Yang Lagi Viral!! Keripik Pelepah Pisang Crispy (Yang punya kebun pisang, silahkan dicoba)

Yang Lagi Viral!! Keripik Pelepah Pisang Crispy (Yang punya kebun pisang, silahkan dicoba)  

Resep masakan dari batang pohon gedebog pisang

Musim hujan paling enak bikin camilan yang hangat,gurih,kriuk.......

Nah, ini ada resep cemilan baru yang pastinya tidak disangka sangka oleh anda. Namanya keripik pohon pisang. Penasaran dengan rasanya? Yuk langsung praktek aja!

Ada 5 resep kuliner berbahan dasar pohon pisang yang bisa anda coba buat. Selain enak, masakan tersebut juga baik untuk kesehatan tubuh, seperti mengurangi potensi penyakit diabetes, kurang vitamin dan sebagainya.

Bahan :

  • Pelepah pisang secukupnya ( dicuci bersih rendam air garam )
  • Tepung beras 5 sdm
  • Tapioka 1 sdm
  • Garam 1 sdt
  • Penyedap rasa

Cara membuat :

  1. Cuci bersih pelepah pisang, kemudian disisit kulit luarnya.
  2. Rendam pelepah pisang tersebut dalam campuran air dan garam.
  3. Setelah pelepah pisang direndam air garam,peras lalu gulingkan ke campuran tepung kering langsung masuk minyak panas.
  4. Goreng hingga kecoklatan atau sampai tidak berbuih minyaknya( tanda sudah matang ) Dan kripik batang pohon pisang siap disajikan.
 



 Berikut ini video tutorialnya


Jangan Dibuang, Pohon Pisang Ternyata Bisa Diolah Jadi 4 Makanan Lezat Juga Berkhasiat Untuk Kesehatan

Pada umumnya setelah pisang berbuah dan jantung pisang diambil, pohon pisang dibiarkan saja atau dibuang oleh pemiliknya karena dianggap tak ada gunanya.

Padahal nih ya, pohon pisang bisa digunakan untuk diambil getahnya dan dioleskan pada luka bakar. Atau malah di beberapa daerah, pohon pisang biasanya akan dirangkai dan dijadikan rakit yang nantinya digunakan di sungai.

Namun nyatanya tetap saja tak banyak yang tahu bahwa pohon pisang ternyata bisa digunakan sebagai bahan makanan, lho. Di Lombok contohnya, pohon pisang sudah menjadi bahan utama dalam pembuatan makanan khas.

Meski dianggap tak memiliki kegunaannya, ternyata batang pisang juga memiliki manfaat bila dikonsumsi, seperti kadar gula yang rendah, sehingga bisa mencegah diabetes, atau juga dipercaya bisa menjadi obat diare.

Nah, kamu pasti penasaran kan, kira-kira pohon pisang bisa diolah menjadi hidangan apa saja? Berikut 4 makanan lezat yang bisa diolah dari pohon pisang.

1. Rujak Batang Pisang


Rujak Batang Pisang sendiri memang cukup langka di Indonesia, pasalnya makanan ini cukup laris di Thailand dan India. Namun tak hanya berisikan batang pisang saja, biasanya rujak ini diberi tambahan tomat, buncis, udang kering dan cabe rawit sehingga membuat cita rasanya makin segar.

2. Sayur Ares


Sayur Ares merupakan salah satu kuliner yang sangat terkenal di Lombok. Daerah Lombok bahkan sudah menjadikan sayur Ares sebagai makanan khas daerah tersebut.  Makanan ini terbuat dari batang pisang yang masih muda. Selain itu makanan ini dicampur dengan santan dan cabai rawit sehingga membuat cita rasanya jadi pedas dan gurih.

3. Pa Piong Bura (Ayam Batang Pisang)


Sama halnya dengan sayur Ares, Pa Piong Bura merupakan makanan khas Tanah Toraja. Makanan ini biasanya selalu ada dalam acara adat di Toraja dengan campuran ikan, daging babi, atau daging ayam.

Pa Piong biasanya dimasak dengan bumbu dengan cara dibakar setengah matang dan diberi parutan kelapa, namun bisa pula dimasak digoreng sesuai selera.

4. Kerupuk Bopi


Di daerah kabupaten Bojonegoro, ada sekelompok orang yang mengubah batang pisang menjadi kerupuk. Kerupuk Bopi sendiri merupakan salah satu kerupuk yang sehat untuk dikonsumsi, pasalnya kerupuk ini rendah kolesterol.  Bahkan makanan ini kini menjadi salah satu khas Desa Kandangan, Trucuk, Bojonegoro.

Nah, mulai sekarang jika memiliki pohon pisang yang sudah diambil buahnya, jangan langsung dibuang ya! Manfaatkan untuk membuat masakan yang enak dan bagus untuk kesehatan.

Peluang Bisnis Kuliner Pohon Pisang

Ternyata bila kita bisa mengolahnya dengan benar, kuliner dari pohon pisang bisa menjadi bisnis yang menguntungkan. Alasannya adalah karena di negara Indonesia kita masih bisa menemukan banyak pohon pisang yang ditanam. Dan kebanyakan pohon pisang yang sudah diambil buahnya biasanya dibiarkan terbengkalai. Nah, kita bisa mendapatkan nya secara gratis, tentu saja harus izin dulu ke pemiliknya.

Keuntungan lainnya dengan membuat usaha dari kuliner pohon pisang adalah, selain bahan baku mudah didapatkan, juga dari satu batang pohon saja bisa membuat banyak sekali produk, misalnya keripik. Dan mengingat jenis kulinernya belum banyak diketahui banyak orang, bisa membuat mereka penasaran kemudian membeli produk tersebut.

Tidak ada komentar untuk "Yang Lagi Viral!! Keripik Pelepah Pisang Crispy (Yang punya kebun pisang, silahkan dicoba)"