lebih baik dari tahun sebelumnya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar