Ulasan Spek Samsung Galaxy S21 Ultra, Harga, Keunggulan dan Kelemahannya

Ulasan Spek Samsung Galaxy S21 Ultra, Harga, Keunggulan dan Kelemahannya

Ulasan Spek Samsung Galaxy S21 Ultra, Harga, Keunggulan dan Kelemahannya

Smartphone Samsung Galaxy S21 Ultra merupakan produk ponsel yang baru dirilis awal tahun 2021. Banyak fitur-fitur yang dipasang pada ponsel ini. Dan tentu saja dari segi speknya lebih hebat dibanding tipe-tipe sebelumnya. Bukan hanya Samsung Galaxy S21 Ultra 5G yang dirilis awal tahun ini, tetapi ada juga tipe S21 dan S21 plus. Dan masing-masing tipe memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Karena hal ini wajar, mengingat kebutuhan orang yang menggunakan ponsel berbeda-beda. Mungkin ada yang suka untuk sekedar fotografi, maka pasti yang mereka cari adalah handphone dengan kualitas kamera yang bagus. Berbeda lagi dengan konsumen yang hobinya main game online, maka yang dia cari adalah handphone yang memiliki kapasitas RAM besar tentunya.

Nah, untuk varian S21 ultra ini, spek yang ditawarkan cukup beragam dan mumpuni. Salah satu yang paling menonjol adalah adanya tambahan S pen. Padahal biasanya S pen digunakan untuk hp Samsung varian note series. Spesifikasi S21 ultra yang diunggulkan selanjutnya adalah pada bagian layar yang berukuran cukup luas yaitu 6,8 inci. Kualitas gambar juga video pada ponsel S21 ultra ini dijamin jernih karena resolusi layar hpnya sebesar 1440 × 3200p atau Edge Quad HD+. Dengan resolusi sebesar itu, maka cukup membuat nyaman pengguna yang memakai S pen dalam aktivitas mereka. Misalnya untuk membuat catatan, logo, edit gambar dan sebagainya.

Baca juga  Spesifikasi lengkap Samsung S21 Plus

Spesifikasi Software dan Hardware Samsung Galaxy S21 Ultra

Untuk menunjang penggunaan aplikasi, Samsung S21 ultra ini dibekali memori penyimpanan serta RAM yang variatif. Khusus untuk tipe ini produsen Samsung menghadirkan tiga varian penyimpanan yaitu 12/128GB, 12/256GB, dan 16/512GB. Adapun untuk chipset yang digunakan yaitu Exynos 2100 untuk pasar di Indonesia. Sedangkan khusus smartphone yang dijual di AS, China, dan Korea akan menggunakan chipset tipe Snapdragon 888.

Spek unggulan di sektor hardware yang ditingkatkan yaitu pada bagian kamera. Ponsel S21 Ultra ini memiliki empat buah kamera yang masing-masing terdiri atas lensa wide 108MP, periscope telephoto 10MP, telephoto 10MP, dan ultrawide 12MP. Sedangkan untuk memuaskan pengguna yang hobi membuat swafoto (selfie), hp ini disediakan kamera depan 40 MP yang bisa menghasilkan kualitas photo dan video menjadi jernih dan terang.

Perangkat keras lainnya yang diunggulkan adalah ukuran serta kapasitas baterai yang lebih besar, yaitu 5.000 mAh. Dengan penyimpanan daya sebesar itu, membuat pengguna hp ini bisa lebih leluasa ketika bepergian, karena tidak perlu khawatir hpnya lobet atau kehabisan daya listrik. Dan, baterai ini juga memiliki teknologi fast charging, yang bermanfaat mengisi daya listrik secara cepat, sehingga anda tidak perlu membuang-buang banyak waktu untuk sekedar mengisi daya.

Adanya stylus S Pen merupakan salah satu daya tarik dari handphone Samsung Galaxy S21 ultra ini. Karena sebelumnya S pen ini hanya disertakan pada varian Galaxy Note Series. Sehingga dengan adanya fitur ini dapat memudahkan pengguna dalam menggunakan aplikasi pembuat catatan, desain logo, dan sebagainya.

Fitur Stylus Pen pada Samsung Galaxy S21 Ultra
Ilustrasi Stylus Pen


Spesifikasi Lengkap Smartphone Samsung Galaxy S21 Ultra di Indonesia

Secara detail, spesifikasi Samsung S21 ultra adalah memiliki ukuran atau dimensi hp keseluruhan yaitu 161.5 x 75.6 x 7.8 mm dengan berat sekitar 200 g atau 0,2 kg. Dibagian layar hp yang berukuran 6,8 inci ini dilapisi Gorilla Glass Victus. Spek layar adalah 1440 x 3200 Edge Quad HD+ Dynamic AMOLED dengan Refresh rate sebesar 120Hz. Untuk mesin dan OS yang digunakan pada hp ini adalah GPU Mali-G78 MP14, dengan OS beebasis Android 11, One UI 3.1. Terdapat tiga varian untuk kapasitas memori internal serta RAM, yaitu 12GB RAM + 128GB ROM, 12GB RAM + 256GB ROM, 16GB RAM + 512GB ROM. Dengan besarnya RAM dan memori internal bisa memanjakan para pengguna yang hobi bermain game online di hp. Terdapat juga fitur NFC yang memiliki banyak fungsi diantaranya adalah mengirim dan menerima data. 

Harga Samsung Galaxy S21 Ultra di Indonesia

Harga hp Samsung S21 ultra ini berbeda untuk tiap variannya, dan itu tergantung pada kapasitas memori dan RAM. Untuk hp yang memiliki RAM sebesar 12GB dan ROM 128GB dibanderol dengan harga Rp 18.999.000 per unit. Sedangkan hp dengan spek RAM 12GB dan ROM 256GB dihargai Rp 19.999.000. Terakhir hp yang memiliki spek RAM 16GB dengan ROM sebesar 512GB diberi harga Rp 21.999.000. Harga tersebut sebanding dengan kualitas hardware maupun software yang disuguhkan dalam Samsung Galaxy S21 ultra ini. Diantara kelebihan lainnya yaitu terdapat fitur dual SIM. Sehingga memudahkan anda yang ingin memiliki dua nomor telepon dalam satu gadget. Lalu, hp ini juga telah tersertifikasi tahan air dan debu IP68. Demi menjaga privasi dan keamanan, dilengkapi juga dengan sensor sidik jari dalam layar. Anda bisa membeli ponsel ini di Samsung.com

Keunggulan Samsung Galaxy S21 Ultra 5G Yang Perlu Diketahui

Meskipun banyak fitur dan spesifikasi keren yang terdapat pada Samsung S21 ultra ini, tapi ternyata masih ada beberapa kekurangan. Dan hal ini perlu anda ketahui sebelum memutuskan untuk membeli ponsel ini. Karena dengan mengetahui informasi secara jelas memgenai spesifikasi, keunggulan dan kekurangan dari sebuah smartphone, dapat membantu anda menentukan pilihan untuk membelinya, lalu tipe dan varian apa yang cocok dengan kebutuhan anda saat ini. Diantara kelebihan Samsung S21 ultra ini adalah pada Quad kamera yang mempunyai banyak fitur yang keren dan bisa diatur (setting) tergantung kondisi dan keinginan anda. Dengan lensa utama ISOCELL HM3 beresolusi 108 MP mampu melakukan binning untuk menggabungkan 9 piksel menjadi satu. Dengan fitur ini, kualitas gambar, foto atau video bisa lebih bagus walaupun digunakan ketika malam hari. Kelebihan dari kamera pada Galaxy S21 ultra ini juga, anda bisa mengambil foto dengan fitur zoom sampai 100 kali. Sehingga obyek foto yang kecil dan berjarak jauh tetap bisa anda potret.

Fitur quad kamera Samsung Galaxy S21 Ultra
Fitur quad kamera Samsung Galaxy S21 ultra


Ada juga fitur ultrawide yang dapat membuat tampilan gambar lebih luas jangkauan ke pinggirnya, dengan tetap memperoleh hasil foto yang tajam. Selanjutnya terdapat pula filter dan editor foto yang bisa digunakan untuk membuat kreasi foto misalnya tema hitam putih, lukisan dan lain-lain. Untuk pengguna yang hobi membuat video vlog, bisa memanfaatkan fitur directory views yang berguna untuk menampilkan tangkapan layar dari setiap kamera. Jadinya anda bisa memilih sudut (angle) yang bagus dari salah satu kamera. Berikut ini adalah beberapa foto sebagai contoh hasil dari pemotretan dengan menggunakan kamera hp Samsung Galaxy S21 ultra : 

Hasil foto kamera Samsung Galaxy S21 ultra zoom 10×
Contoh hasil foto kamera Samsung Galaxy S21 ultra zoom 10×

Hasil foto kamera Samsung Galaxy S21 ultra zoom 30×
Contoh hasil foto menggunakan zoom 30×

Hasil foto kamera utama Samsung galaxy S21 ultra
Contoh foto kamera utama Samsung Galaxy S21 ultra

Keunggulan lainnya ada pada sektor konektivitas. Pada Samsung Galaxy S21 ultra ini terpasang fitur Ultra Wide Band (UWB) dan aksesoris tambahan bernama Smart Tag (dijual terpisah) yang bisa membantu anda untuk melacak barang yang hilang. Fitur Ulta Wide Band ini juga bisa digunakan untuk proses transfer data sesama smartphone yang memiliki UWB. Selain itu untuk urusan fitur koneksi juga hp ini dilengkapi NFC dan WiFi 6E didalamnya.

Fitur konektivitas Samsung Galaxy S21 ultra
Ilustrasi konektivitas Samsung Galaxy S21 ultra


Spek Layar Hp Samsung Galaxy S21 Ultra

Keunggulan lainnya dari ponsel S21 ultra yaitu fitur layar adaptif 120 Hz. Dengan spek seperti ini bisa menampilkan gambar dengan resolusi tajam. Kelebihan ini didapatkan berkat digunakannya panel Dynamic AMOLED 2X yang menghadirkan laju penyegaran (refresh rate) dua kali lipat lebih besar dan lebih baik dibanding ponsel lain. Super Smooth 120 Hz Display yang dimilikinya dapat membuat tampilan layar lebih licin saat di-scroll. Tentu saja dengan kemampuan layar dinamis seperti ini bisa memaksimalkan kepuasan bagi pengguna yang suka main game online atau sering nonton film dan video streaming di youtube.

Yang menambah tampilan layar semakin mengagumkan adalah fitur sertifikasi HDR10+ yang ketika dipakai menonton YouTube dengan kualitas HDR menyajikan tayangan yang kualitas seperti aslinya. Ditambah ukuran layar cukup besar yaitu 6,8 inci bisa membuat nyaman gamer dan anda yang sering menonton tayangan video streaming di youtube.

Tampilan layar HP Samsung Galaxy S21 ultra
Tampilan layar Samsung Galaxy S21 ultra

Bodi Samsung Galaxy S21 ultra juga memiliki desain yang keren serta kokoh. Hal ini karena penggunaan Corning Gorilla Glass Victus, salah satu bahan yang disebut sebagai pelindung terbaik di dunia yang mampu menahan bodi hp dari benturan maupun goresan. Ditambah lagi sertifikasi IP68 yang mampu memberikan ketahanan terbaik terhadap air dan debu. Warna yang disediakan pun begitu eye catching, elegan dan dijamin keren, yaitu warna Phantom Black dan Phantom Silver. Sangat cocok untuk digunakan oleh semua kalangan.

Warna casing bodi Samsung Galaxy S21 ultra
Ilustrasi warna Samsung Galaxy S21 ultra


Kekurangan Samsung Galaxy S21 Ultra yang Perlu Diketahui

Ternyata, selain begitu banyaknya keunggulan dari ponsel Samsung S21 ultra, terdapat pula beberapa kekurangan yang dijumpai. Salah satu yang begitu terlihat adalah pada ukuran hp yang begitu besar. Meskipun dari satu sisi ukuran layar yang besar memberikan kepuasan soal tampilan gambar yang luas, misalnya untuk menonton video, bermain game dan sebagainya. Tapi, bila digunakan dalam jangka waktu agak lama mungkin bisa membuat 

tangan terasa pegal. Dan ukuran hp yang besar juga kurang nyaman bila menyimpannya didalam kantong. Padahal kebanyakan orang dalam kesehariannya menyimpan hp dalam kantong celana saat dibawa kemana-mana. 

Kelemahan Samsung Galaxy S21 ultra berikutnya ada pada fitur pengisian daya. Meskipun disebut telah menggunakan teknologi fast charging (pengisian cepat), tapi tetap saja masih kalah dengan hp merk lainnya. Ini disebabkan karena sistem pengisian daya yang hanya sebesar 25W. Nilai ini jauh kalah bersaing dengan smartphone lain yang mampu mwngisi daya sebesar 45 W, 66 W bahkan 120 W. Dan ini menyebabkan dibutuhkannya waktu yang relatif lama untuk mengisi (charge) baterai sampai penuh 100 persen. Ditambah lagi dengan ukuran baterai yang cukup besar yang tentunya menambah lama waktu pengecasan.

Tidak adanya slot untuk menambahkan memori eksternal menjadi salah satu kekurangan hape Samsung Galaxy S21 ultra. Meskipun ponsel ini sudah dibekali ruang penyimpanan berupa memori internal yang memiliki kapasitas memori yang besar. Tapi, tetap saja banyak pengguna yang tetap menginginkan adanya ruang penyimpanan eksternal berupa slot micro SD. Hal ini adalah sebagai bentuk kehati-hatian pengguna untuk menyimpan data/berkas penting misalnya berupa foto dan video. Jadi, bila suatu saat hpnya memiliki masalah atau error pada sistem dan mengharukan hp harus direset kembali ke setelan pabrik, maka data yang ada pada memori internal akan habis terhapus. Dan ini bisa diantisipasi dengan penggunaan memori eksternal berupa micro SD.

Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh Samsung tipe Galaxy S21 ultra ini adalah tidak disertakannya charger dalam boks hp. Jadinya pembeli harus membeli charger tersebut secara terpisah. Memang seperti soal sepele. Tapi, alangkah baiknya bila aksesoris seperti peralatan charger juga dimasukkan kedalam boks penjualan sepaket dengan unit hp nya.

Demikianlah ulasan atau review hp Samsung terbaru versi Galaxy S21 ultra yang dipasarkan di Indonesia. Dengan membaca uraian diatas diharapkan anda bisa mengetahui spesifikasi dari hp ini. Dari mulai keunggulan layarnya, kemampuan quad kamera yang bisa memberikan hasil foto dan video yang kualitasnya jernih. Lalu digunakannya chipset Exynos serta OS Android 11 terbaru yang sesuai dengan aplikasi-aplikasi yang sedang viral di internet. Ditambah dengan adanya stylus pen membuat hp ini memiliki spek yang garang. Semoga bermanfaat. 

Baca juga  Review Samsung S21 reguler


Tidak ada komentar untuk "Ulasan Spek Samsung Galaxy S21 Ultra, Harga, Keunggulan dan Kelemahannya"