--> Skip to main content

Penyebab kulkas tidak Dingin dan cara memperbaikinya dendiri DIY

Penyebab kulkas tidak fingin dan cara memperbaikinya sendiri DIY

Kulkas rusak tidak dingin


     Kulkas tidak menjadi dingin meskipun dalam keadaan menyala atau hidup. Berikut cara memperbaiki pendinginan dan beberapa pemecahan masalah lemari es. Berikut cara memecahkan masalah lemari es yang rusak yang kehilangan hawa dinginnya. Panduan langkah demi langkah ini akan menunjukkan kepada Anda cara mengidentifikasi masalah dan bahkan mungkin memperbaikinya sendiri.

     Bahkan jika perbaikan membutuhkan seorang profesional, Anda akan dapat menunjukkan kepada mereka masalahnya sehingga menghemat waktu dan uang Anda.

Alat yang Diperlukan

  • Set soket / ratchet
  • Pengupas / pemotong kawat

Bahan yang Dibutuhkan: Kipas evaporator dan / atau kipas kondensor

Set rachet alat servis


Masalah kulkas tidak mendingin

     Ada beberapa kemungkinan penyebab ketika lemari es tidak membuat susu Anda tetap dingin atau es krim Anda tidak membeku. Sebelum Anda mencoba perbaikan yang lebih rumit, coba perbaikan sederhana ini jika lemari es Anda tidak mendingin dan jika freezer Anda tidak berfungsi:

  1. Pastikan lemari es dicolokkan dan mendapatkan daya. Lampu akan menyala saat Anda membuka pintu.
  2. Periksa termostat untuk memastikan termostat tidak diturunkan secara tidak sengaja. Jika termostat lemari es / freezer Anda tidak berfungsi, dapatkan termostat yang mudah dipasang ini di toko yang peralatan elektronik rumah atau kantor.
  3. Pastikan ventilasi di bagian belakang kompartemen freezer tidak terhalang oleh kotak es krim atau sayuran beku — ventilasi harus bersih agar udara dingin dapat bersirkulasi.
  4. Sedot gulungan di bawah atau di belakang lemari es. Kumparan yang tersumbat dapat menyebabkan pendinginan yang buruk.
  5. Periksa untuk memastikan tidak ada yang tersangkut di kipas kondensor dan kipas berputar bebas (model dengan gulungan di bagian belakang tidak akan memiliki kipas). Untuk melakukan ini, cabut lemari es dan cabut. Bersihkan bilah kipas dan putar kipas dengan tangan untuk melihat apakah macet. Colokkan lemari es dan pastikan kipas bekerja saat kompresor bekerja. Jika kipas tidak bekerja, lihat petunjuk di bawah ini, yang menunjukkan cara menggantinya.

     Dalam video ini, kami akan menunjukkan beberapa tips tambahan untuk memecahkan masalah lemari es. Kulkas yang diperbaiki bermerk Polytron: 



Tips memperbaiki kulkas yang tidak dingin

     Berikut adalah beberapa tips pemecahan masalah lemari es untuk membantu Anda mengatasi masalah jika Anda melihat lemari es Anda tidak mendingin. Jika Anda dapat mendengar kompresor bekerja tetapi lemari es tidak mendingin, kemungkinan besar masalahnya adalah kumparan evaporator yang tersumbat es atau kipas evaporator yang macet atau rusak. Fan evaporator sering berbunyi cericit atau berderit saat mulai memburuk. Anda akan tahu bahwa itu adalah kipas evaporator, dan suara semakin keras saat Anda membuka pintu freezer.  

Kumparan evaporator dan kipas terletak di belakang penutup di kompartemen freezer

Kipas evaporator kulkas


     Jika Anda melepas penutup di dalam freezer dan menemukan gulungan benar-benar penuh dengan embun beku, keluarkan semuanya dari freezer dan lemari es, cabut dan biarkan mencair selama 24 hingga 48 jam.

     Siapkan beberapa handuk untuk menyerap air yang mungkin bocor ke lantai. Ketika semua embun beku mencair, pasang kembali pada lemari es. Jika berhasil, masalahnya mungkin pada pengatur waktu pencairan, pemanas pencairan atau termostat pencairan. Mengganti bagian ini tidaklah sulit, tetapi mencari tahu bagian mana yang rusak memerlukan pemecahan masalah yang tidak akan kami bahas di sini. Hubungi profesional jika Anda mencurigai ada masalah dengan bagian-bagian ini.

     Biasanya kipas dan kompresor kondensor lemari es, yang terletak di dekat lantai di bagian belakang kebanyakan lemari es, akan menyala ketika termostat meminta pendinginan tambahan. Jika Anda tidak mendengar kompresor bekerja setelah pintu dibiarkan terbuka beberapa saat, itu bisa berarti kipas kondensor macet atau aus atau relai atau kompresor rusak.

Pelajari cara mengganti kipas evaporator di bawah ini. Proyek selangkah demi selangkah 

Langkah 1: Buka Cover (penutup) kulkas

     Lepaskan penutup untuk memeriksa evaporator lemari es dan untuk mengakses kipas evaporator. Sekrup mungkin ditutup dengan sumbat plastik yang Anda cungkil.

Langkah 2: Lepaskan Penutup Kipas

     Jika lemari es Anda memiliki penutup kipas, lepaskan sekrup yang menahannya di tempatnya. Kemudian lepaskan penutup untuk mencapai kipas. Lakukan dengan Benar, Lakukan Sendiri!

Langkah 3: Lepaskan Kipas Evaporator

     Ganti kipas evaporator jika berisik atau tidak berputar. Pertama, cabut kabel listrik kulkas supaya listrik tidak mengalir ke kulkas. Kemudian lepaskan sekrup yang menahan kipas ke dinding freezer.

Langkah 4: Pasang kembali Kipas 

     Gantilah kipas lama dengan yang baru. Lepaskan braket pemasangan dari kipas lama dan pasang ke kipas baru. Cabut kabel dan alihkan dari kipas lama ke kipas baru. Pasang kembali kipas dan pasang kembali penutupnya.

Langkah 5: Pasang kembali Kipas Kondensor Kulkas

     Tarik lemari es menjauh dari dinding, cabut dan lepaskan panel tipis di bagian belakang dekat bagian bawah untuk mengakses kompresor dan kipas kondensor.

     Selanjutnya pasang kabel listrik yang menuju lemari es dan tunggu kompresor menyala. Kipas angin juga harus menyala. Jika kompresor bekerja tetapi kipas tidak menyala, atau jika kipas berisik, Anda memerlukan kipas baru. Jika tidak ada yang bekerja dan kompresor panas, cabut lemari es dan arahkan kipas atau pengering rambut yang disetel ke "no heat" pada kompresor. Tunggu kompresor dingin dan coba lagi.

     Jika kompresor bekerja tetapi kipas tidak menyala, berarti kipas rusak. Cabut kulkas dan pasang kembali kipas (petunjuk proyek di bawah). Jika tidak ada yang berjalan, Anda mungkin memerlukan relai atau kompresor baru. Hubungi teknisi perbaikan peralatan untuk mencari tahu.

Kapan Harus Mengganti Kipas Kondensor? 

Ganti kipas kondensor jika berisik atau tidak bekerja (macet). Bergantung pada perbaikan lemari es Anda, Anda mungkin harus melepas braket kipas terlebih dahulu, lalu melepaskan kipas dari braket.

Kipas kondensor kulkas


Langkah 6: Pasang Kipas Baru

     Potong kabel dekat kipas lama. Lepaskan kabel dan sambungkan kipas baru dengan konektor kabel. Pasang kembali kipas baru ke braket dan pasang kembali kipas dan braket di lemari es.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar