8 Rekomendasi Hanger Gantungan Baju Bahan Kayu Terbaik 2021 Bervariatif

8 Rekomendasi Hanger Gantungan Baju Bahan Kayu Terbaik 2021 Bervariatif

Gantungan baju merupakan salah satu alat yang memiliki fungsi yang dibutuhkan oleh keluarga. Dengan menggunakan gantungan, maka baju tidak akan berantakan. Karena setelah proses dicuci kemudian disetrika, baju yang sudah rapih bisa disimpan dengan gantungan baju atau dalam bahasa Inggris disebut 'hanger'. 

Produk gantungan baju yang terbuat dari kayu memiliki banyak kelebihan, diantaranya adalah modelnya yang bervariasi. Sehingga selain untuk menggantungkan baju, juga sebagai pajangan atau penghias bagian dalam ruangan. 

Berbeda dengan gantungan yang terbuat dari plastik yang kesannya monoton dan tidak bervariasi, justru gantungan baju yang terbuat dari kayu sering memiliki desain yang eksklusif serta kita pun bisa memesannya sesuai desain yang diinginkan. Misalnya gantungan kayu berdiri seperti batang pohon, gantungan yang menempel di dinding atau berbentuk rak yang bisa dimodifikasi agar tampak cantik dan memiliki kesan alami.

Untuk harga gantungan yang berbahan kayu, ditentukan dari model dan jenis kayu yang dipakai. Bila jenis kayu jati akan lebih mahal dibanding kayu jengjeng misalnya.

Tips memilih gantungan baju kayu yang bagus dan kuat

Gantungan yang berbahan kayu, memiliki ketahanan lebih awet dibandingkan dari bahan plastik. Karena biasanya ukuran gantungan baju plastik lebih tipis dibanding yang berbahan kayu.

Untuk menambah informasi tentang poin apa saja yang harus dipertimbangkan ketika ingin membeli gantungan kayu, berikut ini adalah penjelasannya.

Pilih gantungan sesuai tipe dan modelnya

Dalam industri peralatan rumah dan pakaian terdapat empat kategori gantungan baju yang dikenal secara umum oleh masyarakat. Dan ini dipengaruhi oleh desain dan tempat meletakkan gantungan baju. Berikut ini adalah jenis standar gantungan baju yang biasa ditemukan.

Hang hanger, produk yang bisa digantung di banyak area

Hang hanger, produk yang bisa digantung di banyak area

Tipe gantungan baju ini dikenal dengan sebutan hang hanger. Dan ini merupakan model gantungan baju yang secara umum diketahui oleh banyak orang karena mudah dijumpai di rumah, toko pakaian dan pasar tradisional.

Keunggulan gantungan jenis ini adalah sifatnya yang praktis, sehingga memudahkan kita untuk menggantung baju di area dinding, lemari pakaian, tiang, dan stand hanger seperti di toko busana.

Rack hanger (gantungan baju berbentuk rak)

Rack hanger (gantungan baju berbentuk rak)

Jenis gantungan baju rack hanger ini memudahkan kita untuk menyimpan banyak baju. Biasanya digunakan di lokasi syuting film untuk menyimpan kostum pemeran film.

Manfaat menggunakan gantungan pakaian tipe rack hanger ini karena dapat memudahkan kita ketika menyimpan pakaian yang sering dipakai untuk ganti. Sehingga tidak berceceran di tempat yang berbeda.

Wall hanger, manfaatkan ruang kosong di tembok Anda

Wall hanger, manfaatkan ruang kosong di tembok Anda

Gantungan tipe wall hanger ini sangat cocok untuk dipasang di kamar mandi. Sehingga memudahkan kita untuk menggantungkan baju dan handuk ketika mandi. Disarankan tidak memasang tipe wall hanger ini di area yang sering banyak orang, karena dari segi estetika kurang bagus dan terkesan ruangan menjadi tidak rapih.

Manfaat menggunakan wall hanger adalah karena praktis dan minimalis. Sehingga kita bisa menggunakan dinding yang kosong untuk dijadikan tempat menggantung pakaian.

Stand hanger yang unik menjadi interior rumah

Stand hanger yang unik menjadi interior rumah

Gantungan berdiri (stand hanger) memiliki kelebihan yaitu desainnya yang minimalis dan bisa dipindah-pindah dari satu tempat ke tempat lainnya. 

Kelebihan lain gantungan ini adalah kita bisa menggantungkan banyak pakaian pada satu alat tersebut. Misalnya baju, jaket, bahkan topi yang biasa kita pakai bisa ditempatkan pada gantungan yang sama.

Ketahui kualitas bahan baku kayu yang dipakai

Sepertinya semua jenis kayu bisa dijadikan bahan untuk membuat gantungan baju. Hanya saja masing-masing jenis memiliki tingkat ketahanan yang berbeda-beda. Ada beberapa jenis kayu yang umum dipakai oleh pembuat gantungan sebagai bahan bakunya, yaitu: kayu jati, kayu eukaliptus, kayu pinus, kayu Birch dan kayu trembesi.

Kayu jati memiliki keunggulan lebih baik dibandingkan jenis kayu lainnya. Penggunaan kayu jati untuk furnitur bisa bertahan dan awet selama puluhan tahun. Karena kayu jati anti rayap, dan tidak mudah rusak meski disimpan dalam ruangan lembab.

Kayu jati juga memiliki kelebihan karena bisa dibuat agar tampilannya terkesan alami. Caranya adalah, gantungan baju kayu jati tidak usah dicat, tapi sebaiknya dipernis saja supaya urat kayunya terlihat dan kesan alami kayunya bisa tampak jelas.

Tentukan ukuran gantungan yang diinginkan

ukuran gantungan yang diinginkan

Setelah mengetahui berbagai jenis gantungan baju yang umum dipergunakan. Selanjutnya anda bisa menentukan tipe gantungan baju seperti apa yang saat ini sedang anda butuhkan. Kemudian anda bisa menentukan ukuran yang bagus untuk diterapkan.

Gantungan baju kayu memiliki keunggulan yaitu, kita bisa memodifikasi bentuk dan ukuran sesuai selera kita. Bandingkan dengan gantungan baju plastik atau besi yang modelnya sudah paten berdasarkan pabrik pembuatnya.

Dengan menggunakan gantungan berbahan kayu, kita bisa memesan produk sesuai selera menyesuaikan tempat penyimpanannya. Umpamanya stand hanger yang bisa dibuat seperti batang pohon, atau bisa didesain seperti karakter kartun, hewan dan lain-lain.

Pilih model yang unik dan sesuai dengan interior ruangan

Pilih model yang unik dan sesuai dengan interior ruangan

Gantungan baju kayu memiliki kelebihan pada modelnya yang stylish dan alami. Karena itu manfaatkanlah dan letakkan gantungan baju di area yang bisa mempercantik ruangan. Sehingga memiliki multifungsi, selain untuk menyimpan pakaian, juga properti tambahan untuk menambah dekorasi ruangan.

Baca juga  Rekomendasi pembersih keramik terbaik 2021

8 Rekomendasi gantungan baju kayu terbaik desain menarik

Sudah banyak merk produk gantungan baju yang beredar di pasaran. Masing-masing memiliki perbedaan dalam hal bahan kayu yang digunakan serta variasi desainnya. Untuk membantu anda mengetahui produk apa saja yang sudah dikenal masyarakat, berikut dibawah ini 8 rekomendasi gantungan baju berkualitas : 

1. Produk gantungan kayu Dekornata, harga Rp 110.000

Produk gantungan kayu Dekornata, harga Rp 110.000
wall hanger decornata


Produk ini masuk kategori wall hanger dan terbuat dari bahan kayu mahoni, dengan dimensi 1 cm × 3 cm × 38,5 cm. Cara meletakkan gantungan baju ini yaitu dengan memasangnya di dinding ruangan. Pemasangannya bisa menggunakan paku.

Keuntungan memakai gantungan jenis ini adalah untuk menggantung banyak pakaian tidak membutuhkan area yang luas. Karena cukup dengan satu gantungan ini, anda bisa menggantungkan baju, celana, jaket, handuk dan lain-lain.

2. Hanger merk Informa ANTIQUE, harga Rp 49.000

Hanger merk Informa ANTIQUE, harga Rp 49.000
hang hanger informa


Gantungan ini termasuk tipe hang hanger, yaitu gantungan yang bisa dipindah-pindah ke banyak tempat. Berukuran 36 cm x 14 cm, dan terdapat penjepit di kedua ujungnya.

Kelebihan gantungan ini adalah ada pada penjepit yang bisa mencegah baju atau celana jatuh karena merosot atau tertiup angin. Menggunakan gantungan ini kita bebas menjemur pakaian diluar rumah atau dipindahkan kedalam rumah sesuka hati.

3. Gantungan merk Home Decor, harga Rp 399.000, 

Gantungan merk Home Decor, harga Rp 399.000
stand hanger home decor


Produk ini tergolong tipe stand hanger. Ukurannya cukup tinggi yaitu 50 cm x 168 cm. Gantungan baju kayu ini cocok juga sebagai tambahan aksesoris furnitur yang dipajang di ruangan.

Keuntungan memakai gantungan jenis ini adalah, kita bisa meletakkannya di ruang yang sering dilewati orang lain, karena desainnya yang artistik gak malu-maluin. Misalnya anda yang tinggal di rumah kontrakan gantungan tipe stand hanger ini cocok digunakan.

4. Gantungan Baju antik Kayu Kuningan, harga Rp 308.200, bahan kayu jati, kuningan.

Gantungan Baju antik Kayu Kuningan, harga Rp 308.200, bahan kayu jati, kuningan
wall hanger bahan kuningan


Ukuran produk ini adalah 34 cm x 50 cm x 10 dan termasuk tipe wall hanger. Anda yang suka dengan benda-benda berkarakter vintage bisa memboyong gantungan ini dan melawan g ya di dinding rumah anda.

Kelebihan produk ini ada pada kekuatan bahan kayu jati yang dipakai. Lalu, desainnya yang klasik tapi tetap memiliki unsur gaya modern membuatnya terkesan mewah dan elegan.

5. Hanger Kayu Solid, harga Rp. 235.000, bahan kayu pinus

Hanger Kayu Solid, harga Rp. 235.000, bahan kayu pinus
rack hanger kayu pinus


Produk ini termasuk kategori rack hanger, yaitu benda yang bisa digunakan untuk menggantungkan hang hanger. Sehingga pakaian yang digantung akan nampak rapih karena disimpan pada rak yang sama.

Kelebihan gantungan tipe rack hanger ini anda bisa menggantungkan baju, juga bisa meletakkan baju yang dilipat pada laci nya. Dengan ukuran yang cukup luas sekitar 60 cm x 34 cm x 120 cm, anda bisa leluasa menyimpan pakaian dalam jumlah yang banyak.

6. Gantungan kayu Trembesi, harga Rp 700.000, bahan kayu trembesi

Gantungan kayu Trembesi, harga Rp 700.000, bahan kayu trembesi
stand hanger trembesi


Anda yang suka interior rumah dari kayu akan cocok menempatkan produk ini dirumah. Gantungan pakaian tipe stand hanger ini bentuknya gelondongan pohon. Tapi tetap ada bagian untuk menggantungkan baju.

Memiliki fungsi tambahan sebagai aksesoris kayu membuat gantungan ini pantas juga dipajang di ruangan keluarga. Dengan ukuran 180 cm x 45 cm x 45 cm, sepertinya gantungan baju ini dibuat dari pohon trembesi yang dipotong dan didesain menjadi stand hanger.

7. Gantungan merk IKEA SNYGGING, harga Rp 49.900, bahan eukaliptus solid


Gantungan merk IKEA SNYGGING, harga Rp 49.900, bahan eukaliptus solid
hanger IKEA

IKEA sebagai produsen furnitur terkenal membuat peralatan rumah tangga dengan desain modern dan bahan baku berkualitas. Salah satunya gantungan baju ini yang didesain berwarna toska dan coklat memunculkan kesan sederhana dan kekinian.

Produk ini memiliki keunggulan pada pengait yang terbuat dari baja yang kuat dan tahan lama. Untuk bodi kayu juga memiliki desain menarik dan tahan dipakai bertahun-tahun.

8. Rak Gantungan Baju Kayu Beroda, harga Rp 219.000, 

Rak Gantungan Baju Kayu Beroda, harga Rp 219.000,
Gantungan baju beroda


Untuk ibu rumah tangga yang aktivitas sehari-harinya tidak lepas dari mencuci dan menyetrika pakaian, direkomendasikan menggunakan gantungan ini. Karena dilengkapi dengan roda memudahkan anda memindahkan gantungan ini keluar atau kedalam rumah. Memiliki ukuran cukup luas 100 cm x 35 cm x 155 cm sangat cocok dan membantu meringankan tugas anda saat menyimpan pakaian yang sudah kering

Kesimpulan

Salah satu poin penting dari gantungan baju adalah sebagai alat penyimpanan pakaian agar selalu rapih dan tidak kusut. Karena baju yang baru disetrika bila disimpan di gantungan akan tetap rapih meski disimpan berhari-hari. Begitu pula ketika anda menyimpan baju yang baru sebentar dipakai, bisa disimpan sementara di gantungan baju agar disaat hendak memakainya lagi anda tidak kesulitan menemukannya.


Dari tipe hang hanger, stand hanger dan wall hanger memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Karena itu lebih baik anda memiliki ketiganya agar kebutuhan anda seluruhnya terpenuhi dengan fungsionalitas gantungan baju kayu tersebut. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar untuk "8 Rekomendasi Hanger Gantungan Baju Bahan Kayu Terbaik 2021 Bervariatif"