Widget HTML Atas

Pengertian dan fungsi google form serta langkah langkah pembuatannya di laptop dan hp gratis

Pengertian dan fungsi google form serta langkah langkah pembuatannya di laptop dan hp gratis

Google formulir cara membuat soal, berbagi, dan memeriksa tanggapan

    Dari kuis hingga kuesioner, Google Formulir (google form) adalah salah satu alat terbaik untuk melakukan berbagai jenis survei serta membantu Anda mengurus dan menyelesaikannya dengan mudah. Beberapa keuntungan menggunakan Google form adalah ; Google Formulir memungkinkan Anda membuat formulir secara online, Google Formulir memungkinkan Anda membuat survei yang mudah dibagikan, Google Formulir gratis dan terintegrasi dengan baik dengan layanan Google lainnya

Pengertian dan fungsi google form serta langkah langkah pembuatannya di laptop dan hp gratis
gambar Google form


Google Formulir: cara membuat, berbagi, dan memeriksa tanggapan

    Jika Anda ingin membuat survei, kuis, atau kuesioner online, Google Formulir adalah salah satu alat paling serbaguna yang tersedia saat ini. Jika Anda baru mengenal Google Formulir, maka panduan ini cocok untuk Anda. Teruslah membaca saat kami memberi tahu Anda cara membuat formulir di Google Formulir, cara membagikan Google Formulir, cara memeriksa Google Formulir, dan semua hal lain yang perlu Anda ketahui tentang alat ini. Anda dapat menyesuaikan Google Formulir dengan mengubah tema, latar belakang, dan gaya font. 

Google Formulir: Cara membuat formulir

Membuat formulir di Google Forms cukup mudah. Ikuti langkah ini.

  1. Kunjungi docs.google.com/forms.
  2. Setelah situs dimuat, arahkan kursor ke ikon + untuk mulai membuat formulir baru yang kosong atau Anda dapat memilih template. Untuk memulai dari awal, tekan Buat formulir baru.
  3. Mulai dari atas, Anda dapat menambahkan judul dan deskripsi.
  4. Pada kotak di bawah ini, Anda dapat menambahkan pertanyaan. Untuk terus menambahkan lebih banyak pertanyaan, cukup tekan ikon + dari bilah alat di sebelah kanan.
  5. Pengaturan lain yang ditemukan di toolbar mengambang termasuk, mengimpor pertanyaan dari formulir lain, menambahkan subjudul dan deskripsi, menambahkan foto, menambahkan video, dan membuat bagian terpisah di formulir Anda.
  6. Perhatikan, setiap saat Anda selalu dapat menekan ikon Pratinjau yang ada di kanan atas di sebelah Pengaturan, untuk melihat bagaimana formulir Anda terlihat ketika orang lain membukanya.

Membuat formulir di Google form
contoh formulir di Google form


Cara mendesain dan kustomisasi Google Formulir

    Sekarang setelah Anda mengetahui dasar-dasar Google Formulir, ikuti langkah-langkah ini untuk mendesain formulir Anda. Begini caranya.

1. Cara menggunakan berbagi di Android

Tekan ikon Sesuaikan Tema, tepat di sebelah ikon Pratinjau, untuk membuka opsi tema.

Anda kemudian dapat memilih gambar yang dimuat sebelumnya sebagai header atau Anda bahkan dapat memilih untuk menggunakan foto pribadi juga.

Selanjutnya, Anda dapat memilih untuk menggunakan warna tema, gambar header atau Anda dapat mengaturnya sesuai dengan keinginan Anda. Perhatikan, bahwa warna latar belakang tergantung pada warna Tema yang Anda pilih.

Terakhir, Anda dapat memilih dari total empat gaya font yang berbeda.

Google Formulir Opsi bidang

Anda mendapatkan banyak opsi bidang saat membuat formulir di Google Formulir. Berikut tampilannya.

Setelah Anda menulis pertanyaan Anda, Anda kemudian dapat memilih bagaimana Anda ingin orang lain menjawab pertanyaan Anda.

Pilihannya termasuk Jawaban singkat, yang sempurna untuk memberikan jawaban satu baris dan ada Paragraf, yang meminta jawaban rinci dari responden.

Di bawah ini Anda bahkan dapat mengatur jenis jawaban menjadi Pilihan ganda, kotak centang, atau dropdown.

Selanjutnya, Anda juga dapat memilih Linear jika Anda ingin mengatur skala untuk responden Anda, menawarkan mereka untuk memilih dari opsi yang lebih rendah ke yang lebih tinggi. Jika Anda ingin memiliki lebih banyak kolom dan baris dalam pertanyaan pilihan ganda, Anda dapat memilih kisi Pilihan Ganda atau kisi Kotak centang.

Anda juga dapat meminta responden untuk menjawab dalam bentuk menambahkan file. Ini bisa berupa foto, video, dokumen, dll. Anda dapat memilih untuk mengatur jumlah maksimum file serta batas ukuran file maksimum.

Jika pertanyaan Anda menuntut menanyakan tanggal dan waktu tertentu, Anda juga dapat memilih Tanggal dan Waktu masing-masing.

Terakhir, jika Anda ingin membuat bidang duplikat, Anda dapat melakukannya dengan menekan Duplikat. Anda juga dapat menghapus bidang tertentu dengan menekan Hapus.

Cara membuat kuis menggunakan google form

Dengan mengikuti poin-poin di atas, Anda dapat membuat formulir, yang pada dasarnya dapat berupa survei atau kuesioner. Tapi apa yang Anda lakukan jika Anda ingin membuat kuis? Ikuti langkah ini.

Untuk mengubah formulir Anda menjadi kuis, buka Pengaturan > tekan tab Kuis > aktifkan Jadikan ini kuis.

Di bawah ini Anda dapat memilih apakah Anda ingin responden mendapatkan hasilnya segera atau Anda ingin mengungkapkannya nanti secara manual.

Anda juga dapat memilih apa yang dapat dilihat responden Anda dalam bentuk pertanyaan yang tidak terjawab, jawaban yang benar, dan nilai poin. Tekan Simpan untuk menutup.

Sekarang, di bawah setiap pertanyaan, Anda perlu menetapkan jawaban yang benar dan poin untuk itu. Untuk melakukannya, tekan Kunci Jawaban > centang jawaban yang benar > tetapkan poinnya > tambahkan umpan balik jawaban (opsional) > tekan Simpan.

Sekarang, setiap kali seorang responden memberikan jawaban yang benar, mereka secara otomatis akan diberi poin penuh. Tentu saja, Anda hanya dapat memeriksanya dengan membuka tab Respons dan memilih responden berdasarkan alamat email mereka.

Cara membuat kuis di Google form
contoh formulir kuis di Google form


Cara membagikan tanggapan menggunakan google form

Sekarang setelah Anda mengetahui cara membuat formulir, mendesainnya, menyajikannya sebagai survei atau kuis, mari kita lihat bagaimana Anda bisa berkolaborasi dengan orang lain dalam membuat formulir Anda dan terakhir bagaimana Anda membaginya dengan orang lain. Ikuti langkah ini.

Berkolaborasi di Formulir Google Anda cukup mudah, cukup tekan ikon tiga titik di kanan atas dan klik Tambahkan kolaborator.

Anda kemudian dapat menambahkan email orang-orang yang ingin Anda ajak berkolaborasi atau Anda dapat menyalin tautan dan membagikannya melalui aplikasi pihak ketiga seperti WhatsApp Web atau Facebook Messenger.

Setelah Anda siap dan siap untuk membagikan formulir Anda, tekan Kirim untuk membagikan formulir Anda melalui email atau Anda bahkan dapat mengirimkannya sebagai tautan. Anda juga dapat mempersingkat URL untuk berjaga-jaga jika Anda mau. Selain itu, ada juga opsi embed, jika Anda ingin menyematkan formulir di situs web Anda.

Cara melihat tanggapan dari google form

Anda dapat mengakses semua Formulir Google Anda di Google Drive atau Anda bahkan dapat mengunjungi situs web Google Formulir untuk mengaksesnya. Jadi, untuk mengevaluasi formulir tertentu, ikuti langkah-langkah ini.

  1. Buka formulir Google yang ingin Anda evaluasi.
  2. Setelah dimuat, buka tab Responses. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menonaktifkan Accepting Responses sehingga responden tidak dapat melakukan perubahan lebih lanjut pada formulir.
  3. Selain itu, Anda dapat memeriksa tab Ringkasan untuk melihat kinerja semua responden.
  4. Tab pertanyaan memungkinkan Anda mengevaluasi tanggapan dengan memilih setiap pertanyaan satu per satu.
  5. Terakhir, tab Individual memungkinkan Anda mengevaluasi kinerja individu dari setiap responden.

Tips dan trik menggunakan Google Formulir untuk tugas profesional

    Jika Google Formulir belum menjadi pembuat formulir pilihan Anda, inilah saatnya bagi kami untuk berubah pikiran. Ada banyak alat canggih yang tersembunyi di tempat-tempat yang mungkin tidak Anda temukan kecuali Anda tahu apa yang Anda cari. Kami di sini untuk memastikan Anda mengetahui beberapa kiat dan trik Google Formulir lanjutan.

1. Pilih Tujuan Respons Anda

    Jika Anda adalah pengguna setia Google Forms, Anda mungkin sudah tahu bahwa Anda dapat memilih antara menyimpan hasil Anda sebagai spreadsheet atau menyimpannya di dalam formulir. Namun, Anda mungkin tidak tahu mana yang harus dipilih atau mengapa.

    Anda dapat memilih tujuan hasil Anda dengan mengklik tombol Lainnya (ikon tiga titik) dan memilih Pilih Tujuan Respons. Kemudian buat spreadsheet baru atau tambahkan respons sebagai tab lain ke spreadsheet yang ada.

    Jika Anda ingin cepat mengirim tanggapan Anda ke spreadsheet, Anda juga dapat mengklik tombol hijau Buat Spreadsheet. Atau untuk mengunduh langsung ke komputer Anda, Pilih Lainnya > Unduh tanggapan (.csv).

    Jika Anda memutuskan untuk membuat spreadsheet baru, itu akan berada di Google Sheets dengan nama yang Anda tetapkan atau default yang merupakan nama formulir. Jika Anda memilih untuk menambahkan ke spreadsheet yang ada, Anda akan memilih yang Anda inginkan di jendela pop-up untuk Google Spreadsheet.

    Terlepas dari tujuan mana yang Anda pilih, Anda selalu dapat pergi ke Responses > Summary untuk mendapatkan tampilan hasil yang lebih visual, yang sempurna jika sebagian besar pertanyaan Anda adalah pilihan ganda atau dapat digambarkan dalam beberapa cara.

2. Terima pemberitahuan untuk pengajuan

    Jika Anda ingin menerima pemberitahuan email ketika seseorang mengirimkan formulir Anda, Anda dapat mengaturnya hanya dengan dua klik.

    Klik tombol Lainnya (ikon tiga titik) pada tab Tanggapan dan pilih Dapatkan pemberitahuan email untuk tanggapan baru. Alamat email yang akan Anda terima tanggapannya adalah alamat akun yang Anda gunakan untuk masuk ke Google Formulir. Dapatkan Pemberitahuan untuk Tanggapan Google Formulir

3. Masukkan beberapa halaman Google Forms

    Untuk merapikan formulir Anda dan membuatnya tampak lebih mudah dikelola oleh responden, Anda dapat menambahkan beberapa halaman dengan menyisipkan bagian.

    Pergi ke blok terakhir pada halaman Anda dan klik tombol Add Section dari toolbar. Anda dapat menetapkan tajuk dan deskripsi untuk setiap halaman, yang memungkinkan Anda untuk dengan jelas memisahkan pertanyaan dari jenis tertentu atau untuk jenis responden tertentu.

4. Sematkan iFrame dari formulir anda

    Jika Anda ingin menggunakan Google Formulir untuk membuat formulir kontak untuk situs web Anda atau untuk tujuan lain yang berguna untuk menyematkan formulir sebagai iFrame, mudah untuk melakukannya.

    Klik Kirim di kanan atas halaman formulir. Kemudian, klik ikon Sematkan, sesuaikan lebar dan tinggi iFrame Anda jika Anda mau, dan klik Salin. Anda kemudian dapat menempelkan kode di tempat yang Anda butuhkan. Dapatkan Embed Code Google Forms

5. Buat kuis penilaian otomatis

    Untuk guru, kuis penilaian otomatis di Google Formulir adalah cara yang sangat mudah untuk menghemat waktu. Di halaman utama Google Formulir Anda, klik Galeri template di bagian atas. Gulir ke bawah dan di bawah Pendidikan, pilih Kuis Kosong.

    Klik Tambah Pertanyaan dari toolbar, masukkan pertanyaan, dan klik Kunci Jawaban untuk memberikan jawaban yang benar dan nilai poin untuk pertanyaan tersebut. Ketika responden Anda menyelesaikan kuis, mereka akan melihat opsi untuk Melihat Skor. Ini menunjukkan kepada mereka semua pertanyaan yang dijawab, ditandai sebagai benar atau salah, dan poin yang mereka tterima

6. Ubah formulir menjadi kuis

    Jika Anda membuat formulir yang ingin Anda gunakan nanti sebagai kuis penilaian otomatis, ini sederhana. Pada halaman formulir, klik tombol Pengaturan (ikon roda gigi) di kanan atas. Pilih tab Kuis dan nyalakan sakelar untuk Jadikan ini kuis dan klik Simpan.

    Anda kemudian dapat masuk ke formulir dan memasukkan kunci jawaban dan nilai poin seperti jika Anda membuat kuis dari awal.

7. Dapatkan tautan yang sudah diisi sebelumnya

    Anda mungkin ingin mengisi beberapa jawaban terlebih dahulu pada formulir untuk responden Anda. Misalnya, Anda dapat menggunakan ini untuk memulai formulir kontak di situs web Anda. Klik Lainnya di kanan atas halaman formulir (di sebelah Kirim) lalu pilih Dapatkan tautan yang telah diisi sebelumnya. Selanjutnya, cukup isi formulir seperti yang Anda ingin responden lakukan untuk pertanyaan yang diberikan dan klik Dapatkan Tautan.

    Anda kemudian akan melihat di kiri bawah bahwa tautan Anda sudah siap, cukup klik Salin Tautan, lalu tempel di tempat Anda ingin membagikannya.

8. Sesuaikan Default untuk Email, pertanyaan wajib, dan nilai poin

    Jika Anda berencana untuk membuat formulir di masa mendatang dan selalu ingin mengumpulkan alamat email, Anda dapat menandai pengaturan untuk menjadikannya default. Selain itu, jika Anda ingin membuat semua pertanyaan menjadi wajib atau menggunakan nilai poin yang sama untuk pertanyaan kuis, Anda juga dapat mengatur default ini.

    Klik Lainnya di kanan atas halaman formulir (di sebelah Kirim) lalu pilih Preferensi. Sekarang di jendela pop-up, tandai kotak centang untuk salah satu atau semua opsi ini. Ini adalah penghemat waktu yang hebat jika Anda berencana untuk menggunakan pengaturan yang sama pada formulir di masa mendatang.

9. Tambahkan percabangan logika

    Percabangan logika adalah cara yang bagus untuk mengatakan bahwa responden Anda akan membuka halaman tertentu berdasarkan jawaban yang mereka berikan. Misalnya, jika Anda mengatakan Anda orang Australia, pertanyaannya akan berhubungan dengan wilayah Australia. Jika Anda memilih rentang usia tertentu sebagai jawaban, Anda bisa memiliki pertanyaan yang sesuai dengan usia sesudahnya.

    Anda dapat menggunakan ini untuk pertanyaan apa pun di mana pengguna dapat memberikan satu jawaban dari pilihan jawaban yang ditetapkan. Klik tombol Lainnya (ikon tiga titik) untuk pertanyaan dan pilih Buka bagian berdasarkan jawaban.

    Kemudian pilih di mana Anda ingin mengarahkan responden Anda dari kotak dropdown. Anda juga dapat meminta mereka mengirimkan formulir alih-alih mengirimnya ke bagian baru.

10. Gunakan skrip

    Tidak ada skrip untuk formulir itu sendiri, tetapi ada cara untuk menggunakan skrip jika Anda mau. Pilih tombol Pengaturan (ikon roda gigi) di kanan atas halaman formulir dan pilih Editor skrip. Anda akan mulai dengan yang bersih di tab baru di mana Anda dapat memasukkan skrip Anda. Cukup klik File > Simpan setelah Anda selesai.

    Untuk beberapa contoh dan bantuan skrip Google Formulir, buka halaman Skrip Google Apps untuk pengembang. Anda juga harus memeriksa add-on canggih ini untuk Google Forms.

Baca juga  Cara mengatasi pembatasan penayangan iklan Google AdSense

Untuk membantu memahami cara menggunakan Google form dan fitur-fitur apa saja yang ada pada Google form, anda bisa tonton video berikut ini : 




Tidak ada komentar untuk "Pengertian dan fungsi google form serta langkah langkah pembuatannya di laptop dan hp gratis"