--> Skip to main content

Kumpulan Doa Rumah Tangga Sakinah Mawaddah Warohmah

Kumpulan Doa Rumah Tangga Sakinah Mawaddah Warohmah


     Assalamu'alaikum warohmatulohi wabarakatuh. Dalam kehidupan berumah tangga, tentunya semua keluarga ingin bahagia dan menyenangkan, agar cinta yang dari dulu dibangun tidak hancur. Tapi kenyataan memang terkadang berbeda dari apa yang sebelumnya menjadi angan-angan dan harapan. Karena memang itulah kelemahan kita sebagai manusia yang hanya bisa berharap juga berusaha, tetapi hasilnya tetap Allah SWT yang menentukan. Oleh karena itu selain berikhtiar supaya hidup bahagia, kita juga diharuskan untuk senantiasa berdoa memohon kepada Tuhan agar apa yang kita inginkan dapat terwujud dan dikaruniai Keluarga yang Bahagia,Sakinah,Mawaddah Warohmah ( Samawa). Dibawah ini adalah doa-doa yang berisi permohonan agar keluarga Bahagia dunia akherat sampai punya keturunan Soleh dan Soleha

1. Doa Menghadiri Pernikahan

Doa Menghadiri Pernikahan

    Dalam menghadiri sebuah resepsi Pernikahan Keluarga, tetangga atau sahabat, maka sebaiknya kita mendoakan supaya pengantin tersebut dikaruniai keberkahan dan kebahagiaan. Adapun bacaan doanya dalam bahasa Arab, latin serta terjemahannya adalah sebagai berikut :

 ﺑﺎﺭﻙ ﺍﻟﻠﻪ ﻟﻚ ﻭﺑﺎﺭﻙ ﻋﻠﻴﻚ ﻭﺟﻤﻊ ﺑﻴﻨﻜﻤﺎ ﻓﻲ ﺧﻴﺮ

(Barakallahu laka wa baraka alaika wa jama’a bainakuma fi khoir)

“Semoga Allah memberikan keberkahan kepadamu serta keberkahan atasmu dan semoga Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan”
ﺇِﺫَﺍ ﺩُﻋِﻲَ ﺃَﺣَﺪُﻛُﻢْ ﺇِﻟَﻰ ﺍﻟْﻮَﻟِﻴْﻤَﺔِ ﻓَﻠْﻴَﺄْﺗِﻬَﺎ “ Jika salah seorang diantara kalian diundang menghadiri acara walimah, maka datangilah ” (HR. Bukhari)

2. Doa Pengantin Baru

Doa Pengantin Baru

    Dalam sebuah acara pernikahan biasanya dihadiri oleh banyak tamu undangan. Karena itu sebaiknya kita memanfaatkan waktu tersebut untuk Berdoa, karena salah satu saat diijabahnya doa adalah bila diaminkan oleh 40 orang atau lebih. Dibawah ini adalah bacaan untuk Mendoakan pengantin dalam bahasa Arab dan artinya :

 رَبَّنَاۤ اٰتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَّفِى الْاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَّ قِنَا عَذَابَ النَّارِ

"Dan di antara mereka ada yang berdoa, Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka." (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 201)

3. Doa Setelah Akad Nikah

    Waktu yang paling sakral pada sebuah acara pernikahan ialah saat Akad Nikah antara calon suami dengan wali dari calon istri yang disaksikan oleh dua orang saksi. Karena pada saat akad itulah titik permulaan untuk dua orang manusia untuk menempuh kehidupan baru tepatnya berumah tangga. Untuk itu alangkah baiknya bila pada momen tersebut kita untuk berdoa memohon kebaikan dan keberkahan, yaitu dengan membaca doa sebagai berikut :

ﺣَﺪَّﺛَﻨِﻲ ﻳَﺤْﻴَﻰ ﻋَﻦْ ﻣَﺎﻟِﻚ ﻋَﻦْ ﺯَﻳْﺪِ ﺑْﻦِ ﺃَﺳْﻠَﻢَ ﺃَﻥَّ ﺭَﺳُﻮﻝَ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻗَﺎﻝَ ﺇِﺫَﺍ ﺗَﺰَﻭَّﺝَ ﺃَﺣَﺪُﻛُﻢْ ﺍﻟْﻤَﺮْﺃَﺓَ ﺃَﻭْ ﺍﺷْﺘَﺮَﻯ ﺍﻟْﺠَﺎﺭِﻳَﺔَ ﻓَﻠْﻴَﺄْﺧُﺬْ ﺑِﻨَﺎﺻِﻴَﺘِﻬَﺎ ﻭَﻟْﻴَﺪْﻉُ ﺑِﺎﻟْﺒَﺮَﻛَﺔِ

 “Yahya bercerita padaku dari Malik, dari Zaid ibn Aslam, bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘Ketika salah seorang kalian menikahi perempuan atau membeli budak perempuan, maka peganglah ubun-ubunnya dan berdoalah meminta berkah (kebaikan)."

 ﺍَﻟﻠّٰﻬُﻢَّ ﺑَﺎﺭٍﻙْ ﻟِﻲ ﻓِﻲَّ ﺃَﻫْﻠِﻲ ﻭَﺑَﺎﺭِﻙْ ﻟِﺄَﻫْﻠِﻲ ﻓِﻲَّ ﻭَﺍﺭْﺯُﻗْﻬُﻢْ ﻣِﻨِّﻲ ﻭَﺍﺭْﺯُﻗْﻨِﻲ ﻣِﻨْﻬُﻢْ ، ﻭَﺍﺟْﻤَﻊْ ﺑَﻴْﻨَﻨﺎ ﻣَﺎ ﺟَﻤَﻌْﺖَ ﻓِﻲ ﺧَﻴْﺮٍ ، ﻭَﻓَﺮِّﻕْ ﺑَﻴْﻨَﻨَﺎ ﻣَﺎ ﻓَﺮَّﻗْﺖَ ﻓِﻲ ﺧَﻴْﺮٍ ، ﺑَﺎﺭَﻙَ ﺍﻟﻠﻪُ ﻟِﻜُﻞٍ ﻣِﻨَّﺎ ﻓِﻲ ﺻَﺎﺣِﺒِﻪِ

 “Ya Allah, berkahilah aku dalam permasalahan keluargaku. Berkahilah keluargaku dalam permasalahanku. Berilah mereka rizki dariku, dan berilah aku rizki dari mereka. Satukan kami selama dalam kebaikan, dan pisahkan kami selama dalam kebaikan. Berilah masing-masing dari kami kebaikan dalam permasalahan pasangan.”

4. Doa Ketika Malam Pertama

    Sebagai orang yang beragama Islam, terdapat aturan sunnah yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW ketika sepasang suami-istri yang sah ingin melakukan hubungan intim, yaitu
  • Dalam keadaan bersih
  • Menggunakan wewangian
  • Berdandan yang disukai oleh suami atau istri
  • Di tempat tertutup
  • Tidak melalui dubur
  • Membaca doa dengan lafal
ﺑِﺴْﻢِ ﺍﻟﻠﻪِ ﺍَﻟﻠّﻬُﻢَّ ﺟَﻨِّﺒْﻨَﺎ ﺍﻟﺸَّﻴْﻄَﺎﻥَ ﻭَﺟَﻨِّﺐِ ﺍﻟﺸَّﻴْﻄَﺎﻥَ ﻣَﺎ ﺭَﺯَﻗْﺘَﻨَﺎ


"Bismillah, Allahumma jannibnaassyyaithaana wa jannibi syaithoona maarazaqtanaa." Dengan menyebut nama Allah, ya Allah jauhkanlah kami dari (gangguan) setan dan jauhkanlah setan dari rezeki yang Engkau anugerahkan kepada kami."

Setelah mengeluarkan sperma (mani)

 ﺍَﻟﻠّﻬُـــﻢَّ ﺍﺟْﻌَــﻞْ ﻧُﻄْﻔَﺘَــﻨَﺎ ﺫُﺭّ ِﻳَّﺔً ﻃَﻴِّــﺒَﺔً

 "Allahummaj'alnuthfatanaa dzurriyyatan thayyibah."
 "Ya Allah jadikanlah nutfah kami ini menjadi keturunan yang baik (saleh)."

 Selesai berhubungan badan

 ﺍَﻟْﺤَﻤْﺪُ ِﻟﻠﻪِ ﺍﻟَّﺬِﻱْ ﺧَﻠَﻖَ ﻣِﻦَ ﺍﻟﻤْـَــﺎﺀِ ﺑَﺸَـــﺮًﺍ

 "Alhamdu lillaahi dzdzii khalaqa minal maa i basyaraa."
 "Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan air mani ini menjadi manusia (keturunan)."

5. Doa Setiap Selesai Sholat

    Sholat fardhu merupakan kewajiban bagi setiap muslim yang telah memenuhi syarat. Dan ketika setiap selesai sholat hendaklah membaca doa

 ﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺃَﻧْﺖَ ﺭَﺑِّﻲْ ﻻَ ﺇِﻟَـﻪَ ﺇِﻻَّ ﺃَﻧْﺖَ، ﺧَﻠَﻘْﺘَﻨِﻲْ ﻭَﺃَﻧَﺎ ﻋَﺒْﺪُﻙَ، ﻭَﺃَﻧَﺎ ﻋَﻠَﻰ ﻋَﻬْﺪِﻙَ ﻭَﻭَﻋْﺪِﻙَ ﻣَﺎ ﺍﺳْﺘَﻄَﻌْﺖُ، ﺃَﻋُﻮْﺫُ ﺑِﻚَ ﻣِﻦْ ﺷَﺮِّ ﻣَﺎ ﺻَﻨَﻌْﺖُ، ﺃَﺑُﻮْﺀُ ﻟَﻚَ ﺑِﻨِﻌْﻤَﺘِﻚَ ﻋَﻠَﻲَّ، ﻭَﺃَﺑُﻮْﺀُ ﺑِﺬَﻧْﺒِﻲْ ﻓَﺎﻏْﻔِﺮْ ﻟِﻲْ ﻓَﺈِﻧَّﻪُ ﻻَ ﻳَﻐْﻔِﺮُ ﺍﻟﺬُّﻧُﻮْﺏَ ﺇِﻻَّ ﺃَﻧْﺖَ

“Allahumma anta rabbii laa ilaaha illaa anta khalaqtnii wa anna ‘abduka wa anaa ‘alaa ‘ahdika wa wa’dika. mastatha’tu a’uudzu bika min syarri maa shana’tu abuu u laka bini’ matika ‘alayya wa abuu-u bidzanbii faghfir lii fa innahu laa yagfirudz dzunuuba illa anta.

Artinya: “ Ya Allah Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan selain Engkau yang telah menciptakanku, sedang aku adalah hamba-Mu dan aku diatas ikatan janji –Mu. Dan Aku berjanji kepada-Mu dengan semampuku. Aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat. Aku mengakui-Mu atas nikmat-Mu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku pada-Mu, maka ampunilah aku, sesungguhnya tiada yang boleh mengampuni segala dosa kecuali Engkau.” (HR. Bukhari).”

6. Doa Memohon Diberikan Anak

Doa Memohon Diberikan Anak

    Sebuah keluarga yang utuh adalah bila ada ayah, ibu serta anak. Oleh sebab itu orang yang sudah berumah tangga akan mengharapkan kehadiran anak dirumahnya. Maka diperlukan usaha dalam program hamil (promil) dengan cara berkonsultasi ke bidan, mengkonsumsi makanan sehat serta ditambah berdoa kepada Tuhan agar segera dikaruniai anak yang sehat dan tampan atau cantik serta aku soleh. Adapun bacaan doanya adalah :

 رَبَّنَا هَبْ لَـنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيّٰتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَّاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

"Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa." (QS. Al-Furqan 25: Ayat 74)

 قَالَ رَبِّ هَبْ لِيْ مِنْ لَّدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً ۚ اِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَآءِ

"Ya Tuhanku, berilah aku keturunan yang baik dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa." (QS. Ali 'Imran 3: Ayat 38)
Baca juga  Daftar Nama Bayi Laki-laki dan Perempuan Terbaru

7. Doa Bila Anak Sakit

    Mempunyai anak yang sehat dan cerdas adalah dambaan bagi ibu dan ayah. Tetapi terkadang putra atau putri kita sakit yang disebabkan mungkin karena faktor cuaca seperti batuk, demam dan sebagainya. Tindakan yang harus dilakukan yaitu dengan berobat ke dokter anak atau bidan. Jangan lupa untuk membaca doa seperti yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad “Letakkan tanganmu pada tempat yang sakit dan bacalah Bismillah tiga kali, lalu bacalah

 اعوذ با لله و قدراته من شر ما اجد و احاذر

A’uudzu billahi wa qudrotihi min syarri maa ajidu wa uhaadziru”
"Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaanNya dari keburukan yang sedang aku rasakan dan yang aku khawatirkan)” (HR. Muslim).

8. Doa Suami Istri Supaya Langgeng

Doa Suami Istri Supaya Langgeng

     Keluarga sakinah (langgeng) adalah cita-cita bagi setiap suami istri. Hidup bahagia bersama orang-orang yang disayang memang bukan hal mudah. Perlu adanya keselarasan antara semua anggota keluarga agar tidak ada kesalahpahaman yang bisa mengakibatkan pertengkaran atau perceraian. Karena itu hidup berumah tangga harus didasari rasa sayang melebihi ego masing-masing. Selain itu anda juga diharuskan selalu berdoa agar rumah tangga bisa selalu bahagia sampai maut memisahkan. Bacaan do'anya adalah :

 ﺭَﺑَّﻨَﺎٓ ﺍٰﺗِﻨَﺎ ﻣِﻦْ ﻟَّﺪُﻧْﻚَ ﺭَﺣْﻤَﺔً ﻭَّﻫَﻴِّﺊْ ﻟَﻨَﺎ ﻣِﻦْ ﺍَﻣْﺮِﻧَﺎ ﺭَﺷَﺪًﺍ

(Robbanaa aatinaa milladunka rohmatan wahayyi' lanaa min 'amrinaa rosyada)
"Ya Tuhan Kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan kami."


9. Doa Terhindar Dari Bahaya Dan Musibah (Doa Pagi dan Sore Hari)

    Dalam sejarah Kehidupan manusia di alam dunia ini tidak lepas dari yang namanya musibah, misalnya bencana alam, kecelakaan atau penyakit. Terkadang musibah tersebut tidak bisa diketahui datangnya. Oleh karena itu menjaga diri baik-baik, serta menjaga keharmonisan lingkungan merupakan salah satu cara pencegahan yang harus dilakukan. Jangan lupa juga untuk selalu membaca doa terhindar dari bala dan bahaya  dengan bacaan bahasa Arab serta artinya yaitu :

 ﺑِﺴْﻢِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺍﻟَّﺬِﻯ ﻻَ ﻳَﻀُﺮُّ ﻣَﻊَ ﺍﺳْﻤِﻪِ ﺷَﻰْﺀٌ ﻓِﻰ ﺍﻷَﺭْﺽِ ﻭَﻻَ ﻓِﻰ ﺍﻟﺴَّﻤَﺎﺀِ ﻭَﻫُﻮَ ﺍﻟﺴَّﻤِﻴﻊُ ﺍﻟْﻌَﻠِﻴﻢُ

"Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat). Dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. "

10. Doa Memohon Kelimpahan Rezeki

    Manusia sebagai mahluk hidup pastinya membutuhkan makanan, pakaian tempat tinggal, uang serta barang-barang lain sebagai pelengkap kebutuhan sehari-hari. Untuk mendapatkan segala kebutuhan tersebut maka kita harus bekerja. Tuhan telah menjamin bahwa semua mahluk akan diberikan rezeki. Tapi dalam realisasi nya ada rezeki yang didapat dengan cara yang mudah ada juga agak sulit. Karena itu Islam telah mengajarkan cara agar memperoleh rizki yang mudah dan berkah, yaitu dengan melaksanakan sholat sunat dhuha, tahajud, dan sering mengamalkan doa ini :

 ﺍَﻟﻠّٰﻬُﻢَّ ﺍَﻛْﻔِﻨِﻲْ ﺑِﺤَﻠَﺎﻟِﻚَ ﻋَﻦْ ﺣَﺮَﺍﻣِﻚَ ، ﻭَﺃَﻏْﻨِﻨِﻲْ ﺑِﻔَﻀْﻠِﻚَ ﻋَﻤَّﻦْ ﺳِﻮَﺍﻙَ .

“ Ya Allah, berilah aku kecukupan dengan rezeki yang halal, sehingga aku tidak memerlukan yang haram , dan berilah aku kekayaan dengan karuniamu , sehingga aku tidak memerlukan bantuan orang lain , selain diri -Mu .” ( HR . Ahmad)

 ﺍَﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺇِﻧِّﻲْ ﺃَﺳْﺄَﻟُﻚَ ﻣِﻦْ ﻓَﻀْﻠِﻚَ ﻭَ ﻋَﻄَﺎﺋِﻚَ ﺭِﺯْﻗًﺎ ﻃَﻴِّﺒًﺎ ﻣُﺒَﺎﺭَﻛًﺎ

Allobumma inni as aluka min fadhlika wa a'thooika rizqon toyyiban mubaarokan
“Ya Allah, dengan karunia dan anugerah-Mu, aku meminta rezeki yang baik lagi diberkahi.” (HR. Thabrani) 

Penutup

    Demikianlah ulasan mengenai doa doa memohon kebahagiaan dalam menjalani kehidupan berumah tangga. Semoga dengan mengamalkannya kita bisa menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah warohmah sampai mempunyai anak dan cucu.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar