Review Samsung Galaxy A32 Spesifikasi, Harga dan Contoh Foto Hasil Kameranya

Review Samsung Galaxy A32 Spesifikasi, Harga dan Contoh Foto Hasil Kameranya

Review Samsung Galaxy A32 Spesifikasi, Harga dan Contoh Foto Hasil Kameranya
Samsung Galaxy A32 5G


Smartphone Samsung Galaxy A32 resmi dirilis untuk penjualan di Indonesia awal tahun 2021 ini. Dengan desain bodi terbaru yang tampil elegan, membuat tampilan hp ini lebih keren untuk digunakan sehari-hari. Ditambah dengan fitur-fitur yang dipasang baik dari software maupun hardware yang memiliki perfoma lebih tinggi dari varian-varian sebelumnya. Peningkatan spek ini disebabkan perkembangan pasar telekomunikasi terutama smartphone yang multifungsi. Tidak hanya sebagai alat komunikasi dan membuat panggilan telepon, ponsel saat ini digunakan juga untuk bermacam keperluan, misalnya bermain game online, menonton film, membuat konten video, melakukan video konferensi, belajar daring dan lain-lain.

Handphone generasi terbaru saat ini memerlukan spek/kemampuan yang tinggi untuk menunjang banyak tugas. Mengingat zaman ini hampir semua pekerjaan bisa dilakukan dengan memanfaatkan peralatan teknologi yang mudah digunakan oleh banyak orang. Maka perusahaan teknologi seperti Samsung pun berupaya menciptakan gadget yang memiliki spek tinggi dengan harga terjangkau sehingga bisa dibeli dan dinikmati semua lapisan masyarakat. Dengan fitur beragam yang ditawarkan, pengguna bisa memanfaatkan untuk berbagai keperluan, misalnya memasang aplikasi hiburan dan aplikasi lainnya. Berikut ini adalah spesifikasi hp Samsung Galaxy A32 yang perlu diketahui sebagai referensi dan mungkin cocok menjadi gadget pilihan anda atau bukan.

Spesifikasi Hardware, Software, Memori Internal dan RAM

Spesifikasi Hardware dan software Samsung Galaxy A32
Tampilan Samsung Galaxy A32 5G

Pada bagian perangkat keras, Samsung Galaxy A32 dilengkapi dengan quad kamera yang berkualitas terbaik. Untuk kamera belakang hp ini dibekali empat buah kamera, yaitu kamera utama 64MP (mega piksel), ultrawide 8MP, depth 5MP, dan kamera makro 5MP. Sedangkan untuk mendukung pengguna yang suka selfie ponsel ini dipasang kamera depan 20MP. Mega piksel yaitu ukuran satuan banyaknya piksel yang didapat pada layar. Semakin besar nilai MP pada suatu kamera, maka gambar foto atau video yang dihasilkan semakin bagus kualitas warna dan ketajaman gambarnya.

Untuk bagian layarnya, Samsung A32 ini memiliki ukuran yang cukup lebar. Spek layar (screen) yang dipakai yaitu tipe FHD plus super amoled Infinity-U display berukuran 6,4 inci dengan refresh rate 90hz. Refresh rate yaitu rasio kecepatan suatu layar dalam memproses pergerakan tampilan pada layar. Dengan refresh rate 90Hz, maka bisa memuaskan pengguna yang sedang memainkan game online, atau membuat konten video misalnya. Layar ponsel juga dilapisi Corning Gorilla Glass 5.

Untuk bagian software (perangkat lunak), Samsung Galaxy A32 didukung prosesor MediaTek Helio G80. Dengan prosesor ini proses pemrosesan data bisa cepat dan akurat. Makanya Samsung A32 ini bisa menunjang banyak aplikasi dijalankan dalam hp. Ditambah dengan kapasitas memori internal dan RAM yang cukup besar bisa mempercepat proses loading ketika menggunakan aplikasi yang menggunakan penyimpanan besar seperti game online, streaming video youtube dan sebagainya. Khusus Samsung Galaxy A32 ini terdapat dua varian yang bisa dipilih, yaitu RAM 6 GB dengan memori internal 128 GB dan RAM 8 GB dengan memori internal 128 GB. Dengan kapasitas RAM yang besar tersebut dijamin membuat nyaman para pengguna gamer online, karena mereka tidak perlu khawatir hp nya nge lag. Hp ini juga bisa dipasangi memori eksternal sampai 1TB. Cukup leluasa bagi anda yang suka menyimpan banyak file seperti film atau lagu-lagu dalam ponsel ini.

Warna bodi Samsung Galaxy A32 ini dibuat sesuai keinginan banyak pengguna handphone saat ini. Di Indonesia, Samsung Galaxy A32 ditawarkan dalam empat pilihan yaitu awesome violet, awesome black, awesome blue, dan awesome white. Keempat warna tersebut sangat cocok untuk digunakan oleh generasi milenial, cowok atau cewek. Ponsel ini juga didukung baterai 5.000 mAh. Penyimpanan daya yang cukup besar untuk sekelas smartphone. Ditambah lagi adanya fitur fast charging yang bisa menyimpan daya listrik dalam waktu singkat. Sehingga anda merasa nyaman untuk membawa hp ini kemana pun tak perlu takut hpnya mati atau lobet. Sementara fitur lain yang juga dihadirkan yakni sensor fingerprint dalam layar sebagai fitur keamanan untuk menjaga privasi pemilik. Terdapat juga fitur tambahan yaitu NFC yang berfungsi sebagai fitur transfer jarak dekat yang bisa digunakan di e toll, stasiun kereta dan tempat parkir contohnya.

Baca juga :

Harga Samsung Galaxy A32 di Indonesia

Harga hp Samsung Galaxy A32 ini terdapat dua pilihan. Hal ini bergantung pada kapasitas memori dan RAM nya. Untuk tipe A32 dengan RAM 6 GB dan ROM 128 dibanderol dengan harga Rp3,6 juta. Sedangkan hp dengan spek RAM 8 GB dan ROM 128 GB dibanderol dengan harga Rp3,8 juta. Jadi, diantara dua tipe tersebut hanya berbeda sekitar 200 ribu rupiah saja. Adapun untuk warna terdapat 4 warna pilihan. Terserah anda mau memilih yang mana sesuai warna favorit kalian. Anda bisa mendapatkan/membeli Samsung A32 ini di marketplace seperti Shopee, Lazada, dan Tokopedia. Atau anda bisa membelinya ini langsung di toko handphone yang menyediakan produk dari Samsung. Anda juga bisa memesan secara online di situs resmi Samsung

Kualitas Kamera dan Contoh Foto Hasil Kamera

Kualitas kamera Samsung Galaxy A32 sangat bagus. Anda bisa memperoleh foto dan video dengan kualitas gambar yang jernih dan tajam. Untuk mendukung hasil pemotretan yang bagus, pada bagian belakang dipasangi quad kamera dengan spesifikasi yaitu, kamera utama 64MP, ultrawide 8MP, depth 5MP, dan kamera makro 5MP. Sedangkan untuk bagian depan dipasang kamera dengan resolusi sebesar 20MP. Spek kamera tersebut memungkinkan pengguna untuk mendapatkan hasil gambar yang lega sekitar 120 derajat. Dibantu pencahayaan yang bagus, hasil foto atau video pasti akan tampak sempurna sesuai harapan. Berikut ini adalah beberapa contoh foto yang diambil menggunakan kamera hp Samsung A32 dalam berbagai mode.

Hasil foto kamera depan selfie malam
Hasil foto kamera depan selfie malam

Hasil foto kamera depan selfie malam dengan flash
Hasil foto kamera depan selfie malam dengan flash

Hasil foto kamera depan selfie
Hasil foto selfie kamera depan

Hasil foto kamera depan ultrawide selfie
Hasil foto kamera ultrawide selfie

Hasil foto kamera modus malam
Hasil foto kamera modus malam

Hasil foto kamera mode malam
Hasil foto kamera mode malam

Hasil foto kamera 8× zoom
Hasil foto kamera 8× zoom

Hasil foto kamera 4× zoom
Hasil foto kamera 4× zoom

Hasil foto kamera zoom 2×
Hasil foto kamera zoom 2×

Hasil foto kamera ultrawide
Hasil foto kamera ultrawide

Hasil foto kamera utama
Hasil foto kamera utama

Keunggulan dan Kekurangan Samsung A32 Handphone Asal Korea 5G

Samsung Galaxy A32 termasuk handphone yang diprioritaskan kepada pengguna masyarakat menengah ke bawah. Dengan harga 3,6 jutaan hape ini sudah memiliki banyak fitur yang canggih. Salah satu contohnya adalah teknologi NFC yang memudahkan orang untuk melakukan pembayaran elektronik seperti e tol dan e tiket kereta. Meskipun begitu masih ada beberapa hal (kekurangan) yang harus dibenahi supaya speknya lebih gahar lagi. Tapi memang secara garis besar spek Samsung A32 ini melebihi varian sebelumnya. Mungkin ada sedikit kelemahan dari segi fitur pada hardware atau software yang perlu diperbaiki demi kenyamanan pengguna serta memenangkan persaingan dengan produk smartphone dari perusahaan lain. Berikut ini adalah beberapa keunggulan juga kelemahan yang ada pada Samsung Galaxy A32. 

Keunggulan yang pertama adalah koneksi 5G. Seperti diketahui oleh para pengguna internet di dunia, perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang komunitas global (internet) kini sedang menjalankan program 5G. Karena teknologi 5G ini disebut-sebut memiliki keunggulan dalam transfer data dibanding 4G dan 3G. Koneksi 5G dipercaya bisa mempercepat pengiriman dan penerimaan data. Karena itu, tidak hanya sektor komunikasi saja yang menggunakan teknologi 5G ini, bidang kesehatan, pertanian dan kelautan juga berupaya menggunakannya untuk berbagai keperluan dan misi. Pada Samsung A32 telah support 5G, sehingga pemakai hp ini bisa melakukan komunikasi dengan baik karena proses transfer data yang cepat tadi, misalnya untuk membuat panggilan video, googling, streaming video youtube, main game online dan masih banyak lagi.

