√ Jenis-jenis Asuransi yang Tersedia di Indonesia

√ Jenis-jenis Asuransi yang Tersedia di Indonesia

Jenis-jenis Asuransi yang Tersedia di Indonesia
ilustrasi Asuransi kendaraan


Asuransi merupakan salah satu bentuk simpanan uang yang bisa dipakai untuk klaim salah satu atau beberapa aspek yang didaftarkan. Misalnya, asuransi kendaraan. Orang yang terdaftar sebagai klien di salah satu perusahaan asuransi, bisa mendapatkan uang bila suatu saat terjadi kecelakaan yang membuat kendaraannya rusak. Selain itu, ada beberapa jenis asuransi yang perlu diketahui. Berikut adalah beberapa jenis asuransi yang tersedia di Indonesia:

1. Asuransi Jiwa:

Asuransi jiwa adalah sebuah jenis asuransi yang memberikan ganti rugi terhadap tertanggung akibat risiko kematian. Pada jenis asuransi ini, pihak penanggung akan membayar premi secara berkala kepada perusahaan asuransi dengan jumlah dan jangka waktu yang telah ditentukan sebagai kompensasi atas ganti rugi yang diberikan kepada pihak penerima manfaat (tertanggung)

2. Asuransi Kesehatan:

Asuransi kesehatan adalah sebuah jenis asuransi yang memberikan perlindungan atau ganti rugi terhadap berbagai risiko kesehatan yang terjadi pada tertanggung. Asuransi Kesehatan ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan asuransi dengan beragam pilihan mulai dari perlindungan biaya rawat inap di rumah sakit hingga perawatan jalan pra dan pasca proses rawat inap di rumah sakit. Selain itu, Asuransi Kesehatan kini juga menyediakan jaminan untuk biaya proses melahirkan normal maupun sesar kepada tertanggungnya. Di Indonesia ada dua jenis asuransi kesehatan, asuransi kesehatan swasta dan asuransi kesehatan pemerintah BPJS Kesehatan.

3. Asuransi Mobil:

Asuransi mobil adalah sebuah jenis asuransi yang memberikan perlindungan terhadap mobil Anda dari berbagai risiko yang mungkin terjadi. Asuransi ini memiliki 2 jenis yaitu :

  • TLO (Total Loss Only) yang hanya memberikan ganti rugi terhadap kerusakan berat saja dan 
  • All Risk yaitu asuransi yang memberikan perlindungan secara menyeluruh terhadap mobil Anda dari segala jenis risiko kerusakan baik itu kerusakan kecil maupun besar dengan berbagai jenis perluasan yang tersedia didalamnya

4. Asuransi Perjalanan:

Asuransi ini adalah asuransi yang diperuntukkan untuk Anda yang memang suka melakukan perjalanan baik keluar kota sampai keluar negeri dan fungsinya yang hanya melindungi ketika akan melakukan perjalanan saja.

5. Asuransi Pendidikan:

Asuransi pendidikan adalah sebuah jenis asuransi yang memberikan jaminan biaya pendidikan dengan kepada Anak, dimana biasanya orang tua akan membayar premi asuransi secara berkala untuk menjamin dan membayarkan biaya pendidikan mulai dari sekolah sampai kuliah sesuai dengan jumlah tabungan dan premi yang dibayarkan.

6. Asuransi Properti:

Asuransi properti adalah sebuah jenis asuransi yang memberikan ganti rugi dan perlindungan kepada pemilik properti seperti rumah dari risiko kehilangan, kerusakan, kebakaran, dan bencana alam dengan memberikan penggantian biaya perbaikan atau perawatan atas kerusakan atau kerugian yang terjadi

Kriteria Risiko yang Bisa Diasuransikan yang Perlu Diketahui

Kriteria Risiko yang Bisa Diasuransikan


Tidak semua risiko bisa atau bahkan perlu diasuransikan. Hanya risiko yang menurut kita tidak bisa ditanggung sendiri saja yang perlu diasuransikan, seperti risiko sakit, kecelakaan, kehilangan, kebakaran, dan sebagainya.

Aset yang nilainya kecil tidak masuk kriteria yang dilindungi dalam asuransi. Prinsipnya, risiko yang diproteksi perusahaan asuransi memiliki kriteria berikut:

  1. Dapat dinilai secara finansial
  2. Masuk dalam salah satu jenis asuransi yang ditawarkan perusahaan
  3. Terdapat sejumlah orang dengan risiko yang sama
  4. Layak untuk diasuransikan (memiliki nilai yang material dan kepentingan asuransi)

Kriteria risiko di atas biasanya sudah diolah perusahaan asuransi menjadi produk asuransi yang siap ditawarkan kepada masyarakat.

Bagaimana Perusahaan Asuransi Menjalankan Bisnis Pengelolaan Risiko? 

Bisnis asuransi adalah bisnis pengelolaan dan pengalihan risiko dari nasabah ke perusahaan asuransi. Beberapa sistem kerja dan cara mengelola risiko oleh perusahaan asuransi ini perlu Anda ketahui:

  1. Nasabah resmi terdaftar sebagai peserta program asuransi setelah menandatangani perjanjian yang dituangkan ke dalam bentuk polis asuransi.
  2. Nasabah yang terdaftar program asuransi wajib membayar premi. Semua premi dari nasabah akan masuk ke dalam pool asuransi. Anggota baru ataupun lama statusnya adalah sama, yaitu dijanjikan perusahaan asuransi akan dibayar sejumlah uang bila kerugian yang dipertanggungkan terjadi, asalkan premi yang menjadi kewajibannya telah dibayar.
  3. Ikut program asuransi layaknya membeli uang besar dengan uang kecil. Artinya, risiko bisa terjadi kapan saja. Bisa saja Anda baru ikut program asuransi kemarin dan hari ini terjadi risiko maka Anda bisa klaim. Ini keuntungan yang bisa didapatkan dari program asuransi.
  4. Perusahaan asuransi akan mempertimbangkan setiap risiko dari produk yang dijalankan dengan cara melakukan pendataan dan membuatnya dalam bentuk statistik risiko yang berisi:
  5. Prediksi jumlah orang yang benar-benar akan mengajukan klaim dalam suatu periode. Perusahaan asuransi harus jeli memperkirakan jumlah orang yang akan mengalami kerugian pada tahun pertama, tahun berikutnya, dan seterusnya
  6. Prediksi jumlah nasabah yang tidak klaim dalam suatu periode sehingga perusahaan asuransi dapat membayar klaim yang bernominal jauh lebih besar dibandingkan uang premi yang diterima dari pemegang polis
  7. Statistik informasi detail nasabah sehingga bisa dikelompokkan sesuai karakteristik risiko untuk menghitung tingkat premi berdasarkan kelompok risikonya. Istilahnya adalah klasifikasi risiko atau underwriting. Dengan mengenakan premi sesuai risiko, perusahaan asuransi dapat bertindak adil kepada semua pemegang polis.

Kesimpulan

Dengan adanya berbagai jenis asuransi di Indonesia, maka dapat membantu masyarakat Indonesia untuk mengamankan aset berharga miliknya. Sehingga, bila suatu saat terjadi musibah yang tidak diharapkan, pemegang polis asuransi bisa mendapatkan uang. Sehingga bisa meringankan beban yang sedang dialami. Sehingga orang tersebut bisa pulih dari musibah dengan cepat. 

Baca juga Ragam manfaat memiliki asuransi

Tidak ada komentar untuk "√ Jenis-jenis Asuransi yang Tersedia di Indonesia"