7 Manfaat Menjemur Burung di Pagi Hari dan Tips Menjemur Burung yang Benar

7 Manfaat Menjemur Burung di Pagi Hari dan Tips Menjemur Burung yang Benar

Manfaat Menjemur Burung
ilustrasi menjemur burung

Merawat burung kicauan tidak hanya sekedar memberikan makan dan minum saja. Tetapi masih ada trirmen lainnya yang juga harus dilakukan oleh para pemilik burung. Yaitu memandikan dan menjemur burung kicauan di waktu tertentu. Karena sebagaimana mahluk hidup lainnya, selain pertumbuhan badan burung, kesehatan burung dan keindahan bulunya juga harus benar-benar dirawat dengan baik. Karena, dengan kondisi burung yang sehat, maka performanya untuk selalu berkicau pun akan semakin baik (gacor). Dan tentu saja sebagai pemiliknya akan senang karena melihat peliharaannya sehat dan ceria atau tidak lemas. Kali ini kami akan memberikan pengetahuan mengenai beberapa manfaat menjemur burung. Selamat membaca! 

1. Menyehatkan Burung

Menjemur burung di pagi hari bisa menyehatkan untuk burung tersebut. Terutama apabila sudah dimandikan, pastinya bulu-bulu burung akan menjadi basah. Bila dibiarkan (tidak dikeringkan), maka bisa saja menimbulkan penyakit karena kuman, jamur atau bakteri yang hidup pada bulu burung yang basah atau lembab. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, maka cara terbaik yang harus dilakukan adalah dengan menjemurnya supaya bulu-bulu burung menjadi kering dan tidak menjadi tempat berdiam jamur atau bakteri. 

2. Melancarkan Sirkulasi Darah

Sebagaimana umumnya di semua daerah, bahwa pada malam hari, biasanya udara akan terasa dingin. Dalam keadaan suhu yang dingin, biasanya sirkulasi darah pada mahluk hidup berjalan agak lambat, dibanding saat suhu udara panas seperti waktu siang hari. Nah, burung peliharaan juga mungkin mengalami kedinginan. Bila dibiarkan, maka bisa saja burung mengalami sakit seperti pilek. Dan bila itu terjadi bisa mempengaruhi kualitas suara kicau burung. Untuk menghindari hal tersebut, maka burung harus dijemur pada waktu pagi sampai siang. Supaya tubuh burung menjadi hangat, peredaran darah lancar dan sistem imun yang dimiliki burung bisa bekerja dengan optimal. 

3. Rajin Berkicau

Burung yang dijemur biasanya sering berbunyi (kicau). Apalagi bila ada beberapa burung lain yang sama-sama dijemur berdekatan. Maka mereka akan berbunyi bersahutan. Karena secara alami burung yang hidup di alam bebas pada pagi hari akan berbunyi dan meramaikan suasana pagi. Jadi, tidak hanya memberikan makan dan minumnya, pemilik burung pun sebaiknya memberikan perawatan seperti kebiasaan burung di habitatnya, yaitu mandi dan berjemur. Dengan begitu akan memicu kemampuan berbunyi burung secara alami. 

4. Tidak Stress

Untuk menghindarkan burung dari sakit stress bisa dilakukan dengan menjemurnya saat matahari di pagi hari. Karena panas dari cahaya matahari bisa menghangatkan seluruh bagian tubuh burung dan bulu-bulunya. Saat kepala burung merasakan rasa hangat dari paparan sinar matahari, maka akan terasa rileks karena mengalirnya hormon di bagian otak burung. Dan fungsi hormon tersebut bisa menghilangkan stress. Apalagi bila diberikan pakan bernutrisi serta vitamin burung. Maka pastinya burung tidak akan mengalami stress. 

5. Membuat Burung Birahi

Manfaat selanjutnya, adalah bagi peternak burung yang ingin mengawinkan burung-burungnya. Dengan menjemur yang benar, pada burung jantan dan betina, maka akan memunculkan birahi secara alami. Karena memang sebagai mahluk yang berkembang biak, burung pun memiliki hasrat untuk kawin dengan lawan jenisnya. Karena perawatan yang benar serta proses penjemuran, bisa memicu birahi burung muncul secara alamiah. Biasanya burung akan tertarik kepada burung lainnya pada bulu dan suaranya. 

6. Ketahanan Tubuh Burung (Distem Imun) 

Sinar matahari di pagi hari memiliki banyak kandungan untraviolet, dimana ultraviolet tersebut memiliki manfaat untuk mengekstrak pro-vitamin D menjadi Vitamin D dalam tubuh burung. Vitamin D itu sendiri tentunya sangat baik untuk kesehatan burung, dimana sangat bagus untuk daya tahan tubuh, mempengaruhi struktur tulang dan bermanfaat untuk organ tubuh burung lainnya.

7. Mengoptimalkan Sistem Metabolisme 

Metabolisme tubuh yang bagus untuk burung dapat mempengaruhi penyerapan sari makanan, sehingga pendistribusian sari makanan ke organ tubuh burung lebih cepat dan efektif. Sinar matahari pada pagi hari memicu munculnya hormon dan zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Yang fungsinya adalah mencerna makanan serta membantu proses penyerapan vitamin dan protein pada makanan bisa diserap secara baik. Karena mahluk hidup seperti manusia dan juga hewan akan sehat bila proses pencernaannya berjalan dengan baik. 

Tips Menjemur Burung yang Benar

Tips Menjemur Burung yang Benar
ilustrasi lovebird dijemur

Dalam proses menjemur burung kicauan harus dilakukan dengan benar supaya manfaat yang telah disebut diatas bisa diperoleh. Alasan agar melakukan penjemuran dengan benar yaitu,karena sinar matahari merupakan variabel penting dan bahkan utama dalam kehidupan burung, termasuk burung kicauan yang dipelihara para penghobi burung. Tapi, bila tidak benar cara dan waktu menjemur, bisa berakibat sebaliknya dan membahayakan terhadap kesehatan burung. 

Berikut ini adalah tips menjemur burung yang baik dan benar: 

1. Waktu penjemuran antara jam 6 pagi sampai jam 10 siang

2. Durasi menjemur sekitar 30 menit sampai 2 jam. 

3. Durasi yang pendek tidak akan mengoptimalkan manfaat tersebut diatas.

4. Jangan menjemur terlalu lama, karena bisa membuat burung over heat, stress bahkan mati kepanasan. 

5. Jemur dari waktu sepagi mungkin, bahkan kalau bisa sebelum waktu fajar sehingga sekaligus untuk pengembunan. Pengembunan bagus dilakukan untuk burung agar mereka bisa mendapatkan kesegaran udara pagi hari, yang diasumsikan kondisi udaranya masih bersih tidak terkena polusi debu siang hari.

6. Jangan lakukan penjemuran melewati pukul 10.00 karena selepas waktu itu sinar ultarviolet bisa membuat bulu burung rusak. 

7. Jangan menjemur dengan sangkar dikerodong, khususnya untuk daerah panas. Penjemuran dengan sangkar burung dikerodong, bisa menyebabkan burung mendapat panas yang berlebihan. Burung bisa kekurangan oksigen dan bisa mati kepanasan. 

8. Untuk penghobi yang harus berangkat kerja pagi hari dan pulang sore hari, bisa menempatkan burung di tempat tertentu di mana burung mendapatkan sinar matahari dan pada sekitar pukul 09.00 sinar matahari sudah tertutup atap/dedaunan. 

9. Kalau Anda mengeluarkan burung sejak subuh, maka burung bisa dimandikan dalam karamba pada pagi hari antara pukul 06.00 – 07.00 dan bisa langsung dijemur karena sinar matahri belum panas sehingga tidak membuat bulu mengkerut/keriting.

10. Kalau Anda memandikan selepas pukul 08.00, maka sebelum dijemur perlu diangin-anginkan dulu sehingga kondisi bulu sudah teratur rapi (dirapikan si burung sendiri).

Kalau Anda langsung menjemur setelah burung dimandikan dalam kondisi sinar matahari yang sudah panas, maka sebelum bulu sempat dirapikan burung, maka bulu sudah telanjur kering. Hal ini menyebabkan bulu menjadi keriting, tidak tertata rapi.

11. Jika kesempatan untuk memandikannya hanya pada sore hari, maka anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini: mandikan burung, diangin-anginkan dan dijemur dengan panas matahari sore sebaiknya selewat jam 16.00 sehingga sinar matahari sudah tidak terlalu panas.

12. Untuk burung-burung jenis anis, seperti anis merah atau punglor merah, anis kembang , anis macan, kacer poci atau sekoci dan kacer hitam, sulingan atau tledekan , jenis-jenis cucak, murai batu dan sebagainya, maka keperluan mereka untuk penjemuran relatif sedikit dibandingkan jenis burung pemakan biji-bijian. Sebab burung jenis-jenis itu di alam sana hidup di antara pepohonan yang rindang dan tidak terbiasa berjemur berlama-lama.

13. Untuk burung-burung jenis pemakan biji seperti kenari, gelatik, branjangan, perkutut, derkuku, lovebird dan beberapa burung paruh bengkok lain, bisa dilakukan penjemuran relatif lebih lama ketimbang burung-burung jenis anis ataupun cucak. Bahkan dalam berbagai kasus, beberapa burung yang macet bunyi bisa diterapi dengan penambahan waktu jemur diimbangi dengan banyak mandinya. Misalnya lovebird atau kenari, memerlukan panas yang relatif banyak.

Burung-burung pemakan biji umumnya hidup di padang rumput, ladang jagung, gandum, milet dan sebagainya yang merupakan daerah terbuka dan banyak kena sinar matahari.

14. Untuk burung jalak suren, kakatua, pentet atau cendet dan beberapa burung lainnya. Meski bukanlah pemakan biji tetapi pada habitat aselinya dulu dia selalu berada di persawahan atau rawa-rawa yang relatif mendapat banyak sinar matahari. Meski demikian, burung jalak suren tidak memerlukan penjemuran yang lama jika dipelihara di rumahan.

Sedangkan burung kakatua dan beberapa jenis nuri, meskipun mereka pemakan biji-bijian tetapi mereka lebih banyak berasal dari habitat hutan dengan memakan biji-bijian dari pepohonan yang besar dan rindang.

Demikianlah beberapa manfaat menjemur burung kicauan. Dan tips menjemur burung yang benar. Semoga bermanfaat. Dan perhatikanlah kondisi burung yang sedang dijemur. Bila terlihat nyaman, maka biarkan saja dengan durasi waktu penjemuran standar sekitar 30 menit sampai 2 jam. Tapi bila tampak burung tidak nyaman saat dijemur, maka segera hentikan proses penjemuran. Bawa burung ke tempat yang teduh, kemudian periksa apakah dia sedang mengalami sakit. Segera obati burung yang sakit dan rawat dengan benar. Supaya dia kembali sehat. Bila terlihat sehat kembali, maka bisa dijemur di lain kesempatan.

Rawatlah burung sebagaimana kita merawat diri sendiri. Perhatikan kebutuhan makanan, minuman, kebersihan tempat (sangkar) dan kebersihan badannya dengan cara memandikan dan menjemur.

Tidak ada komentar untuk "7 Manfaat Menjemur Burung di Pagi Hari dan Tips Menjemur Burung yang Benar"