Khasiat Jahe Untuk Burung Peliharaan dan Burung Berkicau

Khasiat Jahe Untuk Burung Peliharaan dan Burung Berkicau

Khasiat Jahe Untuk Burung Kicauan
ilustrasi jahe dan burung kicauan


Jahe (Zingiber officinale), adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Tanaman jahe memiliki berbagai macam kandungan yang baik untuk kesehatan burung, sehingga ketika di konsumsi oleh burung akan membuat burung menjadi lebih sehat. Dengan sifat pedas dari senyawa zingeton yang dimiliki oleh jahe, bisa membuat rasa hangat ketika dikonsumsi dalam bentuk minuman. Dan, sebagai penduduk Indonesia, kita merasa beruntung, karena tanaman jahe bisa dibudidayakan di Indonesia. Sehingga kita bisa dengan mudah mendapatkannya sebagai suplemen herbal untuk kesehatan kita atau juga untuk diberikan kepada burung peliharaan kita. 

Manfaat yang di dapat dari mengkonsumsi jahe pada burung tentunya di sebabkan oleh kandungan yang terdapat dari jahe itu sendiri. Diantaranya, jahe memiliki zat aktif gingerol yang bermanfaat untuk anti inflamasi (peradangan), dimana zat ini bisa meredakan bengkak karena peradangan, misalnya pada tenggorokan burung. Selanjutnya kandungan anti oksidan bisa menguatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit karena perubahan cuaca atau virus. Kandungan lain yang dimiliki tanaman jahe yaitu: B kompleks, Vitamin A, Magnesium ( Mg ), Vitamin C, Mineral, Calcium ( Ca ), Posfor ( P ), Zat Besi ( Fe ), Kalium ( K ), Natrium ( Na ) serta mengandung protein. 

Dengan begitu banyaknya zat-zat yang bagus untuk kesehatan, maka jahe pun memiliki ragam manfaat untuk burung. Apa sajakah manfaat-manfaatnya tersebut? Silahkan baca artikel ini sampai habis! 

1. Mengatasi Masalah Pernafasan pada Burung

Gangguan pada pernafasan burung adalah salah satu masalah yang ditakutkan para pemilik burung kicauan. Karena jika ada masalah pada pernafasan burung, maka secara otomatis bisa mempengaruhi kualitas suara burung (kicau). Gangguan pernafasan biasanya disebabkan oleh virus atau karena suhu udara yang dingin. Untuk mengatasi dan menghindarkan burung dari gangguan pernafasan, maka bisa diobati dengan memberikan ramuan yang berbahan dasar jahe. Caranya bisa dengan memberikan minuman larutan jahe yang sudah diparut dan direbus. Berikan minuman tersebut dalam kondisi sudah dingin. Zat yang terkandung dalam jahe bisa mematikan virus dan menghangatkan tubuh burung. 

2. Mengobati Masalah Pencernaan Burung

Burung yang sedang ada masalah pada pencernaannya, biasanya akan tampak murung dan tidak lincah seperti biasanya. Ciri lainnya adalah pada feses/kotoran burung yang terlihat ada warna putih, berlendir dan encer. Penyebabnya mungkin karena cuaca dingin, terkena air hujan, atau faktor makanan dan minuman. Untuk mengobatinya bisa dilakukan dengan memberikan ramuan jahe. Khasiat dari jahe ini adalah untuk menghangatkan tubuh dan sistem pencernaan burung seperti lambung dan usus. Zat yang terkandung dalam jahe juga bisa mematikan bakteri yang mengganggu pencernaan. 

3. Memberikan Rasa Hangat

Didalam jahe terkandung senyawa Zingeton yang bagus untuk kesehatan tubuh. Sifat dari zingeton adalah memiliki rasa yang pedas. Itulah yang menyebabkan jahe memiliki rasa pedas di lidah ketika dimakan. Tapi zat zingeton juga merupakan senyawa alami yang bisa menghangatkan badan. Salah satu penyebab burung macet bunyi adalah karena kedinginan akibat suhu di musim dingin atau hujan. Nah, dengan memberikan jahe, bisa menghangatkan tubuh burung, bagian pencernaan juga bagian pernafasan. Sehingga burung kembali sehat dan rajin bersuara kembali (gacor). 

4. Mengatasi Mabuk Perjalanan

Adakalanya burung dibawa dalam perjalanan menggunakan kendaraan ke tempat yang jauh. Misalnya, burung akan mengikuti perlombaan, atau burung tersebut akan dibeli oleh orang lain yang berbeda kota. Untuk mempertahankan staminanya agar tetap sehat, maka disarankan untuk memberikan jahe kepada burung sebelum dibawa dalam perjalanan agar burung tidak mabuk perjalanan. Ciri-ciri burung yang mengalami mabuk perjalanan bisa di lihat dari pandangannya menjadi kabur, kedua sayapnya bergetar, mual dan juga muntah.

Sebelum berangkat, burung di berikan jahe terlebih dahulu entah itu dengan mencampurkan perasan air jahe ke dalam air minum, memasukan jahe dengan ukuran kecil kedalam jangkrik sebelum di makan burung atau bisa melolohnya. Dengan cara ini diharapkan burung gacor saat lomba. 

ilustrasi burung dibawa dalam kendaraan


5. Memulihkan Stamina

Stamina burung menjadi ngedrop bisa terjadi sewaktu-waktu dan disebabkan oleh banyak hal. Entah itu terjadi pasca lomba, gangguan binatang seperti kucing, masalah pada pencernaan, atau karena perjalanan. Ciri-ciri burung yang kurang baik staminanya adalah bisa dilihat dari gerakannya yang lambat, tidak lincah seperti biasanya, atau burung malas berkicau. Dan jika burung sudah terlihat turun staminanya, maka berikan jahe segera untuk memulihkan stamina yang turun atau drop. Dan jangan lupa juga untuk merawat burung agar terhindar dari hal-hal yang menyebabkannya drop seperti cuaca dingin, gangguan hewan lain atau cara memandikan dan menjemur yang tidak benar. Untuk mengetahui cara menjemur burung yang baik bisa dibaca dalam artikel ini. Cara menjamur burung kicauan yang benar

6. Penambah Nafsu Makan

Manfaat jahe untuk burung kicau bukan saja untuk menjaga kesehatan tetapi juga berguna untuk meningkatkan nafsu makan. Dengan begitu, pertumbuhan burung pun semakin baik. Terutama anakan burung yang masih kecil perlu asupan gizi yang baik. Begitu pula indukan burung dewasa yang mau diternakkan, harus diperhatikan pola makannya oleh pemilik burung supaya tetap sehat dan lancar saat perkawinan. 

7. Menjadi Nutrisi Pelengkap Burung

Jahe mempunyai beberapa kandungan yang di butuhkan oleh tubuh burung. Seperti vitamin B complex dan beberapa mineral seperti zat besi, kalium dan lain-lain. Terdapat juga anti oksidan sebagai bahan penting dalam menjaga ketahanan tubuh dalam menangkal radikal bebas (auto imun). Sehingga khasiatnya tidak di ragukan lagi sebagai pelengkap nutrisi penting yang akan dibutuhkan oleh burung.

8. Merangsang Burung Agar Lebih Cepat Gacor 

Sudah tidak asing lagi bagi para pengicau bahwa pemberian jahe kepada burung kicauan dapat merangsang burung untuk lebih rajin berkicau (gacor). Itulah sebabnya jahe selalu dijadikan bahan ramuan oleh pemilik burung/pengicau untuk memancing kemampuan berbunyi sang burung. Sebagaimana diketahui bahwa saat mengonsumsi jahe akan timbul rasa hangat di tenggorokan juga perut. Nah, dalam kondisi tenggorokan yang hangat, aliran pernafasan pun menjadi lancar. Itulah alasan kenapa burung menjadi rajin berbunyi bila sering diberi asupan jahe. 

Baca juga Masteran suara burung

Cara & Trik Memberikan Jahe untuk Burung

Dengan mengetahui banyaknya khasiat jahe untuk burung peliharaan/kicauan, maka dianjurkan untuk pemelihara burung atau para kicau mania untuk menjadikan jahe sebagai obat herbal untuk burung. Adapun, cara untuk memberikan jahe bisa dilakukan dengan beberapa cara antara lain: 

1. Mencampurkan perasan air jahe yang sudah diparut kedalam minuman burung.

2. Memberikan air perasan jahe langsung ke mulut burung ( melolohkan).

3. Memasukan potongan kecil jahe ke pakan burung, seperti pakan jangkrik, ulat hongkong, voer atau pakan lainnya.

4. Menggeprek jahe kemudian dicampurkan pada pakan, atau dilolohkan.

Lakukan pemberian jahe secara rutin dan secukupnya untuk menjaga stamina dan kesehatannya, juga supaya kualitas suaranya tetap bagus. Anda bisa memberikan jahe misalnya seminggu 3 kali sebagai suplemen kesehatan untuk burung peliharaan.

gambar ramuan jahe

Kesimpulan

Secara garis besar bisa disimpulkan bahwa burung yang dipelihara dalam sangkar tidak akan mendapatkan nutrisi sebaik saat dia hidup di alam bebas. Karena itu, para pemelihara burung sudah seharusnya selalu memperhatikan keadaan burung peliharaannya dengan baik dan penuh perhatian. Tidak hanya mengharapkan perfoma burung supaya suaranya bagus. Tapi harus bisa juga sebaik mungkin mencukupi kebutuhan burung sebagai mahluk hidup. Kekurangan vitamin bisa membuat burung menjadi lesu dan tidak semangat dalam berkicau. Untuk itu, pemberian suplemen vitamin seperti ramuan jahe dapat membantu mencukupi kebutuhan dasar burung. 

Tidak ada komentar untuk "Khasiat Jahe Untuk Burung Peliharaan dan Burung Berkicau"