--> Skip to main content

Review Asus PadFone X Ponsel yang Dapat Menjadi Tablet

Review Asus PadFone X Ponsel yang Dapat Menjadi Tablet 

Review Asus PadFone X Ponsel yang Dapat Menjadi Tablet

Terkadang memiliki ponsel dan tablet bisa merepotkan, anda mungkin memiliki konten kontak, lagu dan aplikasi pada ponsel tapi sayangnya tidak bisa diakses melalui tablet, membeli ponsel dan tablet keduanya juga terkesan boros untuk beberapa orang.

Jika anda ingin memiliki sebuah gadget Android yang bisa menjadi ponsel dan tablet, kebanyakan orang akan memilih ‘Phablet’ (singkatan dari Phone + Tablet) Seperti Samsung Galaxy Note atau yang terbaru Oppo N1. 

Sayangnya ukuran phablet terlalu besar untuk digenggam sebagai ponsel, dan layarnya terlalu kecil sebagai tablet (yang umumnya 8 inci keatas).

Bagaimana kalau ponsel yang dapat ‘dirubah’ menjadi tablet? 

Asus PadFone X menawarkan alternatif unik, yaitu ponsel yang dapat berubah menjadi tablet dengan dmasukkan kedalam tablet ‘pad’.

Ini menjadi solusi bagi anda yang kurang cocok menggunakan phablet, dengan PadFone anda memiliki ponsel dan tablet.

Asus sebagai merek dari Taiwan memang lebih terkenal dengan produk Laptopnya di Indonesia dibandingkan ponsel, padahal di luar negeri tablet Asus Nexus 7 buatan Asus dan Google sangat populer.

Desain & Hardware

Desain & Hardware ASUS PadFone x

Asus PadFone x merupakan ponsel dengan layar 5 inci dengan ketajaman 1080p, ponsel ini sekilas terlihat seperti ponsel papan atas kebanyakan, namun jika anda memasukkan ponsel ini kedalam pad yang termasuk pada paket penjualan, voila! Ponsel seketika berubah menjadi tablet dengan layar 9 inci, lebih besar daripada Nexus 7 dan lebih kecil daripada iPad Air.

Ponsel PadFone menggunakan prosesor terbaru Snapdragon 800 (berdasarkan websitenya memiliki kecepatan 2.3GHz) yang menjadi otak utama ponsel dan tablet ini. 

Tablet Padfone sendiri tidak memiliki ‘otak’ seperti prosesor atau RAM, hanya mengandalkan layar 9 inci dan baterai, begitu ponsel dimasukkan kedalam tablet (Asus menyebutnya ‘PadFone Station’) otomatis ponsel akan ngecas. 

Asus mengklaim baterai ponsel dapat bertahan hinnga 63 jam, sedangkan pada saat dimasukkan kedalam tablet dapat nyala hingga 102 jam, maka PadFone Station juga merangkap sebagai casan portable, anda tidak akan butuh powerbank.

Sayangnya tablet PadFone tidak bisa berjalan jika ponsel tidak dimasukkan, membawa tablet PadFone tanpa ponselnya akan menjadi sia-sia.

Resolusi kamera yang digunakan termasuk besar yaitu 13 Megapiksel. Gadget ini akan menjadi salah satu yang pertama menggunakan teknologi Voice over LTE (VoLTE) yang memungkinkan anda menelepon menggunakan jaringan internet, sayangnya belum ada kabar kapan VoLTE dapat digunakan di Indonesia. Pada casing belakang tersembunyi NFC untuk berbagi data.

Software & Fitur


Sistem operasi ponsel ini menggunakan Android 4.4 terbaru ‘KitKat’. Yang menarik sistem operasi Android ponsel ini akan otomatis menjadi Android versi tablet begitu dimasukan kedalam PadFone Station, jika anda sedang membuka app begitu ponsel dimasukan ke tablet otomastis akan berubah menjadi app tablet. ASUS menawarkan 32GB data ‘cloud’ online untuk setiap pembelian PadFone.

Saya sendiri belum memegang gadget ini sehingga belum bisa menilai performa dari PadFone X.

Kesimpulan

Ditengah kepopuleran phablet seperti Samsung Galaxy Note 3 atau Oppo N1, Asus menawarkan hal yang unik untuk membuat pengguna dapat menjadikan ponsel sebagai tablet, sehingga anda tidak perlu membeli ponsel dan tablet secara terpisah. Pihak Asus Indonesia sendiri belum memberi kabar kapan Asus FonePad X dirilis di Indonesia, begitu juga untuk harga penjualannya.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar