--> Skip to main content

Merencanakan Pernikahan Dengan Budget Minim, Bagaimana Cara Mengaturnya?

Merencanakan Pernikahan Dengan Budget Minim, Bagaimana Cara Mengaturnya? 

Tips Merencanakan Pernikahan Wedding Organizer

    Sebuah acara Pernikahan (wedding) yang meriah, sukses serta dihadiri oleh banyak tamu undangan, merupakan keinginan bagi banyak pengantin. Untuk mencapai harapan tersebut tentunya harus dilakukan Perencanaan serta usaha yang benar. Cara termudah untuk mengadakan acara pernikahan (resepsi) yaitu dengan menggunakan jasa WO (wedding organizer), yaitu orang-orang yang profesional dan ahli juga berpengalaman dalam merencanakan dan membuat perayaan pernikahan.
    Tapi kita juga harus tahu bahwa mempekerjakan WO tentulah harus dibayar dengan biaya yang tidak murah, apalagi bila jasa WO tersebut sudah terkenal alias kondang. Lalu apakah ada solusi untuk pasangan yang ingin menikah dengan budget minim? 
Tentu saja bisa. Berikut ini kami akan memberikan beberapa Tips bermanfaat dalam mengelola dana yang minim tapi ingin acara pernikahannya meriah.

1. Tentukan Tema Acara

Tema Pernikahan Sederhana

    Menggelar upacara pernikahan baik itu secara sederhana atau mewah, di desa ataupun di kota, hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah konsep atau tema apa yang akan dipakai. Misalnya, calon pengantin serta keluarga menginginkan tema adat daerah, gaya Eropa, Timur Tengah dan apapun yang disetujui oleh kedua pihak.
Tips pertama : "Karena pernikahan merupakan acara yang sangat sakral, maka konsep harus dipikirkan dengan detail. Bila sulit mendapatkan ide, bisa mencontoh pada acara pernikahan selebritis atau orang lain. "

2. Buat List Sarana Dan Peralatan Pernikahan

Pernikahan Adat Jawa

    Setelah disepakati tentang tema pernikahan yang akan diterapkan, kemudian anda buatlah catatan mengenai peralatan pendukung serta barang apa saja yang dibutuhkan untuk menunjang dan melengkapi acara. Misalnya anda menggunakan konsep adat jawa, maka anda perlu mempersiapkan hiasan seperti janur kuning, kain batik, musik irama gamelan dan sebagainya.
Tips Kedua : "Untuk peralatan anda tidak perlu membeli karena biasanya ada salon rias pengantin yang menyewakan segala kebutuhan pesta nikah untuk tema apapun. Anda hanya perlu mencari disekitar wilayah tempat tinggal anda. "

3. Gedung/Tempat Acara Resepsi Pernikahan

Foto Gedung Pernikahan

    Salah satu kebutuhan yang menguras biaya banyak adalah bila kita Menyewa Gedung untuk acara pernikahan, yang bisa mencapai puluhan juta rupiah. Karena itu sebaiknya anda mencari tempat lain yang ukurannya luas dan bisa dipakai, misalnya di halaman rumah atau aula tempat umum misalnya balai desa dengan syarat mendapat izin dari kepala desa.

4. Busana Pengantin Dan Tradisi Hiburan

Foto Fitting Busana Pengantin

    Untuk urusan Busana, tenda dan Dekorasi sebaiknya anda menghubungi tempat penyewaan atau Salon Rias Pengantin. Tapi bila ternyata kurang lengkap dari apa yang direncanakan, maka anda bisa membeli barang atau hiasan di toko atau memesan via online di marketplace, karena tersedia banyak pilihan dan kategori sesuai yang dibutuhkan.
Untuk hiburan sebaiknya diakhirkan, setelah hal-hal yang lebih penting untuk Hiasan dan Tempat untuk acara perkawinan. Bila dana dirasa masih cukup memadai, maka selanjutnya dibuat acara hiburan.
Tips Ketiga : "Lebih baik adakan acara pengajian dan doa bersama, supaya acara pernikahan anda memperoleh keberkahan dari Allah SWT. "

5. Makanan (Prasmanan)

Contoh Masakan Adat Sunda

    Hidangan pernikahan atau yang biasa orang Indonesia menyebut Prasmanan juga harus diperhatikan. Karena biasanya tamu dan undangan yang datang akan menyantap masakan yang disediakan. Bila rasanya enak, maka akan memberikan kesan baik bagi mereka. Tapi bila hidangannya tidak enak atau misalnya ada yang basi, mereka akan memperbincangkan.
Tips Keempat : "Carilah orang yang sudah profesional dalam mengurus masakan, seperti koki. Atau bisa juga anda memesan catering. "

6. Perhitungan Biaya

    Dari list kebutuhan yang sudah anda tentukan, selanjutnya buat rincian biaya dari setiap komponen seperti Sewa tempat, pakaian, makanan, hiasan dan lain-lain. Dari jumlah rincian biaya tersebut, nantinya anda bisa mengetahui jumlah keseluruhannya. Bila ternyata bajet yang dimiliki kurang dan tidak bisa menutupi semua kebutuhan tersebut, maka yang harus dilakukan adalah mengelompokkan dan memilih bagian mana yang bisa dikurangi, misalnya dekorasi atau hiburan ditiadakan. Tapi bila uang anda masih tersisa setelah dikalkulasikan, maka anda bisa tenang.

7. Dana Cadangan

    Setelah perhitungan pengeluaran sudah bisa ditangani, sebaiknya anda harus tetap menyediakan dana cadangan minimal 5 % dari total pengeluaran.
Pentingnya dana cadangan ini adalah untuk menjaga bila terjadi hal-hal yang tidak terduga, misalnya tamu yang datang lebih banyak dari jumlah undangan yang disebarkan. Pastinya anda perlu menambah makanan dan minuman untuk tamu tersebut.

Susunan Acara dan Panitia Pernikahan

    Yang namanya sebuah acara penting (krusial) tentunya tidak boleh dikerjakan asal-asalan, tapi harus dikerjakan secara penuh pertimbangan. Supaya ketika selesai acara tersebut pihak panitia penyelenggara dan yang datang ke acara merasa puas serta meninggalkan kenangan yang berkesan. Untuk itu sebaiknya anda mencari inspirasi yang cocok, bisa dari sumber berita, video di youtube, google, atau dari orang yang pernah mengadakan resepsi pernikahan yang sukses dan inspiratif. Buat perencanaan secara terperinci sebulan sebelum acara, misalnya :
  • Persiapan
  • Peralatan
  • Orang yang terlibat dalam acara, misalnya pager ayu, keamanan, juru masak dan lain-lain
  • Biaya
  • Perizinan, dari ketua RT atau RW
  • Kendaraan, dan sebagainya.
Konsultasikan dengan orang yang sudah terbiasa mengurusi acara pernikahan supaya anda mendapat ide serta masukan demi kelancaran acara.

Rencana Sebelum dan Sesudah Menikah

Foto Keluarga
foto keluarga

    Sebuah pernikahan adalah momen dimana sepasang suami-istri akan menjalani kehidupan yang baru yaitu hidup berkeluarga. Karena itu seharusnya, sebelum menikah, anda mengobrol bersama pasangan anda serta keluarga tentang rencana setelah nanti menikah. Misalnya
  • Dimana akan tinggal, membeli rumah, menyewa, atau tinggal di rumah orang tua
  • Pekerjaan, tetap bekerja di perusahaan yang lama atau membuka usaha baru
  • Liburan ( bulan madu) mau didalam negeri atau ke luar negeri
  • Merencanakan mempunyai anak dengan mengikuti program keluarga berencana umpamanya
  • Menabung untuk masa depan, dan sebagainya.
Dan hal-hal tersebut diatas tidak boleh anda abaikan, supaya nantinya keluarga baru anda bahagia dalam kondisi apapun.

    Itulah bahasan tentang hal-hal yang harus direncanakan ketika akan membuat sebuah acara resepsi pernikahan sampai sesudah menikah. Semoga bermanfaat bagi anda.
Simak video ceramah pernikahan berikut ini :


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar