--> Skip to main content

Tips Agar Rumah Tangga Harmonis Dan Langgeng

Tips Agar Rumah Tangga Harmonis dan Langgeng

    Setelah menjalani pernikahan dan resmi menjadi suami istri yang sah, selanjutnya pasangan akan dihadapkan pada sebuah kehidupan baru yang berbeda dari sebelumnya ketika masih berstatus lajang. Kehidupan rumah tangga mempunyai tantangan tersendiri yaitu dimana dalam mengambil keputusan harus ada kesepakatan antara suami dan istri. Tapi disisi lain pekerjaan rumah tangga menjadi lebih ringan karena menjadi tanggung jawab berdua.

1. Cerita Rumah Tangga Yang Harmonis

Cerita Rumah Tangga Yang Harmonis
keluarga harmonis dan samawa

    Bagi pengantin baru, pastinya bukan hal mudah untuk membina keluarga harmonis yang sakinah, mawaddah warohmah. Karena itu biasanya dibutuhkan profil sosok keluarga harmonis untuk dijadikan sebagai tauladan. Keluarga Rasulullah SAW merupakan contoh terbaik yang bisa kita tiru, dimana dalam sejarah kehidupan beliau dan keluarganya selalu dijalani dengan bahagia meski dalam situasi susah ataupun senang. Kita bisa meneladani bagaimana sikap dan perkataan Rosulullah kepada istri dan anak-anaknya. Lalu kita juga bisa belajar dari saudara, tetangga atau orang lain yang terlihat rumah tangganya bahagia dengan meminta nasehat atau pendapat, dengan syarat tidak membuka aib suami atau aib istri.
Terimalah kekurangan serta kelebihan pasangan anda sebagai karunia dari Allah

2. Saling Menghormati Kesukaan Masing-masing

Saling Menghormati Kesukaan Masing-masing
foto pengantin muslim

    Hobi atau kesukaan terhadap sesuatu merupakan salah satu sifat mendasar yang dimiliki setiap manusia. Misalnya hobi olahraga, menyanyi, menulis dan sebagainya. Suami dan istri bisa saja mempunyai hobi yang sama atau juga berbeda. Karena itu sebelum menikah sebaiknya keduanya saling memberi tahu kesukaan masing-masing tersebut. Supaya nanti ada persetujuan antara suami dan istri untuk tidak melarang jika hobi tersebut dilakukan. Jadi berilah kebebasan kepada pasangan anda untuk menjalankan kesenangannya dengan syarat tidak meninggalkan kewajibannya, serta hobi tersebut sifatnya positif dan tidak melanggar hukum negara dan agama.

3. Saling Membantu

Tips Keluarga Harmonis Saling Membantu
foto keluarga bahagia samawa

    Harmonis atau tidaknya sebuah keluarga tergantung pada orang-orang yang tinggal dalam lingkungan internal rumah tangga tersebut. Yaitu suami istri serta anak-anak. Bila mereka baik maka gangguan apapun dari luar atau pihak ketiga yang ingin mengacaukan rumah tangga anda pasti tidak akan berhasil. Dalam hal apapun misalnya pekerjaan suami atau tugas istri maka disarankan untuk turut membantu.
Keluarga ibarat tubuh yang bila salah satu bagian sakit, maka bagian lain ikut merasakan dan membantu mengobatinya

Cara Mengatasi Rumah Tangga Kurang Harmonis

Cara Mengatasi Rumah Tangga Kurang Harmoni

    Setiap manusia diciptakan oleh Allah memiliki kekurangan atau kelebihan. Karena itulah Allah menciptakan manusia secara berpasang-pasangan. Manusia adalah mahluk individu sekaligus mahluk sosial. Artinya, manusia tidak bisa hidup tanpa ada bantuan dari orang lain. Nah, pemahaman seperti itu harus dicamkan baik-baik oleh semua anggota keluarga, supaya muncul sikap saling menghormati privasi masing-masing, juga tidak melalaikan kewajiban yang harus dipenuhi kepada sesama anggota keluarga. Supaya tercipta hubungan keluarga yang sakinah, mawadah, warohmah, harus didasari rasa cinta dan kasih sayang melebihi apapun.
    Sejahat-jahatnya orang pasti punya sisi baik. Dan sebaik-baiknya orang pasti memiliki keburukan. Supaya tercipta hubungan keluarga yang sakinah, mawadah, warohmah, harus didasari rasa cinta dan kasih sayang melebihi apapun. Semoga bermanfaat, dan kami do'akan supaya keluarga anda selalu mendapatkan bimbingan dan keridhoan Tuhan. Sehingga bahagia hidup bersama keluarga sampai maut yang memisahkan. Simak juga video cara membina keluarga harmonis berikut ini :


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar