--> Skip to main content

Niat Puasa Senin Kamis Dan Doanya Serta Pahala Bagi Yang Berpuasa

Niat Puasa Senin Kamis Dan Doanya Serta Pahala Bagi Yang Berpuasa

Niat Puasa Senin Kamis Dan Doanya Serta Pahala Bagi Yang Berpuasa

     Berpuasa atau shaum menurut istilah artinya adalah " Menahan diri dari makan, minum serta hal-hal yang membatalkan dari terbit fajar sampai terbenam matahari ". Dan ternyata ibadah Puasa mempunyai kelebihan dibanding ibadah-ibadah lainnya, yaitu dari segi kesehatan tubuh, karena saat berpuasa pada siang hari sistem pencernaan akan beristirahat sejenak sehingga penyerapan nutrisi akan menjadi maksimal. Lalu orang yang sedang melaksanakan puasa biasanya akan menambah ibadah lainnya seperti membaca Al-Quran dan mengerjakan sholat sunat. Karena itu sungguh sangat banyak hikmah dari puasa.

Hukum Puasa Senin Kamis

Hukum Puasa Senin Kamis

     Secara garis besar hukum berpuasa ada dua yaitu:
  1. Wajib, seperti puasa pada bulan Ramadhan, puasa sebab nadzar dan puasa untuk kifarat/denda.
  2. Sunat, seperti puasa senin kamis, hari Asyura, Rajab dan puasa Daud. Jadi puasa hari senin dan kamis hukumnya sunnah yaitu  " Akan mendapatkan pahala bagi orang yang mengerjakannya, tapi tidak berdosa bagi orang yang rasa tidak melakukan. " Seperti yang dijelaskan dalam dalil ayat Al-Quran dan Hadits! Nabi Muhammad SAW berikut ini :

Tata Cara dan Rukun Puasa Senin Kamis

Tata Cara dan Rukun Puasa Senin Kamis

     Melaksanakan puasa ada tata cara yang harus dilakukan sesuai dengan yang diajarkan dalam agama Islam, yaitu:

1. Membaca Niat Puasa Senin Kamis

    Bagi orang yang akan berpuasa Senin Kamis maka wajib berniat dalam hati atau diucapkan lisan. Tidak sah seseorang berpuasa tapi tidak membaca niat terlebih dahulu. Waktu mengucapkan niat puasa adalah ba'da magrib sampai menjelang fajar (subuh), dengan kalimat niat puasa sebagai berikut :

Bacaan niat puasa senin bahasa Arab dan Indonesia

Bacaan niat puasa kamis bahasa Arab dan Indonesia

Bisa juga menambahkan hajat khusus saat niat puasa senin kamis, misalnya kesuksesan dalam tender bisnis, memohon kemudahan untuk jodoh dan pernikahan, ingin lulus ujian sekolah atau Universitas dan lain-lain. Akan menjadi lebih baik lagi bila dibarengi dengan sholat tahajjud dan dhuha.

2. Menahan dari makan dan minum serta hal-hal yang membatalkan

    Orang yang berpuasa dilarang memasukkan makanan atau minuman ke mulut dengan sengaja, karena bisa menjadi sebab batalnya puasa. Kecuali bila tidak sengaja atau lupa, maka tidak batal. Adapun hal-hal lain yang bisa membatalkan puasa yaitu berhubungan suami istri, muntah, haid pada wanita dan lain-lain.

3. Berbuka Puasa

    Waktu untuk berbuka puasa adalah pas waktu maghrib. Anda bisa mengetahuinya dengan melihat jadwal waktu sholat magrib di wilayah anda. Rosulullah SAW sangat menganjurkan agar menyegerakan berbuka puasa bila sudah tiba saatnya. Dan disunnahkan memakan makanan manis seperti buah kurma dan meminum segelas air putih. Dan dianjurkan juga untuk membaca doa berbuka puasa dengan lafaz berikut ini :

Bacaan doa berbuka puasa bahasa Arab dan Indonesia

Selain itu ada amalan sunat lain yaitu mengerjakan makan sahur dahulu, hikmahnya adalah supaya tubuh tidak lemas ketika siang hari berpuasa.
Baca juga  Tata cara dan niat puasa Ramadhan

Orang Yang Boleh Melakukan Puasa Senin Kamis

Orang Yang Boleh Melakukan Puasa Senin Kamis

     Syarat orang yang boleh berpuasa sunat senin kamis adalah  :
  1. Harus orang Islam,
  2. Tidak sedang haid atau nifas untuk perempuan,
  3. Tidak mempunyai qodo puasa Ramadhan,
  4. Baligh dan berakal sehat, dan
  5. Tidak di waktu yang diharamkan, misalnya hari tasyrik dan hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.

 Keutamaan dan Pahala Puasa Senin Kamis

      Suatu ibadah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW pastinya mempunyai keistimewaan dan manfaat bagi yang mengerjakannya. Hal tersebut karena Allah SWT dan Rosulullah SAW ingin agar umatnya berbahagia hidup di dunia dan akherat. Dikutip dari Republika.co.id inilah beberapa keutamaan dan manfaat puasa senin kamis

Aisyah ra mengatakan, "Rasulullah saw biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari Senin dan Kamis." (HR. An Nasai dan Ibnu Majah)

"Dari Abu Hurairah ra, bahwasanya Nabi Muhammad SAW berpuasa pada hari Senin dan Kamis, maka aku bertanya kepada Beliau, lalu Beliau bersabda, 'Sesungguhnya amalan-amalan seseorang didatangkan pada hari Senin dan Kamis."

Rasulullah SAW ditanya tentang anjuran berpuasa di hari Senin. Lalu beliau menjawab, "Itu adalah hari di mana aku dilahirkan, hari di mana aku diutus atau diturunkannya wahyu kepadaku." (HR. Muslim)
 Silahkan ditonton video ceramah ustadz tentang keutamaan puasa Senin Kamis dibawah ini :


Masalah Saat Puasa Senin Kamis

      Masalah-masalah yang sering dijumpai pada saat puasa sunah yaitu mungkin orang lain disekitar kita tidak sedang puasa sehingga makan dan minum seperti biasa. Mungkin itu bisa menjadi godaan bagi orang yang berpuasa. Masalah lainnya ialah kita bisa saja lupa membaca niat, lupa untuk makan sahur, atau pagi-pagi kita terbiasa sarapan dan lupa kalau kita sedang berpuasa.

Caption dan Quotes Ajakan Berpuasa

Caption dan Quotes Ajakan Berpuasa

     Berikut ini adalah beberapa caption dan quotes bijak islami yang berisi ajakan untuk melaksanakan puasa senin kamis kepada sahabat, keluarga atau orang lain supaya mendapatkan kemudahan dan keberkahan juga pahala dari Allah SWT.




     Dan demikianlah bahasan lengkap tentang bacaan niat puasa Senin kamis serta manfaat dan keutamaan yang diperoleh bagi orang yang melaksanakannya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar