√ Manfaat Umum Memiliki Asuransi yang Perlu Dipahami

√ Manfaat Umum Memiliki Asuransi yang Perlu Dipahami

Manfaat Umum Memiliki Asuransi yang Perlu Dipahami


Salah satu tantangan yang dihadapi industri asuransi di Indonesia adalah masih banyaknya orang yang belum mengetahui apa manfaat dari memiliki asuransi. Banyak yang berpikir asuransi hanya menjadi beban dalam pengeluaran sehari-hari. Bisa saja pemikiran tersebut muncul karena tidak memahami betul-betul soal asuransi.

Asuransi berperan dalam menanggung risiko jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Misalnya, seseorang yang memiliki asuransi mengalami kecelakaan. Sebagai pemegang asuransi, biaya perawatan orang tersebut tentu saja ditanggung perusahaan asuransi sesuai kesepakatan. Atau pemegang asuransi tersebut mengklaim premi yang selama ini dibayarkan ke perusahaan asuransi.

Klaim yang dilakukan pemegang asuransi harus disertai dengan syarat-syarat yang lengkap dan benar. Setidaknya terdiri dari laporan kejadian serta perhitungan kerugian yang dialami pemegang polis berikut data pendukungnya. Kewajiban pemegang polis (nasabah asuransi) adalah membayar premi dalam jumlah tertentu sesuai dengan ketentuan. Premi ini menjadi sumber pendapatan perusahaan asuransi yang akan dikumpulkan dengan premi seluruh nasabah asuransi untuk menutup setiap klaim yang terjadi. Ada sisi saling menolong dari nasabah asuransi untuk nasabah lain yang sedang mengalami musibah atau risiko. Berikut ini adalah beberapa manfaat utama memiliki sebuah polis asuransi:

Membuat Hidup Lebih Tenang:

Tidak ada yang mengetahui suatu saat kejadian buruk akan datang menghampiri kita. Berjaga-jaga adalah kunci terbaik agar terhindar dari hal tersebut. Karena itu, peranan asuransi di sini sangatlah penting. Dengan memiliki asuransi, kerugian dapat diminimalkan. Sebab ada jaminan perlindungan dari setiap klaim yang dilakukan. Dengan begitu, hidup pun menjadi lebih tenang.

Asuransi yang Bisa Sekaligus Menjadi Sarana Investasi:

Apakah Anda ingin berinvestasi, tetapi tidak tahu harus memilih yang mana? Anda dapat memulai dengan investasi yang digabung dalam satu paket asuransi atau yang dikenal dengan nama unit link. Investasi ini bukan berguna untuk diri Anda saja, melainkan juga bisa kepada orang terdekat. Memiliki investasi akan membuat Anda memiliki keuntungan pada masa depan. Selain itu, keuntungan saat ini dapat berkembang dan dapat dimanfaatkan untuk hari esok.

Meminimalkan Kerugian:

Secara tidak langsung, sebetulnya asuransi adalah cara untuk memaksa nasabahnya menabung dan baru akan terasa manfaatnya ketika pemegang polis mengalami risiko. Memiliki asuransi akan membantu Anda untuk mengatasi segala risiko yang terjadi.

Selan itu beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan adalah:

  • Memberikan perlindungan dan ganti rugi terhadap keluarga setelah kematian seseorang dari hilangnya pendapatn
  • Memberikan kepastian pembayaran hutang setelah kematian
  • Memberikan perlindungan dan ganti rugi terhadap risiko dan biaya kesehatan yang tidak terduga
  • Memberikan perlindungan dan ganti rugi terhadap tututan hukum
  • Memberikan perlindungan dan ganti rugi terhadap kondisi cacat tetap akibat penyakit atau kecelakaan
  • Memberikan perlindungan terhadap bisnis Anda dari berbagai gangguan bisnis dan hilangnya penghasilan karena hal-hal tak terduga
  • Melindungi aset Anda terhadap pencurian, kehilangan, kerusakan, kebakaran, bencana alam, dan bahaya lainnya

Mengapa Anda Harus Memiliki Polis Asuransi? 

