Menaker: BLT Subsidi Gaji Tak Dilanjutkan, Diganti Bantuan Rp3,5 Juta, Apa Syaratnya?

Menaker: BLT Subsidi Gaji Tak Dilanjutkan, Diganti Bantuan Rp3,5 Juta, Apa Syaratnya?   

 

Menaker: BLT Subsidi Gaji Tak Dilanjutkan, Diganti Bantuan Rp3,5 Juta, Apa Syaratnya?

Dampak pandemi covid 19 telah merambah ke banyak sektor, terutama sektor ekonomi. Oleh karena itu, pemerintah pada tahun 2020 kemarin telah mengucurkan dana yang besar untuk masyarakat yang terdampak pandemi supaya meringankan beban ekonomi. Bantuan dari pemerintah tersebut dibagi dalam beberapa jenis bantuan, salah satunya adalah bantuan subsidi gaji untuk pegawai.

Tahun kemarin karyawan mendapatkan uang sebesar Rp 2,4 juta yang dibagi kedalam empat kali pencairan. Tapi, sayangnya tahun 2021 ini jenis bantuan subsidi gaji untuk pegawai tersebut ditiadakan oleh pemerintah.

BLT subsidi gaji tidak dilanjutkan pada 2021 karena anggarannya tidak dimasukkan di APBN 2021. Hal ini disampaikan oleh Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah. Sebagai ganti BLT subsidi gaji, pemerintah akan mengandalkan program Kartu Prakerja untuk memberikan insentif bagi pekerja terdampak pandemi COVID-19.

“Kita tidak menggunakan skema subsidi upah, tapi program Kartu Prakerja yang di situ ada insentifnya tetap dilanjutkan," ujarnya beberapa waktu lalu.

Menaker menegaskan bahwa alokasi yang diberikan terhadap Kartu Prakerja cukup besar, yakni sekitar Rp20 triliun dan sejauh ini tidak ada anggaran yang dialokasikan untuk BLT subsidi di APBN 2021.

Alokasi yang diberikan terhadap Kartu Prakerja cukup besar, yakni sekitar Rp20 triliun dan sejauh ini tidak ada anggaran yang dialokasikan untuk BSU di APBN 2021. Di dalam Kartu Prakerja telah ada komponen insentif, selain dana untuk meningkatkan kompetensi bagi yang berhasil menjadi peserta.

Total bantuan yang didapat adalah Rp3,55 juta, dengan rincian Rp600 ribu untuk biaya pelatihan tiap bulan selama empat bulan atau total Rp2,4 juta dan Rp1 juta sebagai insentif biaya pelatihan, serta Rp150 ribu sebagai biaya survei. 

Kesimpulan

Pemerintah saat ini telah banyak berupaya untuk tetap menjaga kestabilan ekonomi masyarakat. Juga berusaha untuk mengatasi agar pandemi cepat berakhir, dengan pemberian vaksin. Karena itu, perlu juga dukungan dari masyarakat agar tetap menjaga kesehatan diri dan keluarga. Meskipun BLT gaji tidak dilanjutkan, mungkin para karyawan harus bisa memanfaatkan gajinya secara bijaksana.

Dan akhirnya, semua kembali kepada Tuhan yang memiliki takdir alam semesta ini. Semoga pandemi segera berakhir, dan musibah yang terjadi di Indonesia segera berakhir. Dan negara Indonesia menjadi negara yang Baldatun Thoyyibatun wa Robbun Ghofur. Amin!

Tidak ada komentar untuk "Menaker: BLT Subsidi Gaji Tak Dilanjutkan, Diganti Bantuan Rp3,5 Juta, Apa Syaratnya?"