Keunggulan lainnya ada pada desain bodi hp yang keren, juga warna yang kalem (soft). Hai ini menjadikan tampilannya bernuansa elegan dan menarik. Lalu, desain tata letak kamera yang unik dan berbeda dari ponsel lainnya. Selain menyajikan hasil tangkapan kamera yang bagus, juga dari segi estetika penampilan hp ini mencuri perhatian. Modul kamera Galaxy A32 5G ini terlihat membentuk model trapesium. Dan mungkin baru hp ini saja yang menerapkan gaya peletakkan quad kamera berbentuk trapesium.

Kapasitas memori dan RAM Samsung Galaxy A32 merupakan fitur unggulan berikutnya. Dengan kapasitas RAM 4GB, 6GB dan 8GB membuat ponsel ini patut direkomendasikan untuk orang yang suka main game online seperti mobile legends, freefire, AOV dan lain-lain. Ditambah lagi dukungan memori internal sebesar 128GB dan slot memori eksternal yang mendukung sampai 1TB membuat pengguna hp ini dapat leluasa menyimpan banyak berkas di hpnya. Seperti file video, mp3, aplikasi dan lain-lain.

Kapasitas baterai dan fitur fast charging yang dapat mengisi daya baterai dari dibawah 10% sampai penuh 100% dalam waktu singkat juga menjadi kelebihan yang dimiliki ponsel ini. Baterai dengan kapasitas daya listrik sebesar 5.000mAh bisa menjadikan hp ini tahan lama dan tetap menyala dalam waktu berjam-jam. Jadi anda yang suka bepergian bisa tenang dan tak perlu khawatir kehabisan daya baterai (lobet). Karena salah satu hal yang paling membuat kesal adalah ketika kita akan menghubungi seseorang atau janjian misalnya, tiba-tiba hp mati karena daya baterainya habis. Seringkali hal seperti ini menjadi masalah karena terjadinya miskomunikasi.

Lalu, kira-kira apa saja fitur yang kurang optimal dari Samsung Galaxy A32 ini? Yuk simak lagi beberapa kekurangan yang perlu diketahui sebelum memutuskan memilikinya. Salah satu fitur yang menjadi kekurangan Samsung A32 5G ini bisa dilihat pada bagian layar yang masih menggunakan HD+ ukuran 6,5 inci, yang hanya menghasilkan kualitas gambar dan video resolusi 780p. Tentu ini amat disayangkan, mengingat beberapa vendor hp android sebagai kompetitor Samsung sudah menggunakan layar dengan resolusi 1080p di beberapa produk hpnya. Sehingga kelemahan lainnya adalah tidak adanya fitur sidik jari di layar hp untuk proteksi dan fitur keamanan hp. Walaupun fitur sensor sidik jari tersebut telah diganti dan ditempatkan di bagian sisi ponsel.

Kapan Waktu Perilisan Samsung Galaxy A32 di Indonesia 

Samsung sebagai produsen smartphone Galaxy A32 telah mengumumkan waktu peluncuran ponsel tersebut di pasar. Negara yang pertama kali menjadi tempat penjualan hp ini adalah Jerman yang berada di kawasan benua Eropa, yaitu pada bulan Februari 2021. Hal ini dilakukan mengingat pangsa pasar di Eropa terbilang cukup bagus untuk produk-produk smartphone keluaran Samsung. Sedangkan untuk wilayah negara Indonesia, pihak Samsung baru membuka jalur pre-order pada tanggal 17-19 Maret 2021 melalui marketplace Lazada. Ini artinya, untuk bulan ini para penggemar hp samsung di Indonesia perlu menunggu waktu perilisan secara besar-besaran di semua toko atau gerai samsung di Indonesia. Ada kabar gembira bagi anda yang memesan hp ini di masa pre-order, akan mendapatkan kesempatan memperoleh Galaxy Fit2. Jadi bagi yang penasaran ingin memiliki hp samsung Galaxy A32 ini silahkan segera memesannya secara online melalui lazada. Dan bagi anda yang ingin melihatnya langsung sebelum membeli harus sabar menunggu sampai pihak manajemen Samsung mengumumkan waktu perilisan secara global dan menyeluruh di Indonesia.

Demikianlah review atau ulasan mengenai spek/spesifikasi dan harga hp Samsung Galaxy A32 5G, lengkap dengan beberapa fitur unggulan dan fitur kelemahan yang perlu anda ketahui. Semoga dengan membaca artikel ini anda bisa mengetahui spek hp ini dan menjadi pertimbangan untuk memilikinya atau tidak. Bagi yang berminat membeli bisa melakukan pre order di lazada. Terima kasih atas perhatiannya, semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar untuk "Review Samsung Galaxy A32 Spesifikasi, Harga dan Contoh Foto Hasil Kameranya"