Mengapa Anda Harus Memiliki Polis Asuransi


Berikut adalah alasan-alasan mengapa Anda perlu memiliki sebuah polis asuransi:

  1. Asuransi memberikan jaminan perlindungan dan rasa nyaman dari risiko yang mungkin saja terjadi di masa depan. Dengan memiliki asuransi Anda juga akan lebih tenang dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Pasalnya bila sewaktu-waktu terjadi musibah, kecelakaan, atau penyakit, keluarga Anda tidak perlu bingung untuk mencari biaya pengoabatan karena semua telah ditanggung oleh perusahaan asuransi.
  2. Asuransi bisa meningkatkan efisisensi perlindungan diri dan mentransfer risiko dengan cukup membayar premi asuransi dalam jangka waktu tertentu. Pembayaran premi ini tentu saja bertujuan agar perusahaan asuransi dapat memberikan ganti rugi terhadap bencana yang menimpa Anda atau keluarga Anda.
  3. Asuransi dapat digunakan sebagai instrumen investasi, dimana dengan membayar premi asuransi, Anda akan terbiasa menabung dalam jumlah yang ditentukan. Belum lagi bila Asuransi yang Anda miliki adalah asuransi jenis unit link yang nilainya akan semakin bertambah setiap tahun.
  4. Asuransi dapat digunakan untuk menyusun rencana masa depan. Dengan asuransi Anda bisa mempersiapkan biaya pendidikan untuk anak Anda, atau bisa dijadikan sebagai persiapan dana pensiun Anda di masa mendatang

Kelebihan Membeli Asuransi Secara Online 

Ada beberapa alasan mengapa Anda lebih baik membeli asuransi secara online, yaitu:

1. Proses dilakukan secara online:

Semua proses yang dilakukan mulai dari transaksi, proses aplikasi, update status dan pengecekan dilakukan secara online (dalam sistem yang terintegrasi) sehingga dapat menghemat waktu Anda dibandingkan harus mengunjungi bank atau melalui agen asuransi.

2. Biaya polis lebih murah:

Pengajuan asuransi secara online memakan biaya yang lebih murah dbanding secara offline karena pengurangan biaya distribusi dan infrastruktur sehingga pemegang polis mendapatkan asuransi dengan premi lebih rendah.

3. Banyak produk yang tersedia secara online:

Dalam konteks ini karena pengajuan asuransi dilakukan secara online maka calon nasabah dapat dengan leluasa memliih dan membandinkan banyak produk-produk asuransi yang tersedia dan tersebar di berbagai tempat. Hal ini akan membantu nasabah memahami lebih dalam berbagai produk asuransi yang terseda sehingga calon nasabah dapat menjatuhkan pilihan ke produk yang tepat dibandingkan secara online.

4. Portal asuransi yang menarik dan lengkap:

Sebagian besar website pengajuan asuransi memiliki tampilan yang menarik dan form yang lebih lengkap untuk diisi sehingga proses pengajuan bisa dilakukan dengan mengupload dokumen yang diperlukan dibandingkan harus menyiapkan secara offline.

5. Mendapatkan akses review produk:

Dengan melakukan pengajuan secara online Anda dapat melihat dan mendengarkan berbagai macam review dari produk asuransi yang Anda inginkan dari orang-orang yang sebelumnya pernah mengajukan produk tesebut sebagai referensi produk yang tepat.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas, sudah menerangkan tentang pentingnya asuransi untuk manusia. Dan diharapkan agar semua warga negara Indonesia mau untuk mengikuti program asuransi. Misalnya asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi kendaraan dan lain-lain. Karena banyaknya manfaat yang bisa didapatkan dari asuransi. Manfaat tersebut bisa dirasakan segera atau juga di masa yang akan datang. 

Baca juga  Dasar hukum asuransi

Tidak ada komentar untuk "√ Manfaat Umum Memiliki Asuransi yang Perlu Dipahami"