--> Skip to main content

5 Aplikasi Skripsi dan eLearning Gratis Untuk Mencari Bahan Skripsi

5 Aplikasi Skripsi dan eLearning Gratis Untuk Mencari Bahan Skripsi

5 Aplikasi Gratis Terbaik untuk eLearning & Skripsi


Terkadang menulis skripsi atau tesis menjadi tantangan sendiri untuk mahasiswa, pastinya kita perlu menemukan referensi, jurnal, bahkan survei mengenai penelitian yang kita tulis.

Google menjadi fasilitas wajib bagi mahasiswa untuk mencari referensi, namun kita butuh lebih dari sekedar mesin pencari.

Kabar baik jika anda mahasiswa sekarang ada banyak aplikasi mobile untuk membantu anda menyusun skripsi/tesis atau sekedar mengerjakan PR. Berikut aplikasi mobile untuk mahasiswa pilihan kami. 

Baca juga:  Aplikasi penebak judul lagu

1. Evernote: aplikasi pencatat note ‘Cloud’

Evernote aplikasi pencatat note cloud


Bagi mahasiswa mencatat hal penting untuk materi kuliah merupakan kewajiban, semisal ketika di kelas kita perlu mencatat agar tidak lupa.

Kita sering mencatat lebih dari satu alat, kadang mencatat di buku, laptop atau handphone, menjadi masalah jika suatu saat kita lupa mencatat dimana apalagi kalau catatan kita hilang.

Aplikasi Evernote bisa menjadi solusi anda untuk menyimpan catatan. Uniknya Evernote menyimpan data di server internet, sehingga anda dapat mencatat pada laptop dan membuka catatan tersebut pada handphone. Evernote dapat berjalan pada aplikasi Android, iPhone, iPad, Windows, dan Mac OS.

Berikut ini adalah video tutorial cara menggunakan aplikasi evernote untuk membuat catatan, skripsi dan tesis. 



Download aplikasi Evernote di PlayStore

2. SurveyMonkey: membuat survei online

SurveyMonkey aplikasi membuat survei online


Menulis riset pastinya butuh survei untuk mengetahui pendapat orang banyak. Jika pada umumnya melakukan survei anda harus berkeliling menyebar kuisioner kepada orang banyak, kini anda dapat melakukan survei hanya menggunakan handphone atau tablet dengan SurveyMonkey. 

Jangan tertipu dengan namanya, SurveiMonkey bukanlah aplikasi survery untuk monyet, melainkan untuk kita untuk melakukan survei secara mudah.

Anda dapat membuat berbagai kuisioner dengan berbagai jenis, dari mulai pilihan hingga essay, ada juga template yang dapat dipilih. Ada juga fasilitas untuk melihat statistik survei anda.

Download aplikasi surveymonkey di PlayStore

3. iTunes U: aplikasi untuk eLearning terlengkap

iTunes U aplikasi untuk eLearning terlengkap


Mempelajari hal baru sangat penting untuk bahan materi riset anda, namun sayang kelas online tidak semudah mencari artikel di Google. Ada website seperti IEEE missal untuk fasilitas pencarian jurnal riset ilmiah, namun sayangnya layanan ini berbayar.

Jika anda menggunakan iOS (iPhone/iPad) anda dapat berlangganan ‘kelas online’ atau istilah populernya eLearning.

Apple memiliki aplikasi gratis bernama iTunes U yang sangat berguna untuk mengikuti eLearning dari universitas top dunia, dari Harvard, Oxford hingga Standford memiliki channel pada iTunes U. Walaupun anda tidak masuk Harvard bukan berarti anda tidak bisa mengikuti kelas online Harvard.

Konten disajikan dalam bentuk audio dan video yang dapat anda download atau streaming. Anda juga bisa berlangganan konten sehingga begitu ada materi baru otomatis konten akan di-download pada iPhone/iPad anda.

Hampir semua konten eLearning pada iTunes U gratis walaupun ada beberapa yang berbayar.

Download aplikasi iTunes di AppStore

Baca juga:  Aplikasi unik untuk mendeteksi maling

4. Quora: tanya jawab menjadi mudah

aplikasi Quora tanya jawab menjadi mudah


Pernah memiliki pertanyaan spesifik namun tidak bisa menemukan jawabannya di Google? 

Dengan aplikasi Quora anda dapat menanyakan apa saja kepada orang lain di seluruh dunia. Anda dapat menanyakan apa saja dan ada banyak topic untuk memilih segmentasi pertanyaan. Quora dapat di install pada Android, iPhone dan dapat juga diakses melalui web.

Langkah-langkah berikut ini akan membantu memudahkanmu dalam mencari judul skripsi.

Download aplikasi quora di PlayStore

5. Khan Academy: mencari materi pelajaran online

Khan Academy aplikasi mencari materi pelajaran online


Kalau dulu anda ingin belajar matematika atau ekonomi anda harus membeli buku pelaran tersebut. Namun berkat Khan Academy anda dapat mendapatkan materi melalui video secara online dan gratis.Tidak perlu lagi membeli buku untuk belajar.

Aplikasi yang dibuat oleh waga Negara Amerika-Bangladesh Salman Khan ini merupakan salah satu pelopor eLearning via video, tidak tanggung-tanggung Khan mendapat sokongan dana jutaan dollar dari Microsoft dan Google. Saat ini KhanAcademy dapat diakses melaui web, iOS, dan Android.

Langkah-langkah melakukan penelitian Tesis

Contoh skripsi
Cara membuat Skripsi bagi pemula
Cara membuat Skripsi Bab 1
Cara membuat skripsi kuantitatif
Apa itu skripsi
Panduan cara menyusun skripsi
Cara membuat skripsi dengan mudah
Cara membuat skripsi PDF
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar